[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News iPhone smartphone

Mengapa Kamera Smartphone Apple Lebih Baik Dari Smartphone Android ?

Ery Herdian 05/02/2020
Share

Kadang ada pengguna yang cukup kebingungan memilih perangkat Apple iPhone atau Smartphone Android. Jika dibandingkan Harga Smartphone besutan Apple memang lebih mahal dibandingkan dengan Smartphone berbasis Android, sedangkan jika melihat spesifikasinya Smartphone Android bisa dibilang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan Smartphone berbasis iOS ini.

Seperti pada sektor Kamera, perangkat Smartphone Android rata-rata memiliki resolusi yang besar. Sedangkan Apple iPhone relatif memiliki Kamera dengan resolusi yang tidak terlalu besar. Namun uniknya hasil jepretan dari Kamera iPhone biasanya lebih baik dari hasil jepretan Kamera Smartphone Android.

Kira-kira kenapa hasil jepretan Apple iPhone masih lebih baik dibandingkan dengan hasil jepretan Smartphone Android. Padahal dari besaran resolusi saja Smartphone Apple ini bisa dikatakan kalah dari Smartphone berbasis Android.

Resolusi Lebih Kecil, Tapi Sensor Lebih Besar

Jika dibandingkan dengan Smartphone berbasis Android, resolusi Kamera dari Apple iPhone memang cukup tertinggal. Apple iPhone masih mengusung resolusi Kamera mulai dari 8 MP hingga 12 MP. Sedangkan Smartphone Android terbaru kini bahkan sudah mengusung resolusi Kamera hingga 108 MP.

harga smartphone apple

Sebenarnya ada alasan tersendiri mengapa iPhone masih menggunakan resolusi Kamera yang kecil. Ternyata dibandingkan memperbesar resolusi Kamera, Apple lebih focus untuk memperbesar ukuran sensor. Langkah ini dinilai jauh lebih efektif dibandingkan dengan memperbesar ukuran resolusi Kamera.

Seperti yang terjadi pada perangkat Apple iPhone 5S. Ketika perangkat dikelasnya sudah mulai mengusung resolusi Kamera mulai dari 10 MP hingga 13 MP, iPhone 5S masih menggunakan Kamera dengan resolusi sebsar 8 MP.

Namun sebagai gantinya Apple justru memperbesar ukuran sensornya 15 persen lebih besar dibandingkan dengan perangkat iPhone generasi sebelumnya. Dari ukuran 1.4 mikron menjadi 1.5 mikron. Dan hasilnya terbukti efektif, hasil jepretan dari iPhone 5S dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan hasil jepretan Smartphone Android dengan Kamera beresolusi 10 MP.

Ukuran sensor ini memang cukup berpengaruh dalam proses pengambilan gambar, semakin besar ukuran sensor maka semakin banyak juga tangkapan cahaya yang berhasil diambil sehingga hasil bidikannya akan terlihat lebih jernih dan juga dapat mengurangi noise.

Prosesor Buatan Sendiri

Perangkat Apple iPhone kadang kali dikatakan sebagai perangkat Smartphone yang cukup ekslusif. Hal ini dikarenakan Apple sering membuat sendiri komponen-komponen yang disematkan pada Smartphone adalannya ini.

harga smartphone iphone

Bahkan hingga prosesor yang digunakan oleh iPhone langsung di produksi sendiri oleh Apple. Karena ini juga Apple lebih diberikan keleluasaan untuk mengembangkan berbagai macam fitur yang dimiliki oleh perangkat iPhone, termasuk fitur Kamera.

Seperti ketika Apple membuat prosesor A7, Apple membekali prosesor ini dengan fitur Image Signal Processor. Fitur ini dibuat khusus untuk mengolah semua aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan gambar. Seperti melakukan Color Correction, pengaturan white balance, konversi format dan masih banyak tugas lainnya.

Sedangkan untuk prosesor A9, Apple kembali menyisipkan fitur terbaru yang diberinama Live Photos. Fitur terbaru ini mampu menghasilkan foto bergerak mirip format GIF. Foto ini diklaim seolah-olah terasa nyata dan hidup meski hanya pada kenyataannya hanya sebuah tangkapan Kamera. Penggunaan prosesor buatan sendiri juga konon menjadi salah satu alasan mengapa Harga Smartphone besutan Apple ini lebih mahal dari perangkat pesaingnya.

Flash Yang Lebih Istimewa

Mengapa flash pada perangkat iPhone dikatakan istimewa ?, karena flash pada iPhone memang dibuat berbeda dengan flash yang disematkan pada perangkat Smartphone Android. Flash pada iPhone dibuat menggunakan konsep atau format True Tone sehingga jumlah lmapu LED yang digunakan jumlahnya lebih banyak.

Banyaknya jumlah LED yang digunakan bisa mempengaruhi hasil foto pada kondisi minim cahaya. Itu juga yang membuat mengapa hasil jepretan iPhone tetap terlihat bagus meski dalam kondisi minim cahaya.

harga smartphone ios

Pihak Apple juga mengklaim jika flash dengan format True Tone ini bisa menghasilkan 1000 variasi warna yang menyesuaikan dengan sumber cahaya. Selain itu juga bisa menghasilkan skin tone dari objek menjadi lebih natural.

Karena ini tidak heran jika hasil jepretan Apple iPhone tetap natural baik di kondisi full cahaya ataupun minim cahaya jika dibandingkan dengan hasil jepretan Smartphone Android.

Fitur Khusus

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Graham Townsend selaku Senior Director of Camera Hardware, jika Apple iPhone menggunakan system stabilisasi optic khusus yang mampu bergerak lebih cepat ketika membidik. Kecepatan membidik ini dapat membuat hasil jepretan lebih bagus dan lebih stabil.

Apple memang telah menyiapkan banyak sekali staff pengembang agar kualitas jepretan Kamera iPhone bisa setara dengan hasil jepretan Kamera Profesional. Meski memang hingga saat ini masih belum sepenuhnya bisa dikatakan jika hasil jepretan iPhone setara dengan Kamre professional.

Bagaimana? Jadi sekarang kamu lebih tertarik dengan Apple iPhone atau dengan Smartphone Android. Memang jika memilih iPhone  Kamu harus merogoh kocek lebih dalam, karena Harga Smartphone besutan Apple ini tergolong lebih mahal.

Dapatkan informasi terbaru dan menarik lainnya hanya di KLIKnKLIK.com.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − 85 =