[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Review Kamera Photography Photography Lovers Tips & Trick

Kamera DSLR Bisa Dipakai Bikin Film?

Content Writer 12/11/2018
Share

Industri dunia film Indonesia sedang naik-naiknya dengan banyaknya film berkualitas. Salah satunya jika anda ingin membuat film pakai Kamera DSLR. Fondasi yang utama dalam membuat film ialah kamu punya ide cerita yang kuat selain juga beberapa material dan aspek penting yang akan saya bahas.

Kamera DSLR

Memiliki Banyak Lensa

Kamera DSLR lensa         sumber : cannon

Lensa menjadi faktor utama dalam kamera DSLR yang membantu anda dalam mendapatkan fokus dan gambar yang bagus saat pengambilan gambar/video. Pilih lensa lebar jika terdapat anggaran lebih.

Sound Equipment

Kamera DSLR Sound equipment        sumber : learnaboutfilm

Suara sama pentingnya dengan gambar, film menjadi tidak berseni jika gambar tidak dibarengi dengan adanya suara. Gunakan mikrofon terpisah yang mendukung ketika pengambilan gambar, seperti mikrofon Lavalier (‘lav’), yang menjepit pakaian, adalah cara paling terjangkau untuk mendapatkan kualitas suara bagus.

Selesai pengambilan gambar gunakan mikrofon directional pada tiang, yang sering terlihat pada behind the scene film.

Tripods Dan Camera Support

Kamera DSLR Tripodssumber : tripodsgoogle

Tripods pada kamera penting untuk menjaga saat pengambilan gambar tetap stabil. Beberapa kamera memiliki stabilisasi built-in. Kami sarankan gunakan tripod atau monopod setidaknya untuk beberapa scene dan kalau ada adegan sedikit action pakai tripod head slider (untuk bidikan pelacakan halus), dan jibs (untuk gerakan kamera vertikal)

Lights And Reflectors

         sumber : filmschool

Kehadiran pencahayaan menjadikan sinematografi menjadi lebih ‘menjual’. Dibutuhkan latihan dan tambahan personil setidaknya 2 orang untuk membantu pencahayaan. Gunakan lampu panel LED adalah pilihan yang paling murah, meskipun yang bagus mahal. Ketika semua itu selesai kamu akan membutuhkan ruangan studio untuk editing, lampu lunak CFL pasang disana tapi itu tidak terlalu portabel.

Editing

Kamera DSLR Editing                                             sumber : primerefilm

Ketika proses pembuatan film selesai tahap selanjutnya ialah editing. Pilih software editing yang gratisan ataupun jika keadaan tidak bisa pilih yg trial. PC Mac adalah komputer yang memang tepat untuk video editing dan sudah banyak digunakan di industri film.

Adobe Premier Pro adalah aplikasi terbaik untuk editing video. Selain powerful, apps ini dapat pula diintegrasikan dengan baik dengan berbagai aplikasi seperti adobe creative apps. Jika kamu belum terbiasa dengan editing kamu bisa mempelajari nya terlebih dahulu dengan mencari tutorial editing film premier pro.

Opini dari penulis, panduan membuat film pada DSLR ini baik untuk dilakukan jika kamu memiliki passion untuk membuat film dengan budget rendah, yang tentunya membutuhkan Harga Kamera yang tidak terlalu mahal. Mungkin kamu perlu merekrut sekitar 4-10 orang untuk membantu proses pembuatan film dari awal script hingga selesai untuk siap dipublish.

 

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 7