[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Geek Corner Kamera Photography Photography Lovers

Jenis-Jenis Kamera Digital. Mana Favorit Mu? Part 1

Ery Herdian 14/02/2018
Share

Impian memiliki sebuah Kamera Digital saat ini sangatlah mudah tercapai, selain jenis Kamera sudah semakin beragam. Harga – Harga Kamera yang beredar saat ini juga cukup beragam mulai dari yang murah hingga yang berharga fantastis sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan dengan budget yang tersedia.

Sejak hadir pertama kali di tahun 1990-an, perkembangan Kamera Digital cukup pesat. mulai dari kemampuan, bentuk hingga desain semakin lama semakin mengagumkan. Ada beberapa jenis Kamera Digital yang harus Kamu ketahui, diantaranya.

Kamera Saku/ Compact Camera

 

Dari sebelum era Kamera Digital dimulai, Kamera Saku sudah mulai hadir dengan analog Single Lens Reflex (SLR) sebagai alternatif memotret yang mudah dan juga mudah untuk dibawa bepergian. Meski era Kamera Digital sudah mulai, Kamera Saku masih tetap digemari. Meski secara kemampuan tetap belum bisa menandingi Kamera SLR. Hal ini juga dikarenakan tujuan hadirnya Kamera Saku yang memang khusus di buat agar mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan.

Tak terkecuali anak kecil yang awam dengan Kamera. Sehingga fitur-fitur yang melengkapi Kamera Saku mayoritas sudah diset secara otomatis. Seperti namanya Kamera point and shoot, Kamu tinggal mengincar objek foto lalu klik tombol dan selesai sangat simpel.

Prosumer/ Bride Camera

 

Jika dilihat dari bentuknya, Kamera jenis Prosumer ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dari Kamera Saku dengan desain bentuk yang mirip sebuah Kamera Profesional. Jenis Kamera Digital satu ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding Kamera Saku.

Perbedaan yang paling mudah terlihat adalah hadirnya mode manual dan auto yang terdapat pada Kamera Prosumer. Kemampuan zoom lensanya juga jauh lebih baik dibandingkan dengan Kamera Saku. Bisa dibilang jika Kamera Prosumer mencoba menggabungkan fleksibilitas yang dimiliki oleh Kamera Saku dengan kecanggihan fitur yang dimiliki pada Kamera DSLR.

Kamera Prosumersendiri memiliki ukuran sensor yang lebih kecil dari DLSR. Namun, Kamera Prosumer ini sering dijadikan cadangan Kamera DSLR karena memiliki kemampuan baterainya yang lebih tahan lama.

Kamera Mirrorless

 

Kamera Mirrorless mungkin merupakan salah satu jenis Kamera yang di favoritkan oleh banyak pengguna. Kamera Profesional yang tidak menggunakan cermin pada sistem kerjanya seperti halnya yang dimiliki DSLR ini memang kerap menjadi pilihan. Harga Kamera Mirrorless ini juga relatif lebih terjangkau dibandingkan Kamera Profesional lainnya.

Hilangnya keberadaan cermin pada Kamera ini Membuat ukuran Kamera Mirrorless menjadi lebih kecil dan ringkas dari DSLR. Meski begitu kemampuannya bisa disetarakan dengan DLSR level middle-end.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Kamera Mirrorless adalah lensa yang bisa dilepas, seperti halnya Kamera DSLR. Sehingga para pengguna bisa lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan saat pemotretan. Selain itu, sensor yang dimiliki mirrorless umumnya berkategori 4/3. Sudah cukup mumpuni untuk mendekati kualitas hasil foto dari Kamera DSLR.

Itu dia tadi beberapa jenis Kamera Digital yang harus kamu ketahui, masih ada beberapa jenis Kamera Digital lainnya yang akan saya bahas pada artikel berikutnya. Jadi jagan sampai ketinggal informasi terbaru dan menarik lainnya hanya di website kliknklik.com.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =