Garansi Resmi & Garansi Distributor KLIKnKLIK.com

Laptop, smartphone dan gadget dengan garansi distributor tidak harus berarti gadget tersebut adalah gadget dengan kualitas rendah (palsu, replika, atau black market) karena produk yang memiliki garansi distributor biasanya dibeli di negara lain lalu dijual kembali di Indonesia oleh distributor, sedangkan garansi resmi diberikan kepada produk yang dijual dan didistribusikan oleh distributor resmi yang sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan produsen gadget tersebut.

Beberapa perbedaannya :

Klaim garansi merupakan perbedaan yang paling menonjol antara garansi distributor dan garansi resmi. Jika membeli gadget dengan garansi distributor, ketika gadget mengalami kerusakan maka klaim garansinya hanya dapat dilakukan ke toko tempat membeli gadget atau di service center distributor. Jadi, ketika gadget dibawa ke service center resmi, akan dikenakan biaya pembetulan dengan harga normal sesuai kerusakan yang dialami.

Selain itu Gadget yang bergaransi distributor biasanya akan memiliki hardware yang tergolong tidak biasa karena tidak dibuat berdasarkan kriteria/standar yang ada di Indonesia sehingga harus ditambahkan alat untuk membuatnya berfungsi seperti charger dengan kaki tiga

Yang ketiga harga dengan laptop, smartphone dan gadget garansi distributor umumnya lebih murah dibanding resmi.

Lalu sebaiknya pilih mana ?

Pemillihan garansi untuk gadget yang dibeli harus mengikuti pertimbangan-pertimbangan yang telah dibuat agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika anda ingin memiliki gadget yang saat itu tidak/belum dipasarkan di indonesia secara resmi, budget pas-pasan, tidak mempermasalahkan update software terbaru, dapat menguasai bahasa yang tersedia, tidak mempermasalahkan penggunaan alat tambahan, dan tidak merasa memerlukan klaim garansi karena yakin bahwa gadget yang dibeli memiliki kualitas yang baik; maka sebaiknya anda membeli gadget dengan garansi distributor.

Tapi jika anda adalah orang yang sangat berhati-hati dalam mengambil resiko terhadap kerusakan gadget, ingin memiliki gadget yang selalu up-to-date dengan sistem terbaru dan mendukung bahasa Indonesia serta memiliki budget yang cukup memadai sebaiknya anda membeli gadget dengan garansi resmi.