[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Gadget PC Tablet smartphone

Tips Nonton dan Kisi-kisi Google I/O 2016

Ery Herdian 17/05/2016
Share

Google-IO-2016-Header

Pertemuan rutin tahunan para pengembang Google akan diselenggarakan besok 18 sampai 20 Mei 2016 di Mountain View, California. Untuk ikut bergabung dalam acara ini Google sendiri mematok tiket masuk yang cukup masuk akal, 300 US dollar jika anda bisa menunjukkan kartu mahasiswa atau dokumen akademis lainnya, sementara 900 US dollar jika anda masuk sebagai peserta umum. Harga yang harus anda bayar mahal untuk mengikuti rentetan tiga hari perjamuan teknologi abad ini.

Namun bagi anda yang tidak tertarik menghadiri secara langsung karena keterbatasan waktu dan biaya, Google akan menyiarkan acara ini secara langsung dalam live streaming yang bisa anda tonton di situs resminya di sini.

Kenapa acara ini cukup penting?

Terkuaknya nama Android N.

Bagi anda pengguna Android di Indonesia tentu tidak sabar ingin segera mengetahui kapan Android N akan dirilis dan fitur-fitur apa saja yang baru hadir di Android N dan yang paling dinanti biasanya adalah penamaan resmi untuk seri Android terbaru. Banyak media yang menyatakan bahwa nama Android N akan segera ditetapkan pada konferensi nanti.

Google berbicara tentang masa depan.

Setiap tahun pada konferensi ini, nama-nama perusahaan papan atas naik ke panggung untuk membahas apa yang akan hadir berikutnya untuk proyek-proyek terbesar mereka. Android dan Chrome, Jam tangan dan TV, VR dan AR, mobil dan balon, dan sebagainya.

Android VR

Hal yang sama tentunya juga akan terjadi tahun ini, meskipun kita tidak tahu kejutan-kejutan apa yang akan hadir pada acaranya nanti namun beberapa rahasia nampaknya bocor dan menjadi konsumsi media massa – terutama untuk kasus VR. Google dikabarkan akan segera meluncurkan VR khusus untuk Android yang akan menggantikan Cardboard.

Banyak hal yang bisa kita duga akan terkuak dalam pagelaran konferensi I/O nanti. Beberapa hal yang nampaknya akan menjadi pembicaraan hangat di I/O 2016 bisa anda baca di bawah ini.

Android N

n-bg-generic

Seperti kita tahu, Android N memang sedang hangat-hangatnya dibicarakan, hal ini karena tidak lepas dari fitur baru yang akan dibawa generasi selanjutnya. Split View atau Multi Window, emoji baru, perbaikan daya baterai dan mode malam sudah dipastikan akan hadir di Android N.

Tapi masih ada beberapa hal yang bisa jadi akan ditampilkan. Fitur 3D touch belum dikabarkan akan menyambangi Android N, atau mungkin fitur ini tidak akan benar-benar hadir.

Chrome OS vs Android

ares-launcher-in-chrome-os-dev

Kabarnya Google akan menggabungkan kedua sistem operasi ini atau mungkin membunuh salah satunya. Bekerja pada dua platform yang berbeda hanya akan menghambur-hamburkan sumber daya. Perkawinan antara Android dan Chrome OS bisa memberikan beberapa keuntungan seperti mendorong Android untuk bisa bekerja lebih baik pada layar yang lebih besar.

Desas-desus kabar tersebut akan lebih jelas pada konferensi nanti, namun anda mungkin tidak akan berharap banyak, yang jelas Chrome OS akan lebih menarik tahun ini.

Android VR
vrrmvbvo7gvd9l6oadpj

Inilah sesuatu yang baru. Google tampaknya berencana membuat platform virtual reality baru berbasis Android. Google berencana membuat Android mampu menghadirkan konten VR secara native seperti misalnya menunjukkan kepada para pengembang bagaimana membuat aplikasi atau game VR di Android dan kemungkinan Google juga akan menunjukkan bagaimana perusahaan pembuat headset VR untuk membangun perangkat headset yang support dengan Android.

Project Tango

Project Tango sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan smartphone untuk mempelajari dan memetakan area di sekitar mereka secara 3D. Saat ini Tango hanya tersedia bagi para pengembang. Demi terwujudnya visi Google, semua smartphone Android secara default akan terpasang sensor Tango ini. Google akan menyatakan alasan dibalik rencananya itu, dan mungkin akan kita lihat di perhelatan nanti.

Mobil auto dan kecerdasan buatan

google-brain-data2-ss-1920-800x450

Kecerdasan buatan dan mobil yang berjalan tanpa pengemudi juga mungkin akan dibahas di sini. Kecerdasan buatan akan menjadi masa depan yang penting. Saat ini Google masih dalam tahap pengembangan kecerdasan buatan dan melatih mesin agar bisa berpikir dan mengambil keputusan layaknya manusia. Bahkan sebuah produk juga dikabarkan akan hadir untuk memberikan perlawanan kepada Amazon Echo. Beberapa laporan bahkan mengatakan bahwa sebuah perangkat “voice recognition” telah siap namun tampaknya produk tersebut belum akan rampung pada I/O nanti. Tapi versi demonya mungkin akan kita lihat.

Dan masih banyak lagi.

Masih banyak hal-hal menarik lainnya yang bisa anda harapkan untuk diwujudkan oleh Google, dan anda sebagai pengguna maupun pemerhati teknologi bisa mendapatkan inspirasi maupun ide-ide yang bakal mengubah hidup anda.

Tertarik dengan produk-produk Google, cek smartphone android, smartwatch, serta headset VR di website resmi KliknKlik.com.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =