[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Geek Corner Multimedia Multimedia Expert Tips & Trick laptop

Tips Memilih Laptop Untuk Multimedia

Ery Herdian 27/03/2020
Share

Setiap kali harus memilih Laptop untuk Multimedia, Kita selalu dibingungkan harus memilih Laptop seperti apa yang memang benar – benar cocok seperti yang dibutuhkan. Sebenarnya bukan hanya cocok dari segi kebutuhan, tapi juga cocok dari sisi budget.

untuk menentukan Laptop tersebut dengan baik, Kamu bisa memperhatikan beberapa hal yang bisa dijadikan acuan. Mulai dari spesifikasi, teknologi, hingga harga yang dimiliki oleh Laptop tersebut. Kamu bisa menyesuaikan Laptop tersebut dengan kebutuhan dan budget yang Kamu miliki.

Langsung saja ini dia beberapa hal yang bisa Kamu jadikan acuan dalam memilih Laptop untuk Multimedia.

Prosesor

CU laptop untuk multimedia

Prosesor adalah satu bagian yang sangat terpenting dari sebuah Laptop, terutama jika Kamu membeli Laptop untuk keperluan Multimedia dan Desain Grafis. Karena prosesor ini akan menentukan kinerja maksimal atau tidaknya kinerja dari sebuah Laptop.

Sangat direkomendasikan untuk memilih prosesor generasi terbaru atau generasi yang memang tidak begitu berusia terlalu tua. Dari segi kecepatan dan performa tentunya prosesor generasi baru ini memiliki kecepatan yang lebih besar dan juga mampu menghadirkan performa yang lebih maksimal.

Meski harus menjalankan program – program yang cukup berat, Laptop tersebut tidak akan terlalu kesusahan. Selain itu perhatikan juga jumlah core pada prosesor tersebut, pilihlan prosesor dengan jumlah core yang banyak.

Semakin banyak core yang dimiliki oleh prosesor tesebut, adapat membuat kinerjanya semakin tinggi. Apalagi untuk keperluan Multimedia yang sudah mendukung penggunaan multi-core, seperti aktivitas render video.

Kemudian, pastikan juga memori internal pada prosesor cukup memadai. Semakin besar cache memori prosesor (L1, L2, L3), tentunya akan semakin nyaman juga Kamu menggunakanya. Apalagi ketika Kamu membuka banyak aplikasi di waktu yang bersamaan (multitasking), Laptop Kamu tidak akan terlalu terbebani.

Memilih prosesor untuk keperluan desain grafis dan multimedia memang harus diperhatikan secara baik-baik, jangan sampai Kamu salah memilih.

Graphic Card

vga laptop untuk multimedia

Selain Prosesor, Graphic Card atau yang lebih dikenal VGA ini juga merupakan salah satu aspek penting pada sebuah perangkat Laptop Multimedia. VGA disini berperan untuk menghubungkan antara Kamu dengan data visual pada layar. Selain itu VGA juga diperlukan untuk memproses aplikasi atau program yang nantinya akan Kamu jalankan.

Pertimbangkan jenis dan besarnya memori yang ada pada VGA. Misalnya GDDR4 yang sudah pasti performanya bisa mengalahkan GDDR3. Kapasitas memori juga perlu Kamu perhatikan, semakin besar memori maka performanya pun akan semakin tinggi.

Usahakan juga untuk memilih Laptop yang memiliki VGA terpisah atau bukan onboard. Performa VGA terpisah biasanya lebih baik dibandingkan dengan VGA onboard, selain itu jika terjadi hal yang tidak diinginkan dengan komponen VGA tersebut Kamu tidak akan kesulitan ketika memperbaikinya.

RAM

ram laptop untuk multimedia

Pilihlah RAM dengak kapasitas yang cukup besar, karena kinerja RAM akan memengaruhi performa dari Laptop yang Kamu. Kapasitas RAM yang disarankan minimal 4GB dengan model DDR3 atau DDR4.

Usahakan memilih Laptop yang memiliki slot RAM lebih dari satu, agar Kamu bisa melakukan upgrade jika kapasitas RAM tersebut dirasa masih kurang cukup.

Storage

storage laptop untuk multimedia

Jika Kamu mencari kecepatan performa, sangat disarankan untuk memilih Laptop yang dilengkapi dengan jenis storage bertipe SSD. Hanya saja Laptop yang dilengkapi dengan storage SSD ini dibanderol lebih mahal jika dibandingkan dengan storage HDD, meski kapasitasnya lebih kecil.

Kamu juga bisa memilih penyimpanan Hybrid yaitu perpaduan antara SSD dan HDD pada satu Laptop. Agar kamu bisa menyimpan sistem pada storage SSD, agar kecepatan performa tetap optimal. Sedangkan data – data pribadi bisa Kamu simpan di storage HDD yang biasanya memiliki kapasitas lebih besar.

Layar

Jika Kamu membeli sebuah laptop untuk keperluan Multimedia dan desain grafis, layar juga menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Karena layar adalah media dimana seluruh tampilan akan diperlihatkan. Semakin baik kualitas layar yang Kamu pilih tentunya akan semakin mempermudah pekerjaan Kamu

Tipe panel pada layar biasanya akan memengaruhi kenyamanan Kamu dalam menatap layar. Disarankan untuk memilih tipe panel model IPS (In-Plane Switching), baik untuk layar LCD ataupun LED.

Salah satu keunggulan panel IPS adalah tingkat keakuratan dan tampilan yang lebih konsisten dan nyata saat dilihat dari berbagai sudut pandang. Ukuran dan Resolusi

Kepadatan pixel juga tentu cukup penting, akan tetapi hal ini akan mengikuti ukuran dan resolusi dari layar itu sendiri. Untuk keperluan desain grafis, layar yang berukuran besar akan lebih membantu. Kepadatan pixel yang direkomendasikan untuk keperluan desain grafis dan multimedia daintaranya, 1920 x 1080 (full HD), 2560 x 1440 (quad HD) atau 3840 x 2160 (4K UHD).

Sistem pendingin

pendingin laptop untuk multimedia

Meski kini sudah banyak sistem pendingin eksternal, tetap saja sistem pendingin internal pun harus diperhatikan. Pilihlah Laptop yang dilengkapi dengan sistem pendingin maksimal. Terlebih aktivitas multimedia dan desain grafis biasanya mengharuskan Kamu untuk menjalankan aplikasi – aplikasi yang cukup berat, sehingga bisa membuat suhu pada Laptop menjadi cepat panas.

Jika suhu Laptop yang panas ini dibiarkan tentunya akan berpengaruh kepada performa Laptop itu sendiri. Dan hal terburuknya juga bisa saja merusak komponen – komponen didalam perangkat Laptop.

Harga

Sebenarnya jika berbicara harga, hal ini kembali lagi kepada Laptop seperti apa yang kamu butuhkan. Jika Kamu membeli Laptop yang dibanderol dengan harga murah namun digunakan untuk keperluan yang tinggi, tentunya Laptop kamu tidak akan mampu menjalankannya secara maksimal.

Sesuaikan keperluan dan harga sesuai keinginan Kamu. Karena memang harga akan berbanding lurus dengan kemampuan dan kualitas Laptop itu sendiri.

Itu dia tadi beberapa hal yang bisa Kamu perhatikan sebelum membeli perangkat Laptop untuk Multimedia. Ingat perhatikan dan pilihlan dengan teliti, jangan salah memilih agar Kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Kunjungi website KLIKnKLIK.com untuk mengetahui berbagai infromasi terbaru dan juga penawaran menarik lainnya.

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

73 + = 79