[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Gaming Freak Geek Corner Tips & Trick laptop

Tips Memilih Laptop Untuk Game Pemula

Ery Herdian 30/03/2020
Share

Bagi kalian para gamers pemula, tentunya sedikit kebingungan ketika akan memilih Laptop untuk Game yang akan kalian beli. Memang jika hanya melihat dari apa yang dimiliki oleh perangkat Laptop tersebut tidak cukup menjelaskan Laptop seperti apa yang harus Kamu pilih.

Terlebih jika melihat harga dari Laptop untuk Game ini, pasti semakin membuat kamu bingung karena tidak mau mengeluarkan uang dalam jumlah banyak namun berujung penyesalan. Tentunya ketika Kamu akan membeli sebuah Laptop untuk Game, Kamu sudah membayangkan berbagai pengalaman yang menyenangkan ketika bermain game – game kesukaanmu.

Hal yang pertama Kamu harus kenali sebelum memilih sebuah perangkat Laptop untuk Game adalah game seperti apa yang ingin Kamu mainkan. Dari sini Kamu setidaknya bisa menentukan patokan spesifikasi dan Laptop seperti apa yang akan Kamu pilih.

Tapi bagaimana meski telah menentukan game yang akan dimainkan tapi Kamu tetap tidak mengerti tentang spesifikasi dan Laptop mana yang cocok dengan game tersebut? Untuk itu kali ini Kita akan membahas hal – hal dasar yang bisa membantu Kamu dalam memilih Laptop gaming yang benar – benar cocok dengan keinginanmu.

Prosesor

prosesor laptop untuk game

Ketika Kamu memilih sebuah Laptop untuk Game, hal pertama yang harus diperhatikan adalah komponen prosesor. Jika Laptop incaranmu disokong oleh prosesor Intel pilih prosesor Core i5 ke atas. Perhatikan juga versi prosesor tersebut, Pilih prosesor dengan versi “M”, bukan versi “U”. mengapa begitu? karena prosesor dengan versi “U” biasanya digunakan untuk mengolah aktivitas yang ringan.

Kemudian perhatikan juga kecepatan yang dimiliki oleh prosesor tersebut, semakin tinggi kecepatan yang dimiliki oleh prosesor tersebut maka semakin baik juga kinerja yang dimilikinya.

VGA

vga laptop untuk game

Kualitas tampilan grafis pada sebuah Laptop, bergantung kepad akemampuan yang dimiliki oleh VGA atau kartu grafis Laptop itu sendiri. Untuk dapat mengolah game – game yang cukup berat tentunya dibutuhkan kemampuan VGA yang mumpuni. Karena jika kemampuan VGA ini tidak terlalu kuat untuk mengolah game tersebut, tampilan dan kualitas gambar ketika Kamu bermain game akan menurun.

Salah satu maslaah yang pasti terjadi jika VGA tidak cukup kuat untuk mengolah game tersebut adalah, game akan berjalan patah – patah dan juga tampilan gambar tidak enak untuk dilihat. Kamu bisa memilih Laptop yang memiliki VGA nVidia GeForce atau AMD Radeon.

Untuk tipe dan besaran VGA, Kamu bisa mencari informasi rekomendasi VGA yang cocok untuk menjalankan game yang Kamu inginkan.

RAM

ram laptop untuk game

Sama seperti prosesor RAM juga merupakan salah satu komponen yang menentukan kelacaran Laptop tersebut dalam menjalankan berbagai aktivitas, terutama ketika digunakan untuk aktivitas multitasking. Selain untuk mempercepat dan memperlancar kinerja Laptop ketika mengolah sebuah game. RAM ini juga berfungsi untuk menyimpan grafis dari game yang sedang Kamu mainkan.

Pilihlah Laptop dengan kapasitas RAM yang cukup besar, minimal 4 GB. Atau Kamu juga bisa meilih Laptop yang memiliki slot RAM lebih dari satu, jadi Kamu bisa lebih mudah untuk mengupgrade atau memperbesar kapasitas RAM pada Laptop tersebut.

Hardisk

hardisk laptop untuk game

Hardisk berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan seluruh data pada sebuah Laptop. Mengingat ukuran game – game saat ini cukup besar dan memakan ruang yang cukup besar pula pada hardisk Laptop Kamu, sebaiknya pilihlah Laptop dengan kapasitas hardisk yang sangat besar.

Sebenarnya Kamu bisa saja memilih Laptop dengan kapasitas hardisk standar, tapi semakin banyak data yang tersimpan pada hardisk makan ruang kosongnya pun semakin sedikit. Hal ini bisa mempengaruhi kecepatan dan kinerja dari Laptop itu sendiri.

Semakin banyak ruang pada hardisk yang terisi, semakin berat juga Laptop tersebut untuk memilih dan membaca data yang akan dijalankan. Kamu juga bisa memilih Laptop dengan tipe penyimpanan SSD, SSD sendiri memiliki kinerja dan kecepatan yang lebih baik dari hardisk biasa. Hanya saja kapasitasnya tidak terlalu besar dan harganya pun cukup mahal.

Itu dia tadi beberapa hal dasar yang bisa Kamu pelajari dan perhatikan saat memilih Laptop untuk Game. Jika Kamu merasa masih kebingungan, jangan malu untuk bertanya kepada teman atau penjual laptop itu sendiri agar semakin meyakinkan Kamu jika Laprop tersebut memang pilihan terbaik.

Dapatkan infromasi menarik dan terbaru lainnya hanya di website resmi KLIKnKLIK.com, temukan juga berbagai penawaran yang tak kalah menarik.

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 7 =