[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Computer PC Desktop PC Tablet Samsung laptop

SSD Seukuran Ibu Jari Read 1500MBps Write 900MBps

Ery Herdian 15/06/2016
Share

Jika di generasi sebelumnya kita mengenal hardisk dengan form factor 2.5” kemudian ada juga SSD yang menggunakan slot M.2 yang saat ini dikenal sebagai Next Generation Form Factor (form factor generasi selanjutnya) karena menggantikan mSATA, maka tidak berselang berapa lama lagi kita akan mengenal SSD yang lebih kecil dari M.2. Selain lebih kecil SSD baru ini juga membawa tingkat kecepatan read dan write yang lebih tinggi dibanding SSD yang ada saat ini.

Samsung telah mengumumkan produk baru SSD terkecil yang akan diproduksi secara massal. SSD yang ia namai dengan PM971-NVMe ini berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari ukuran memori miniSD.

Picture1

Saking kecilnya anda mungkin tidak mengira komponen ini memberikan performa jauh lebih hebat daripada kakak-kakaknya selama ini. Lihat gambar di atas menggunakan penggaris cm.

Samsung mengklaim kecepatan SSD ini mampu ditingkatkan hingga 1500MBps untuk read dan 900MBps untuk write jauh melampaui interface SATA 6Gbps saat ini (1 Byte = 8 bit) karena SSD ini tidak menggunakan interface SATA melainkan menggunakan interface PCIe namun dalam pemasangannya SSD ini akan disolder langsung. Bisa dihitung jika anda mengcopy film HD dengan kecepatan hampir 1GB per detik (900MBps).

Picture2

SSD ini akan ikut membantu mengurangi ukuran PC, Laptop bahkan mungkin mobile. Kedepannya slot-slot yang kosong karena ditinggalkan oleh ukuran hardisk yang semakin mengecil bisa diisi dengan komponen yang lebih berguna untuk memperkuat performa komputer seperti misalnya gpu atau sistem pendingin cair.

Samsung mengatakan dalam satu Chip ini tersimpan 16 chip 256Gb V-NAND, sebuah chip 4Gb LPDDR4 mobile DRAM dan sebuah high performace NAND controller. Sehingga total dari kapasitas SSD ini adalah 16×256/8 = 512 GB. Namun masih ada pilihan ukuran lainnya yang akan dijual yakni 128GB dan 256GB.

Picture3

Samsung memperkirakan fabrikasi perangkat yang akan mengadopsi SSD ini mungkin akan muncul pada pertengahan akhir 2016 dan pertengahan awal 2017. Mari kita tunggu perangkat apa yang akan hadir menggunakan SSD ini apakah Laptop 2-in-1 ataukah tablet PC, atau mungkin anda tertarik untuk merakitnya sendiri kedalam CPU anda.

Jika anda sedang mencari SSD yang cepat dan murah kunjungi toko KliknKlik.com yang menjual berbagai keperluan komputasi mulai dari networking, ram hingga hardisk.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 7 =