[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News PC Desktop smartphone

Saingi Windows, Ubuntu Juga Punya Smartphone Bisa Jadi PC

Ery Herdian 03/06/2016
Share

Meizu Pro 5 smartphone Android yang juga memiliki versi Ubuntu kini menjadi sorotan publik karena ia pertama kalinya menjadi smartphone yang bisa dijadikan perangkat desktop Ubuntu. Meizu Pro 5 edisi Ubuntu saat pertama kali launching merupakan smartphone Ubuntu paling kuat saat itu dengan ber-otak-kan Samsung Exynos 7420 octa-core, 3GB RAM dan 32GB memori internal.

Kini ia juga merupakan ponsel Ubuntu yang pertama kali bisa dijalankan sebagi komputer.

Picture1

Perusahaan pengembang Ubuntu Canonical baru saja merilis update yang disebut OTA 11. Salah satu fitur utama update ini adalah mendukung koneksi dengan display eksternal menggunakan protocol Miracast.

Sebelumnya kita telah melihat fitur Continuum Windows 10 Phone yang memungkinkan ponsel Windows 10 menjadi CPU komputer dengan menyambunkannya ke dock display. Namun berbeda dengan Ubuntu, Meizu Pro tidak perlu ditancapkan ke sebuah dok, Meizu pro cukup disambungkan dengan sebuah perangkat Wi-Fi display yang mendukung protocol Miracast seperti Asus Miracast ataupun dongle-dongle yang lain.

Picture2
Miracast sendiri merupakan protocol pengiriman dan penerimaan sinyal display yang distandarkan untuk bisa diakses dan digunakan oleh lintas platform sehingga lebih umum digunakan diberbagai tempat, Miracast berbeda dengan Apple AirPlay, WiDi dan Chromecast, jadi anda tidak bisa menyambungkan ponsel Ubuntu ke Apple TV maupun Google Chromecast.

Picture3
Ubuntu menyebut fitur yang bisa mengubah ponsel maupun tablet Ubuntu menjadi sebuah PC dengan nama “convergence” yang mengubah user interface menjadi gaya Ubuntu desktop ketika disambungkan dengan keyboard, mouse dan display ekternal.

Ketika anda menggunakan smartphone Ubuntu sebagai PC, ponsel akan bertindak sebagai pengendali utama atau CPU namun karena prosesor smartphone menggunakan aksitektur yang berbeda dengan prosesor PC, anda akan mendapati jenis Ubuntu yang menggunakan perangkat lunak versi ARM. Meskipun menggunakan jenis arsitektur yang berbeda namun Ubuntu telah siap dengan berbagai perangkat lunak yang sudah mendukung prosesor ARM. Ubuntu sendiri mengatakan bahwa semua perangkat lunak versi PC sudah hampir selesai diporting ke versi ARM, itu artinya hanya ada sedikit perangkat lunak yang tidak bisa anda pasang di ponsel ini.

Tertarik menggunakan ponsel Ubuntu? Anda bisa membeli smartphone Ubuntu yang sudah preinstalled atau memasang sendiri ke device yang support Ubuntu.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =