[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Gaming Freak Multimedia Expert laptop

Perbedaan Laptop Video Editing dan Gaming

Tien Marthiny 29/03/2020
Share

Apakah kamu seorang yang bekerja sebagai video editing tapi menyukai bermain game? Jika demikian, kamu mungkin bertanya-tanya apakah kamu dapat menggunakan laptop yang sama untuk mengejakan pekerjaan dan juga bermain game. Penasarankan? Yuk simak di bawah ini perbedaan laptop video editing dan gaming.

Apa perbedaan antara laptop multimedia dan gaming?

Kebanyakan orang berpikir laptop untuk mengedit video biasanya adalah MacBook Pro, Asus Zenbook, Dell Precision, atau Lenovo ThinkPad. Laptop editing ini biasanya tersedia dalam ukuran 15-17 inci dan dikemas dengan prosesor yang kuat, RAM dan GPU bertenaga tinggi. Laptop pengeditan video dibuat dengan akurasi dan stabilitas tinggi, sehingga prosesor mereka berjalan pada lower clock speeds daripada laptop gaming.

Di sisi lain, laptop gaming dibuat dengan mengedepankan kecepatan dan kinerjanya. Dimuat dengan spesifikasi yang kuat, lengkap dengan fitur-fitur tambahan untuk mengontrol kecepatan kipas, clock speed, dan power  output.

 

Pengaruh CPU dan RAM pada Laptop Video Editing vs Gaming

Ketika kamu mengedit video, CPU laptopmu akan memproses banyak informasi yang harus bisa ditangani olehnya. Selain itu, prosesor juga harus dapat memproses data dengan cepat sehingga tidak ada masalah yang terlihat. 

Laptop gaming biasanya dilengkapi dengan prosesor multicore sehingga dapat menangani beban pemrosesan yang berat. Namun, karena dibuat untuk kecepatan dan kinerja, mereka memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan memiliki kemampuan overclocking, dan hal ini tidak ada di laptop multimedia.

RAM juga memainkan peran besar dalam mengedit dan bermain game. Untuk mengedit, RAM adalah tempat pratinjau sistem dan menyimpan data editing sebelum diproses. Laptop multimedia juga dilengkapi dengan jenis memori khusus yang disebut ECC (Error-Correcting Code) yang meminimalkan kesalahan dengan mendeteksi dan memperbaiki korupsi data. 

Jadi, bisakah kamu mengedit video di laptop gaming?

Jawabannya ya! Knda dapat mengedit video di laptop gaming. Namun, kamu harus ingat bahwa laptop gaming sudah pasti dioptimalkan untuk bermain game. Sehingga kamu, mungkin menghadapi beberapa masalah dengan pemrosesan video yang tidak akan kamu dapatkan di laptop video editing, yang memang dioptimalkan untuk mengedit video. 

Ingin mendapatkan laptop yang dapat digunakan untuk editing dan gaming? Yuk klik di sini!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 22 = 28