[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Review

Mana Lebih Baik, PC Gaming Atau Mobile Gaming ?

Content Writer 02/05/2019
Share

Seiring berjalannya waktu perubahan trend kini menjajal industri dunia gaming yang memilih antara PC Gaming Atau Mobile Gaming. Jika dahulu kita bermain games hanya sebatas console seperti Playstation,Nintendo. Kini sejak kehadiran ponsel pintar trend tersebut berubah.

Sejak kehadiran game bergenre MOBA seperti Mobile Legends, kebiasaan gamer pc berubah. Karena baik mobile legends maupun Dota 2 menawarkan game yang bagus secara genre,gameplay dan menuntut kita untuk pintar berstrategi.

Industri mobile gaming menjadi hype berkat hadirnya ponsel pintar yang sekarang ini kita pakai. Para developer, berlomba-lomba membuat,mendesain, dan merilis game yang benar-benar sesuai selera pasar. Selain mobile legends ada juga game PUBG,Free Fire, dan banyak game lain.

Lalu seperti apa perbandingan dari ke-2 topik yang akan kita bahas ini? apa yang menjadi kelebihan Personal Computer dan Mobile Gaming? Untuk membahasnya kita simak artikel dibawah ini.

PC Gaming Atau Mobile Gaming?

Layar Luas Tatap Puas

PC Gaming atau Mobile Gaming

Layar mobile dan pc jelas berbeda. Inilah perbedaan kentara yang jelas terlihat dari keduanya. Karena mungkin kebiasaan gamer dahulu yang sebelum “hijrah” menjadi gamer mobile, adalah faktor nyaman pada layar yang kecil. Karena pada dasarnya nyaman atau tidaknya, bermain di mobile dan pc adalah faktor kebiasaan.

Jika kamu lebih prefer bermain dengan layar yang lebih luas, disertai dukungan kursi nyaman dan ada pegangan mouse, pilihlah pc gaming. Menurut para gamer layar jelas lebih besar untuk pc daripada mobile, karena layar sangat penting ketika gamer bermain.

Kebutuhan layar besar, dan luas game PC memang jelas unggul. Ini sudah jelas jika kita membandingkan mana yang lebih lebar layarnya antara PC dan mobile phone. Karena layar besar sudah seperti properti wajib seorang gamer.

Baca Juga : Tips maksimalkan smartphone Mobile legends

Daleman Game, Player Harus Bayar?

Semua game gratis, yang hadir di pasaran nyatanya tidak semua fitur dalam game tersebut adalah gratis. Ada salah satu fitur yang mengharuskan seorang player “membayar” pada developer penyedia game. Salah satu contohnya dalah game FIFA mobile, memang game tersebut bisa diunduh gratis dan bisa memulai dengan intronya. Namun lama kelamaan koin dalam game habis. Dan ini seorang player “terpaksa” harus mengeluarkan uang untuk melakukannya.

Hal berbeda justru ada di PC game, seorang gamer Dota 2 misalnya mereka rela mengeluarkan uang yang sifatnya hanya untuk bisa membeli skin. Karena steam pada dota 2 mengharuskan top up steam wallet jika seorang player ingin bermain dengan player lainnya.

Namun, tentu saja fitur in- app purchase dalam game menjadi fitur wajib jika seorang developer game hendak merilis game-nya secara gratis. Terkesan memaksa seorang player mengeluarkan uang, namun tetap saja godaan untuk fitur yang lebih lengkap seorang gamer rela melakukannya.

Baca Juga : Smartphone terbaik anti panas main mobile legends

Tidak Terikat Alias Fleksibel

Dimaksud dengan fleksibel disini adalah fleksibilitas. Tidak terikat atau bergantung dengan apapun, seorang gamer yang ingin bermain games dimana saja dan kapan saja. Contohnya seperti turnamen Esports. Para panitia hanya menyediakan koneksi listrik, dan internet, sisanya hanya seorang player saja yang harus membawa handphone-nya masing-masing.

Berbanding terbalik dengan PC Gaming. Karena bobot,luas,dan area yang membutuhkan tempat yang besar, seorang pc gamer tidak bisa bermain di ruang terbuka. Cara ini mungkin bisa tertolong dengan adanya laptop gaming, namun keterbatasan colokkan listrik dan koneksi internet yang membuat laptop tidak se-fleksibel mobile gaming.

Baca Juga : Aksesoris smartphone gamers mobile sejati

Tanpa Aksesoris Kurang Manis

Aksesoris ibaratnya pelengkap dari persiapan seorang gamer, sebelum bertempur di arena sesungguhnya. Terdengar tidak penting, namun menjadi penting ketika seorang gamer PC akan tertolong jika dia punya keyboard gaming yang khusus didesain supaya melakukan navigasi game dengan mudah. Beda halnya dengan keyboard konvensional biasa, yang tombolnya sudah paten dan sudah tersedia pada keyboard pada umumnya.

PC Gaming memang tidak terlalu membutuhkan aksesoris, seperti PC gamer. Karena hanya butuh layar anti gores khusus untuk gamer, baterai hp minimal 3500 mAh dan koneksi internet minimal 4G. Hanya game tertentu yang butuh aksesoris, seperti tombol L1,R1 PUBG mobile. Untuk memudahkan ketika menavigasi gerakan ketika bermain.

Baca Juga : Game PC Terbaik Tahun 2019

Harga yang cenderung mahal, untuk membeli peralatan aksesoris gaming. Seorang gamer rela mengeluarkan uang lebih untuk aksesoris gaming tersebut. Ada plus minus dari kebutuhan aksesoris gaming, tergantung kebutuhannya, apakah player tersebut seorang professional gamer? atau hanya sekedar hobi saja bermain games?

Bermain games sekrang sudah menjadi hobi, bahkan kebutuhan sehari-hari seorang gamer. Mulai sekarang kita sudah tahu kelebihan masing-masing PC Gaming dan Mobile Gaming. Jadi menurut klikers mana yang lebih baik? Tentukan pilihan kalian dengan berkomentar dibawah yah.

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =