[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Review Android Geek Corner Tips & Trick smartphone

Mengenal Sistem Operasi Smartphone Android

Content Writer 13/11/2018
Share

Kebanyakan pengguna smartphone yang menggunakan android cukup besar dibanding iOS. Kali ini penulis akan mengajak Mengenal Sistem Operasi yang tertanam di smartphone yaitu Android. Sistem Operasi Android menjadi pilihan utama banyak vendor terkemuka seperti Samsung atau Xiaomi menggunakan sistem operasi android.

Beberapa fitur canggih yang ditawarkan serta performanya yang teruji optimal menjadi keunggulan tersendiri dari sistem operasi ini. Dalam pengembangannya sudah banyak improvisasi yang dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi andalannya ini.

Mengenal Sistem Operasi

Sistem Operasi Android

          sumber : grooming your world

Sistem operasi android terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun dimulai dari Gingerbread hingga yang terkini Android Pie 9. Google selalu memberikan julukan berupa nama cemilan manis sesuai huruf yang melambang versi Android menurut urutan alfabet.

Faktor-faktor banyaknya pengguna, pengalaman pengguna menjadikan kontribusi nyata terhadap perkembangan android. Sifat open source yang diusung android mengundang potensi pengembang yang terbuka sehingga banyak kontribusi untuk terus memperbarui dan menambah fitur-fitur baru bagi sistem operasi Android.

Data Pengguna Android VS iOS

            sumber : scand

Data diatas menunjukan bahwa selain dari sisi pengguna yang banyak memilih Android dari segi Developer banyak yang memilih platform Android sebagai target publish aplikasi. Sementara iOS menempati urutan kedua karena keunggulannya dari segi grafis, aplikasi eksklusif dan kehandalan dalam mengamankan privasi pengguna.

Mengenal Android Pie Sistem Operasi Terbaru

Mengenal Android Pie         sumber : hiddenbrains

Android 9.0 Pie ialah sistem operasi terbaru yang baru diresmikan pada Agustus lalu. Android pie lebih mengandalkan gestur gerakan-gerakan jari untuk melakukan hal-hal seperti multitasking. Fitur lain termasuk “Digital Wellbeing” untuk menginformasikan soal pola pemakaian perangkat, Adaptive Battery untuk membatasi pemakaian baterai oleh aplikasi, dan App Action yang langsung menjalankan fitur aplikasi dari app drawer.

Ditanam pula kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) di beberapa fitur. Dan Digital Wellbeing untuk melacak pemakaian aplikasi serta mengatur batas waktu penggunaan perangkat. Dari segi improvisasi dan fitur keunggulan Android Pie sebagai berikut :

      1. Aksesibilitas

Fitur Select to Speak yang memudahkan pengguna untuk memilih teks di layar dan konten. Layanan aksesibilitas baru mempermudah memahami percakapan dengan menyesuaikan secara dinamis lebih dari 100 pengaturan.

      2. Baterai dan Kecerahan

Fitur Android Pie yang memanfaatkan Ai(Kecerdasan Buatan yang ditanamkan pada fitur Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Selain itu hadir fitur Battery Saver dan Background Restrictions.

      3. Digital Wellbeing

Memungkinkan pengguna melacak penggunaan aplikasi dan mengatur batas waktu penggunaan. Fitur Do not Disturb ditingkatkan untuk kenyamanan.

      4. Layar

Mendukung perangkat yang tersemat notch untuk memanfaatkan ruang layar yang tersedia.

      5. Sistem

Keunggulan terletak pada ketukan (tap) namun juga usapan (swipe) lewat navigasi intuitif. Pengguna bisa mencoba ke atas dari bawah layar untuk melihat Recent App.Dan ketuk untuk kembali ke halaman depan (Home).

Informasi dan data ini dimaksudkan agar Mengenal Sistem Operasi ketika hendak ingin membeli Harga Smartphone memperhatikan sistem operasi apa yang tertanam di smartphone tersebu?t. Apakah sesuai dengan dukungan spesifikasi smartphone atau tidak? Bisa ditingkatkan ke sistem operasi diatasnya atau tidak? Dan perhatikan ketika anda hendak membeli Harga Smartphone di pasaran perhatikan juga sistem operasi nya ya!.

 

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 6 = 10