[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Computer News Review laptop

Mengenal Fungsi Tombol Keyboard Laptop

Tien Marthiny 13/12/2019
Share

Mungkin kamu sudah tiap hari menggunakan laptop, namun bisa jadi belum mengetahui kalau ada banyak fungsi tombol keyboard laptop yang bermanfaat. Dengan menguasai fungsi-fungsi khususnya, kamu bisa mengetik dan bekerja lebih cepat lho. Sebagai contoh, tombol Ctrl + V memiliki fungsi sama dengan menempel  teks yang sudah kamu salin & potong.

Baiklah, yuk simak daftar fungsi tombol keyboard laptop yang sering digunakan dalam OS Windows. 

1. Trio Shortcut Copy, Cut, Paste

Mengenal fungsi tombol keyboard laptop

Ketiga shortcut berikut ini seharusnya sudah hafal luar kepala. Dengan menguasainya, kamu bisa mengetik dengan lebih cepat. 

Ctrl + C = Copy atau salin

Ctrl + X = Cut atau potong

Ctrl + V = Paste atau tempel

Nah, kalau sebelumnya kamu belum pernah menggunakannya, hafalkan deh ketiga shortcut di atas. Selanjutnya, setiap kali ingin melakukan salah satu fungsi tersebut tidak perlu lagi klik kanan mouse untuk mencari fungsi yang diinginkan. Cukup dengan menekan tombol shortcut yang tepat. 

2. Tombol Caps Lock

Kalau tombol ini fungsinya adalah untuk membuat huruf besar atau KAPITAL. Kalau misalnya kamu butuh mengetik dengan huruf besar, tinggal ketik tombol ini. Sebagai tanda kalau tombol ini sedang aktif, lampu pada keyboard akan menyala. 

3. Tombol Home

Tombol Caps LockTombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke ujung sisi kiri pada baris. Nah, jadi tidak perlu menggerakkan mouse jika misalnya ada kata yang terlewat. Cukup dengan menekan tombol Home, maka kursor akan berpindah ke sisi kiri. 

4. Tombol End

Kalau fungsi tombol keyboard laptop End berfungsi kebalikan dari Home. Ketika menekan tombol ini, maka kursor akan berpindah ke sisi paling kanan. Kedua tombol ini terutama sangat diperlukan saat mengedit tulisan. 

5. Ctrl + A = Select All

Ctrl + A = Select AllKalau misalnya sedang butuh untuk mem-block semua tulisan pada Microsoft Word, tinggal pencet saja dengan menekan tombol Ctrl + A. Maka, seluruh tulisan pun akan ter-block

Berikutnya biasanya akan digunakan fungsi Ctrl + C untuk meng-copy dan Ctrl + V untuk mem-paste

6. Ctrl + E = Rata Tengah

Biasanya dipakai saat mengetik judul. Cukup dengan menekan Ctrl + E, maka tulisan pun akan langsung rata tengah. 

7. Tombol untuk Bold, Italic, dan Underline

Tombol untuk Bold, Italic, dan UnderlineKetiga hal ini juga sering digunakan saat mengetik. Kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol berikut ini:

Ctrl + B = membuat huruf tebal (bold)

Ctrl + I = membuat huruf miring (italic)

Ctrl + U = membuat huruf bergaris bawah (underline). 

8. Ctrl + K untuk Hyperlink

Terkadang kamu perlu membuat hyperlink untuk menautkan sebuah tulisan dengan link ke situs tertentu. Mudah saja, tinggal pencet Ctrl + K maka akan muncul layar dialog bar dan tinggal memasukkan URL yang diinginkan.  

9. Tombol Logo Windows + L = Lock

Jika ada rekan kerjamu yang mengajak keluar sebentar dan  tidak ingin mematikannya, kamu cukup tekan tombol Logo Windows + L. Maka, laptop pun akan terkunci. 

Jadi, kamu pun akan merasa aman. Isi laptopmu tidak bisa dibuka oleh orang yang tidak berkepentingan. Sekembalinya nanti pun bisa mudah untuk sign in kembali. 

Banyak fungsi tombol keyboard laptop yang amat berguna. Coba untuk mempraktikkannya agar kamu semakin terbiasa dalam menggunakannya. Mau terus update mengenai info gadget dan teknologi terkini? Masukan email pada box subscribe di bawah ini ya.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 47 = 56