[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Gadget News Android Geek Corner Techno Addict iPhone smartphone

Mengapa RAM iPhone Lebih Kecil Dari Smartphone Android

Ery Herdian 19/02/2020
Share

Harga Smartphone Apple iPhone Series bisa dibilang cukup tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan perangkat Smartphone berbasis Android. Yang selalu menjadi pertanyaan mengapa Apple iPhone selalu dibanderol dengan harga tinggi sedangkan spesifikasi yang dimilikinya justru lebih rendah dari perangkat Android dengan harga setara.

Terutama pada sisi RAM, ketika Kamu hanya bisa mendapatkan perangkat iPhone dengan RAM 1 GB pada perangkat Android Kamu bahkan sudah bisa mendapatkan sebuah Smartphone dengan RAM 4 GB. Tapi hal ini tetap tidak menurunkan peminat para pengguna untuk membeli perangkat Smartphone besutan Apple ini.

Menurut beberapa percobaan ternyata perangkat iPhone dengan RAM 1 GB justru masih bisa mengungguli perangkat Smartphone Android dengan RAM 4 GB. Dan pada beberapa kasus pun perangkat iPhone masih bisa menjalankan berbagai aktivitas jauh lebih cepat dan lebih lancar ketimbang perangkat Android yang memiliki spesifikasi diatasnya.

Mengapa iPhone Tetap Unggul Meski RAMnya Jauh lebih Kecil ?

Mengapa sebenarnya hal ini bisa terjadi ?, secara logika tentunya perangkat Adroid dengan spesifikasi yang lebih tinggi harusnya bisa mengungguli Apple iPhone. Tetapi yang terjadi justru kebalikannya, dan menurut beberapa analis para pengguna tidak bisa membandingkan spesifikasi dari iPhone dengan perangkat Android. Secara sistematis kedua perangkat ini dibangun dengan skema yang jauh berbeda.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan iPhone masih bisa unggul meski memiliki RAM yang kecil. Hal ini karena Apple sudah mengetahui seluk beluk semua komponen perangkatnya, hal ini memang cukup masuk akal mengingat tidak ada lagi perangkat Smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS.

harga smartphone

Oleh karena itu Apple bisa lebih berfokus ketika mengembangkan produk terbaru. Pemilihan besaran komponen pada sebuah perangkat tentunya harus disesuaikan dengan teknologi dan perangkat Smartphone itu sendiri. iOS sendiri di rancang khusus oleh Apple agar dapat bekerja lebih baik dan tidak harus memakan banyak suber daya.

RAM pada iPhone terhitung bekerja tidak terlalu besar ketika menjalankan sistem operasi, hal ini juga dikarenakan iOS tidak memerlukan mesin virtual untuk menerjamahkan sebuah perintah. Sehingga semua proses pengelolaan sistem operasi berjalan pada perangkat itu sendiri. Proses ini dinilai sangat efektif untuk menekan penggunaan RAM.

Pada iOS juga terdapat sebuah sistematis manajemen memori yang cukup berbeda dengan Android. Jika pada Android sistem manajemen memori diambil alih oleh sistem operasi, pada iOS manajemen memori dibebankan kepada aplikasi itu sendiri. Namun aplikasi-aplikasi yang berjalan ini tidak akan memakan banyak alokasi RAM. Terdapat sebuah skema dimana iOS akan secara otomatis mengalokasikan memori sesuai kebutuhan.

Mengapa Smartphone Android Memiliki RAM Lebih Besar

Sedangkan pada sistem operasi Android dirancang untuk mendukung berbagai jenis perangkat, berbagai jenis prosesor dan konfigurasi perangkat keras yang berbeda. Untuk mempermudah ketentuan tersebut Android menyiasatinya dengan membuat semua aplikasi Android berjalan pada platform Java.

Java sendiri memang cukup terkenal karena mesin virtualnya yang canggih. Ketika Kamu menulis aplikasi satu kali di Java, mesin virtualnya akan langsung menerjemahkan kode tersebut sehingga dapat langsung bekerja pada sistem apapun didalamnya.

harga smartphone

Kelemahan dari Java sendiri adalah membutuhkan alokasi sumber daya yang cukup besar. Bukan hanya untuk menerjemahkan saja tapi juga untuk menahan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Tapi tenang saja seiring dengan berkembangnya teknologi kini konsumsi suberdaya pada mesin virtual Java tidak sebanyak dulu. Meski begitu tetap saja Android membutuhkan jauh lebih banyak RAM untuk menjalankan aplikasi baik yang digunakan atau aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Karena hal ini lah mengapa Kamu tidak bisa membandingkan spesifikasi Apple iPhone dan Smartphone berbasis Android. Harga Smartphone yang tinggi pada Apple iPhone sendiri memang dikarenakan proses pengembangan dan komponen yang terbilang premium sehingga ongkos pembuatan dan pengembangan perangkat pun cukup mahal.

jadi mengapa iPhone lebih kecil dari perangkat Android, namun masih tetap lebih unggul. Jawabannya adalah karena Apple memfokuskan semua sistematis dan konfigurasi hanya untuk satu model perangkat saja. Sehingga Apple jauh lebih leluasa untuk menggembangkan perangkatnya karena hanya berfokus kepada konfigurasi dari sistem operasi iOS.

Dapatkan infromasi menarik dan terbaru lainnya hanya di official Blog KLIKnKLIK.com. Kamu juga bisa menemukan berbagai perangkat terbaru hingga berbagai penawaran menarik di website official KLIKnKLIK.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =