[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News laptop

Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop Dengan 5 Cara Ini

Content Writer 29/03/2019
Share

Pengguna yang tidak cukup pengetahuan mengenai Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop perlu informasi seperti ini. Sebab jika tidak potensi yang akan dihasilkan tidak akan tercapai.

Baterai sebagai komponen laptop yang berfungsi sebagai penyimpan energi listrik dan pengantar arus listrik menjadi elemen penting. Bagaimana sebuah laptop tersebut bekerja dan melakukan segala perintah komputasi yang diterima dari pengguna laptop itu sendiri.

Seperti laptop keluaran terbaru laptop profesional, sampai laptop hybrid telah menanamkan dan menggunakan baterai yang kuat tahan sampai 8 jam hanya dalam satu kali pengisian daya listrik.

Dengan potensi yang bisa kamu hasilkan, kamu dengan sendirinya mengetahui bagaimana maksimalnya baterai laptop tersebut bekerja.

Artikel dibawah ini akan menuntun kamu melakukannya sendiri dirumah untuk memaksimalkan baterai laptop supaya bisa dipakai seharian penuh.

Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop

Matikan Fitur WiFi dan Bluetooth

Penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini menjadi hal tidak bisa dipisahkan. Terlebih 2 fitur yang sangat berguna WiFi dan bluetooth nyatanya memakai arus baterai yang cukup banyak. Namun laptop yang beredar saat ini telah memiliki pengaturan untuk mematikan ke-2 fitur tersebut.

Setelah menggunakan internet dan tidak lagi dipakai kamu ada baiknya mematikan wifi dan bluetooth kamu. Atau lebih baik kamu bisa mengunduh segala data dan file yang kamu butuhkan sebelum mematikannya.

Baca Juga : Tips Merawat Laptop

Atur dan Kurangi Cahaya LayarReduce Brightness

Atur dan redupkan cahaya layar. Menjadi salah satu caya yang masih banyak belum diketahui banyak orang. Karena cahaya yang terang dan besar banyak memakai daya baterai laptop. Namun laptop keluaran sekarang sudah menggunakan layar LED backlight tetapi ini masih menguras banyak daya baterai.

Untuk laptop yang berbasiskan sistem operasi windows kamu bisa menggunakan shortcut Fn + tombol berlogo matahari di keyboard laptop. Cara ini terbukti efektif mengurangi dan menghemat daya baterai hingga 30 menit lebih lama. Jika cara ini tidak dijalankan daya baterai akan terkuras tanpa kamu sadari.

Baca Juga : Beli Laptop Baru? Simak Tips Penting Berikut

Mengubah Pengaturan Power SourcePower Setting Laptop

Sistem operasi baik itu berbasis windows,linux,maupun MacOs mempunyai fitur untuk mengatur sumber daya yang hendak dipakai oleh laptop. Fitur tersebut bernama Power Saver. Jika kamu menggunakan sistem windows kamu bisa mengaturnya di control panel + Power Source.

Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop lainnya adalah kamu bisa Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop mengatur layar mati ketika kondisi laptop idle atau sedang tidak digunakan. Dengan begini kamu bisa menghemat daya baterai laptop hingga 15%.

Baca Juga : Pentingnya Cooling Pad Untuk Laptop

 Pengaturan Memori Yang Diatur Sehemat MungkinSetting Memory Windows

Memori merupakah komponen yang berfungsi untuk membaca dan menulis data yang dibutuhkan oleh sebuah processor dan “membantu” kinerja secara keseluruhan dari pekerjan komputasi laptop tersebut.

Fitur ini bisa kamu temukan dalam laptop berbasiskan sistem windows,linux maupun MacOS. Dengan cara kamu masuk ke control pannel + system properties. Jika kamu adalah tipe pengguna yang banyak membuka banyak tab dalam satu browser, dan itu memakan banyak daya baterai.

Hal yang sama berlaku pada aplikasi lain yang kamu buka dalam waktu yang bersamaan. Segera tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Karena jika tidak segera ditutup ini akan banyak memakan memori laptop dan secara tidak langsung dampaknya langsung menguras baterai.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah membuka task manager dan buka tab services running. Lalu perhatikan aplikasi apa yang sekiranya tidak penting dan dengan segera kamu harus menutup aplikasi tersebut. Dengan cara ini kamu akan menghemat baterai hingga 30%.

Baca Juga : Tips Laptop Berumur Panjang

Mengatur Kinerja GrafisSetting Graphics Intel Windows

Kinerja suatu grafis dalam sebuah laptop dan salah satunya baterai laptop ditentukan juga bagaimana kita mengatur pengaturan grafis-nya. Salah satu yang banyak dipakai oleh pengguna adalah grafis Intel HD Graphics. Biasanya orang mengatur intel grafik untuk bermain games spek dewa tetapi laptop tidak mumpuni.

Selain Intel HD Graphics ada juga Nvidia GeForce atau AMD Radeon. Khusus Nvidia dan AMD kedua graphics GPU ini sudah terintegrasi dengan processor laptop sehingga pengaturannya akan alngsung mempengaruhi kinerja laptop tersebut.

Caranya kamu klik kanan mouse dan pilih graphics properties. Dan kamu buka power management dan aturlah sesuai dengan kemampuan processor,memory dan GPU kamu. Jika tidak diatur hal seperti ini akan memakan banyak baterai laptop.

Baca Juga : Bermain Laptop Dengan Baterai Laptop Terpasang

Pentingnya Merawat Baterai Laptop

Setelah kamu mencoba beberapa tips Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop saatnya kamu peduli dan berfikir bahwa dengan adanya kewaspadaan kita saat merawat baterai laptop. Ini akan berdampak pada “kesehatan” dan “umur” laptop itu di masa depan.

Pada dasarnya ketika seseorang hendak membeli laptop dan laptop tersebut ia terima. Dan katakanlah laptop tersebut ia pakai dalam jangka waktu 3 bulan. Misalnya timbul masalah bahwa baterai laptop pengguna tersebut tiba-tiba terkuras habis dalam tempo cepat. Masalah seperti ini bisa saja timbul karena :

  • Memaksakan bermain games hingga baterai habis
  • Bermain games seharian
  • Tidak sadar kemampuan baterai ada batasnya

Atas dasar itulah mengapa kita perlu “mawas diri” terhadap terjadinya masalah yang kemungkinan besar timbul dari hal sepele. Tetapi kita tidak sadar betapa berbahayanya problem yang ditimbulkan dari kelalaian kita tidak memperhatikan dan merawat baterai laptop kita.

Baca Juga : Inovasi Baru Mengisi Baterai Laptop

Daya tahan baterai sangat penting untuk kita jaga. Karena laptop fungsi utamanya adalah bisa dibawa kemana saja dan bisa dipakai dimana saja. Jika baterai laptop kamu tidak bekerja dengan baik bagaimana laptop itu bisa kamu bawa?

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan ingat ikuti informasi tips trik teknologi hanya di KLIKnKLIK.com #AntiMarkUp Harga

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 4