[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Geek Corner Kamera Photography Photography Lovers Tips & Trick

Mau Beli Kamera Digital ? Jangan Lupakan Beberapa Hal Penting Ini

Ryo Wibowo 31/12/2016
Share

Anda sedang berniat untuk membeli kamera ? maka hal pertama yang harus anda persiapkan adalah anggaran. Semakin canggih kualitas dari kamera atau perlengkapan fotografi yang anda cari, maka semakin besar pula anggaran yang harus Anda siapkan.

Namun selain anggaran, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Apa saja hal-hal penting tersebut? Mari kita simak ulasan berikut dibawah ini.

 

Hati-hati dengan Sensor Kamera

 

sony-slt-sensor

Sensor kamera merupakan salah satu faktor terpenting apabila anda ingin menghasilkan kualitas gambar yang baik. Hal ini pula yang menyebabkan kenapa hasil dari kamera smartphone bisa berbeda-beda kualitasnya terutama apabila dibandingkan dengan kamera digital.

Kamera memiliki sensor yang besar, kemampuan menyerap cahayanya pun lebih besar dibandingkan dengan yang ber sensor kecil. Dampak kemampun menyerap cahaya akan berpengaruh terhadap kualitas foto yang lebih baik. Contohnya kualitas foto dari kamera DSLR akan lebih baik dibandingkan dengan kamera mirrorless.
Perhatikan fitur kamera yang akan anda beli

key_digital_camera_features_for_low_light

Sama halnya apabila anda akan membeli produk elektronik seperti laptop dan smartphone, fitur merupakan hal terpenting yang harus anda perhatikan. Fitur pada kamera pun harus menjadi salah satu faktor penting yang harus anda perhatikan.

Fitur kamera seperti Image stabilizer berpengaruh terhadap sensitifitas goyangan saat anda memotret tanpa tripod. Selain itu fitur lain seperti layar LCD, frame per detik hingga resolusi kamera merupakan hal yang harus anda tanyakan saat akan membeli kamera.
Brand apa yang harus saya pilih

brands

Saat ini terdapat banyak brand kamera yang dijual dipasaran, mulai dari brand lama seperti Canon, Nikon hingga merk-merk baru yang bermunculan. Namun yang terpenting adalah melihat teman-teman di lingkungan anda yang juga mempunyai hobi fotografi.

Apabila banyak yang menggunakan Nikon, maka belilah kamera merk Nikon dan apabila kebanyakan dari mereka menggunakan Canon, maka belilah kamera Canon. Hal ini cukup penting karena tentunya mereka memiliki peralatan fotografi yang sama, sehingga anda bisa saling bertukar pakai selain saling membagi pengalaman.

 

Kamera analog atau digital?

4

Apabila Anda merupakan pemula di bidang fotografi, maka kamera digital merupakan kamera yang tepat untuk anda. Untuk kamera analog , umumnya memiliki harga yang cukup murah namun terdapat dana ekstra yang harus anda kelluarkan setiap saat anda memotret, seperti membeli film hingga ongkos cuci dan cetak.

Kamera digital memang relatif lebih  mahal, tapi kedepannya hampir tidak ada biaya yang Anda keluarkan setiap kali Anda memotret. Dengan kemampuan untuk langsung melihat hasil fotonya, maka akan sangat mempermudah Anda untuk belajar fotografi.

 

Beli baru atau bekas ?

secondhandopener

Apabila anda merupakan orang yang awam di dunia fotografi, maka sdiarankan untuk membeli kamera yang baru. Namun apabila anda ingin membeli kamera bekas karena alasan budget yang terbatas, maka usahakan agar anda didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman di dunia Fotografi.

Selain itu keuntungan dari membeli kamera baru adalah jaminan barang dengan kondisi maksimal dan adanya garansi yang menyertainya. Garansi merupakan hal yang juga sangat penting, apabila terjadi kerusakan dengan kamera anda. Selain itu kamera anda akan memiliki harga jual kembali yang lebih lebih baik karena anda merupakan tangan pertama.

Sedangkan keuntungan dari membeli kamera bekas adalah Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang masih baik dengan catatan Anda benar-benar paham kamera bekas apa yang Anda beli.

Ryo Wibowo

A blogger enthusiast in the morning and rock n roll guitarist at night . Feel free to connect with him on Twitter @ryowbw

    1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 − = 28