[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Gaming Freak Geek Corner

Laptop Game VS Pc Game, Pilih Mana?

Ery Herdian 20/02/2020
Share

Laptop Untuk Game atau Pc Desktop untuk Game? Perangkat mana yang Kamu pilih sebagai partner untuk bermain game. Jawabannya pasti berbeda-beda, tergantung bagaimana selera dari pengguna itu sendiri. Sering timbul pertanyaan sebenarnya lebih unggul mana antara PC Desktop atau Laptop Gaming.

Jika dibandingkan tentunya kedua perangkat ini memang sangat sulit untuk dibandingkan karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mulai dari sisi desain, ukuran spesifikasi hingga masalah pengembangan perangkat itu sendiri.

Kali ini Kita akan membahas beberapa sudut mengenai Laptop untuk game dan juga PC Desktop untuk game. Mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing perangkat.

CPU PC Desktop vs Laptop untuk Game

Pada segmen CPU sebenarnya baik perangkat Laptop atau PC Desktop keduanya memiliki performa yang tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja jika dibandingkan secara detail performa yang dihasilkan oleh PC Desktop pasti lebih baik dibandingkan Laptop, meski keduanya memiliki spesifikasi prosesor yang sama.

laptop untuk game

Hal ini dikarenakan ukuran fisik prosesor yang digunakan pada perangkat PC Desktop lebih besar dibandingkan dengan ukuran prosesor yang digunakan pada perangkat Laptop. Ukuran yang lebih besar ini membuat komponen tersebut bisa lebih tahan terhadap panas dan menghasilkan performa yang lebih kuat.

Terutama ketika digunakan untuk aktivitas gaming, kerja prosesor akan semakin berat. Meski sudah dilengkapi dengan sistem pendingin, bukan berarti perangkat tersebut tidak akan mengalami kondisi panas. Ketika perangkat tersebut mengalami kondisi panas yang berlebih, biasanya kipas yang terdapat didalamnya akan mengeluaran suara bising.

Graphics Processing Unit (GPU) atau Pengolah Grafis

Pada perangkat gaming, GPU atau pengolah grafis adalah salah satu komponen yang sangat berkontribusi dalam performa gaming yang maksimal. GPU berfungsi untuk mengolah tampilan grafik, dan biasanya sebuah game sudah memberikan patokan GPU agar bisa menjalankan game tersebut.

laptop untuk game

Sama seperti prosesor karena ukuran GPU pada perangkat PC Desktop lebih besar, performanya pun menjadi lebih baik jika dibandingkan pada perangkat Laptop. Namun seiring denga berkembangnya teknologi, kini GPU pada perangkat Laptop pun memiliki performa yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kapasitas Penyimpanan

Untuk urusan kapasitas penyimpanan baik PC Desktop atau Laptop Gaming memiliki kapasitas penyimpanan yang bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi perangkat PC Desktop lagi-lagi unggul dalam urusan mengatur kapasitas penyimpanan. Memang ruang yang cukup luas dan ketersediaan port SATA yang cukup banyak membuat Kamu bisa memperluas kapasitas dengan lebih leluasa.

Sedangkan pada perangkat Laptop Kamu hanya bisa mengganti Harddisk bawaan pabrikan dengan ukuran yang lebih besar, atau menambahkan SSD jika memang tersedia slot tambahan untuk media penyimpanan bertipe SSD.

laptop untuk game

Namun untuk urusan kecepatan membaca dan menulis data, Laptop bisa saja lebih unggul dari pada PC Desktop berkat adanya media penyimpanan bertipe SSD yang memang memiliki kecepatan dibandingkan dengan media penyimpanan bertipe SATA. Meski perangkat laptop memiliki slot media penyimpanan yang terbatas tapi kini sudah banyak beredar harddisk dengan ukuran-ukuran besar baik bertipe SATA ataupun SSD. Harganya pun kini relatif lebih murah dibandingkan beberapa tahun kebelakang.

Mobilitas

Jika berbicara mobilitas tentu jawabannya sudah pasti Laptop sangat mengungguli PC Desktop. Tingkat mobilitas perangkat Laptop memang cukup tinggi, karena perangkat ini pun dirancang khusus bagi para pengguna yang ingin membawa peragkatnya berpergian. Sedangkan PC Desktop hanya bisa ditempatkan di satu tempat saja.

Akan tetapi ada satu hal yang harus Kamu ingat, ini adalah sebuah perangkat Laptop untuk keperluan game. Konfigurasi yang dimiliki oleh perangkat Laptop gaming ini cukup berbeda dengan perangkat Laptop pada umumnya. Hal ini juga cukup berpengaruh kepada bobot Laptop, biasanya Laptop gaming memiliki bobot yang cukup membebani.

Monitor dan Keyboard

PC Desktop memiliki keunggulan dalam pemilihan komponen Monitor dan Keyboard, karena memang antara CPU, monitor dan keyboard terpisah. Sehingga Kamu bisa menyesuaikan monitor dan keyboard sesuai dengan keinginan Kamu. Ketika Kamu ingin mengganti kedua komponen ini pun jauh lebih mudah.

laptop untuk game

Berbeda dengan perangkat Laptop yang komponen monitor dan keyboardnya sudah menjadi satu bagian bersama dengan CPU. Apabila terjadi kerusakan atau Kamu ingin menggantinya pun cukup rumit dan tidak bisa sesuai keinginan Kamu.

Upgrade Komponen

Seiring berkembangnya teknologi, banyak game-game terbaru yang membutuhkan konfigurasi lebih tinggi. Ketika hal ini terjadi tentunya Kamu harus melakukan pembaharuan atau upgrade komponen-komponen pada perangkat Kamu.

Jika di PC Desktop Kamu bisa dengan leluasa mengganti berbagai komponen sesuai kebutuhan Kamu. Perangkat Laptop justru sedikit lebih rumit ketika Kamu ingin melakukan upgrade. Kamu hanya bisa mengupgrade beberapa komponen saja, karena pada perangkat Laptop ada beberapa komponen yang memang sudah tertanam pada motherboard dan tidak bisa diganti.

Harga Laptop vs PC Desktop

Jika berbicara harga, perangkat Laptop memiliki Harga yang relatif lebih mahal karena memang sudah terpatok dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan pembesut Laptop. Sedangkan untuk PC Desktop Kamu bisa lebih leluasa menyesuaikan dengan budget yang Kamu miliki.

Kamu bisa menentukan komponen mana yang akan memakan budget cukup besar dan komponen mana yang bisa menghemat budget. Kamu juga bisa saja memilih komponen yang lebih murah dan mengupgradenya dikemudian hari ketika budget Kamu sudah mencukupi.

Jadi, perangkat mana yang lebih unggul? PC Desktop atau Laptop. Jika dilihat dari perbandingan tadi perangkat PC Desktop memang lebih unggul dibandingkan perangkat Laptop. Namun perangkat mana yang akan Kamu pilih nantinya kembali lagi kepada kebutuhan dan keinginan Kamu.

Untuk Kamu yang ingin membeli perangkat Gaming terbaru, segera kunjungi Great Gaming Sale KLIKnKLIK.com hanya disini : https://kliknklik.com/1720-promo-februari-great-gaming-sale , dan temukan berbagai penawaran menarik.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 3 = 13