[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Tips & Trick smartphone

Kirim Uang Lewat Facebook Messenger, Bisa?

Ery Herdian 12/04/2016
Share

Masih Ingat ketika dulu Facebook Messenger dipisah dari aplikasi Facebook? Banyak pengguna, termasuk anda mungkin merasa kesal waktu itu. Kenapa kita harus menggunakan dua aplikasi berbeda hanya untuk berkomunikasi dengan sesama teman facebook?

Ternyata Facebook memang punya rencana besar di balik Messenger, beberapa fitur kini telah menjadi kenyataan termasuk terhubung dengan maskapai penerbangan, video call, robot chat, catur, dan siapa sangka? – Pembayaran mobile. Facebook sangat serius untuk menggarap Messenger menjadi aplikasi multi fungsi, beberapa fitur yang baru saat ini dirilis seperti Live Video, Video Chat dan terintergrasi dengan dropbox.

Dilansir dari Cnet, anda bisa menggunakan aplikasi Facebook Messenger untuk mengirim atau menerima uang, dengan gaya PayPal.

Picture1

Untuk bisa berkirim dan berterima uang via Messenger, kedua pengguna harus sama-sama mengaktifkan fitur pembayaran mobile ini dengan mendaftarkan kartu debit mereka. Pengguna juga tidak akan dikenakan biaya untuk menggunakan layanan ini alias gratis. Selain itu Facebook Messenger juga memberikan keamanan berbasis PIN maupun “keamanan industri terkemuka” demi menjaga keamanan pengguna. Berdasarkan Facebook, berikut adalah cara untuk memulai menggunakan layanan ini:

Langkah pertama: Tambahkan kartu debit anda ke aplikasi Messenger. Jika anda menggunakan Android, tekan ikon profil, kemudian gulir ke bawah dan ketuk Pembayaran. Jika anda pengguna iPhone, ketuk Pengaturan kemudian Pembayaran. Ketuk tambahkan kartu debit baru dan selesaikan proses tersebut.

Picture2

Langkah kedua: Buka obrolan dengan seseorang yang ingin anda kirimi uang atau seseorang yang ingin anda mintai uang. Ketuk ikon “more” di toolbar, ikon dengan simbol tiga titik di dalam persegi panjang.

Picture3

Langkah ketiga: Ketuk Pembayaran, kemudian Next atau Lanjut untuk melewati layar info. Secara default anda akan berada di layar Pembayaran; masukkan sejumlah uang yang ingin anda bayarkan ke orang tersebut (yang ada di obrolan) dan berikan keterangan untuk apa anda mengirim uang tersebut. Kemudian ketuk Bayar, dan selesai!

Picture4

Langkah keempat: Jika anda sebaliknya ingin menagih uang ke seseorang, ketuk Permintaan di bagian atas layar, masukkan jumlah uangnya dan keterangan, kemudian tekan tombol permintaan untuk menyelesaikan proses.

facebook-messenger-money-request

Baik mengirim maupun meminta uang, transaksi akan muncul dengan bentuk chat bubble di dalam percakapan Messenger. Dari sini penerima pesan bisa menerima atau menolak dengan mengetuk chat bubble tersebut.

Dan begitulah, dengan asumsi anda dan teman anda sama-sama tahu bagaimana cara menggunakan kartu debit, ini adalah cara yang sangat gampang untuk bertransaksi secara elektronik. Yang sangat menarik layanan ini adalah gratis.

Sayangnya semua itu hanya berlaku untuk kartu debit Visa dan Mastercard yang dikeluarkan di Amerika Serikat. Di indonesia Facebook Messenger belum bisa digunakan untuk berkirim dan menerima uang. Namun tidak dipungkiri di masa depan Messenger bisa berperan sebagai media e-commerce yang akan menggantikan transaksi konvensional.

Dukung transaksi e-commerce lewat Facebook Messenger dengan menggunakan gadget-gadget terbaru yang memiliki sistem dan aplikasi terupdate. Ingin mengetahui Smartphone terbaru saat ini dan fiturnya? Anda bisa melihat produknya di website resmi KliknKlik.com pada laman KliknKlik/Smartphone.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

83 − 82 =