[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Computer Gadget PC Desktop PC Tablet laptop smartphone

Kecanduan Smartphone bisa ‘Lumpuhkan’ Memori Otak Manusia

Ery Herdian 10/10/2015
Share

Para peneliti telah memperingatkan bahwa kita akan semakin melupakan informasi yang dengan mudah bisa kita dapatkan dari ponsel kita, seperti nomor-nomor penting dari keluarga kita, alamat seseorang atau bahkan tanggal-tanggal penting. Para ilmuwan mengatakan, Digital Amnesia adalah hasil dari adaptasi otak kita dimana informasi bisa dengan mudah kita dapatkan karena handphone dan internet selalu tersedia dan mudah diakses.

Perusahaan keamanan Kaspersky Lab mengatakan ‘Perangkat yang terhubung memang membantu kehidupan kita sehari-hari, namun mereka juga mengakibatkan munculnya Digital Amnesia di otak kita.’

‘Sebagai konsumen, penting bagi kita semua untuk memahami implikasi jangka panjang dari efek ini, dan mengapa kita perlu rajin-rajin mengingat informasi dan melindungi kenangan maupun ingatan kita yang berharga.

Kaspersky Lap melakukan penilitian terhadap 1.000 konsumen di Amerika yang terdiri dari umur 16 tahun ke atas dan menemukan tanda-tanda Digital Amnesia terdapat di semua golongan umur dan setara baik pria maupun wanita.

Survey tersebut menghasilkan bahwa 91 persen konsumen mengakui ketergantungan mereka pada internet dan smartphone sebagai alat untuk menyimpan informasi atau mengambil informasi dan menjadi semacam memori tambahan dari otak mereka.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa ketidakmampuan kita menyimpan informasi penting adalah karena faktanya kita menyerahkan tanggung jawab untuk mengingat kepada sebuah perangkat digital.

Hampir setengah (44%) dari peserta survei mengatakan bahwa smartphone mereka menyimpan hampir segala sesuatu yang perlu mereka tahu atau ingat kembali.

Tidak mengherankan bahwa penelitian yang dilakukan oleh Kaspersky Lab ini juga menemukan bahwa kerugian atau kompromi dari data yang tersimpan pada perangkat digital dan smarphone pada khususnya, akan membuat banyak pengguna kewalahan.

Lebih dari setengah (51%) responden perempuan dan jumlah yang hampir sama untuk pengguna usia 25 sampai 34 tahun (49%) akan kewalahan dengan kesedihan yang melanda karena mereka memiliki kenangan yang tersimpan pada perangkat mereka yang mereka percayai kenangan itu tidak akan kembali saat perangkat tersebut rusak atau hilang. Seperempat dari responden wanita dan 35% responden anak muda (16-24) akan panik: perangkat mereka adalah satu-satunya tempat mereka menyimpan gambar dan informasi kontak.

Para ahli mengatakan masalah ini disebabkan oleh otak kita yang beradaptasi dengan internet.”lupa menjadi kebiasan yang dianggap wajar” Kata Dr. Kathryn Mills, UCL Institute of Neuroscience Cognitive, London.

‘Kita adalah makhluk yang beradaptasi dengan baik, dan kita tidak perlu mengingat sesuatu jika hal itu tidak menguntungkan bagi kita.’

‘Melupakan, menjadi hal yang tidak membantu saat dihadapkan dengan masalah dimana kita kehilangan informasi yang kita butuhkan untuk kita ingat.’

‘Salah satu alasan kenapa konsumen kurang begitu khawatir tentang ingatan mereka adalah karena mereka telah mempercayai perangkat yang mereka miliki’

‘Dalam kehidupan banyak masyarakat, memiliki akses internet seperti sama pentingya dengan memiliki akses ke listrik atau air.’

Kaspersky adalah perusahaan pembuat perangkat lunak keamanan yang berguna untuk mengamankan data-data penting anda dari serangan hacker, virus, malware maupun trojan. Agar terhindar dari serangan hacker yang bisa saja mengunci perangkat atau merusak data-data penting anda, anda bisa berbelanja berbagai produk antivirus maupun internet security dari KliknKlik pada link berikut ini: KliknKlik.com/Kaspersky

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 4 =