[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Kamera Tips & Trick

Kamera Murah Tidak Selalu Mudah Rusak, Lalu Apa Yang Salah?

Content Writer 03/11/2017
Share

Mencari kamera murah dan berkualiats sangat mudah sekarang dan tersebar di beberapa toko kamera online maupun offline. Tentu saja harga terjangkau sangat menggiurkan untuk para pecinta fotografi. Meskipun begitu, jika sudah menjadi hobi, tidak masalah dengan harga yang ditawarkan. Tetapi jika anda  masih pemula, belajarlah terlebih dahulu untuk pengoperasian setiap pengaturan dan fiturnya.

Penyebab Kamera Mudah Rusak

Karena zaman milenial seperti ini, terkadang para pemula hanya untuk bergaya saja dalam menggunakan kamera sehingga bukannya untuk belajar bagaimana cara mengoperasikannya, tetapi malah membuat kesalahan yang sangat fatal dan akhirnya kamera pun menjadi rusak. Berikut beberapa kesalah para pemula yang menjadikan kamera cepat rusak.

  • Pengaturan kamera

Faktor pengaturan kamera merupakan kesalahan yang sering dijumpai oleh para pemula. Mau itu mahal atau murahnya sebuah kamera, jika pengaturan pada kamera diubah-ubah secara sembarangan atau asal-asalan akan mengakibatkan hasil dari jepretan itu sndiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa sangat asik bila sedang bereksperimen memakai mode atau fitur yang ada pada kamera baru anda. Tapi jika tidak dengan pengetahuan yang lebih dalam pengaturannya, bukan tidak mungkin hasil jepretannya akan menjadi aneh.

  • Selalu reset kamera

Ini adalah hal lucu yabg terjadi jika para pemegang kamera pemula kebingungan dengan pengaturan kamera yang dilakukannya. Terkadang para pemula memilih jalan pintas dengan me-reset kameranya sedniri ke engaturan dasar. Namun hal yang kurang di perhatikan adalah jika melakukan reset pada kamera berulang kali maka pengaturan lensa serta flash juga akan ikit berpengaruh.

  • Atur mode meteran

Ini pun harus diperhatikan dengan baik dan jangan dengan asal merubah metera. Terkadang pemula selalu mengubah pengaturan meteran karena pencahayaan kurang ataupun berlebihan. Seharusnya aturlah dahulu sebelum memotret agar tidak berulang melakukan perubahan pada mode meteran

  • Sering bongkar pasang lensa

Bongkar pasang sebuah kamera memang sudah hal yang lumrah dalam fotografi. Biasanya dalam mengganti lensa itu untuk mengambil objek khusus yang diharuskan juga memakai lensa khusus. Dan memang para fotografi pemula ataupun profesional sering eksperimen untuk mendpatkan hasil foto yang baik dengan cara bingkar pasang lensa. Namun terkadang ini pun harus dihindari. Mengapa? Karena jika terlalu sering membongkar pasang lensa pada kamera anda, maka sensor akan gamoang terkena kotoran dan debu. Hal ini akan berdampak pada hasil jepretan anda yang kurang bersih dan buram.

Itulah menurut saya yang beberapa hal dapat merusak kamera anda cepat atau lambat. Mau itu kamera murah atau mahal, anda harus yakin dan banyak belajar tentang pengaturan yang ada pada kamera baru anda. Jangan terjadi kesalahan fatal yang akan membuat anda menjadi menyesal dikemudain hari.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − = 9