[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Review Geek Corner Photography Photography Lovers

Kamera Canon EOS M3: Keseriusan Canon Menggarap Pasar Mirrorless

Ryo Wibowo 27/12/2016
Share

Siapa yang tidak kenal dengan Canon, perusahaan brand kamera legendaris asal jepang yang didirikan di tahun 1933 ini telah meluncurkan beberapa produk kamera berjenis mirrorless. Canon telah menghabiskan waktu hampir lebih dari 5 tahun untuk riset mengenai mirrorles dan dalam rentang waktu tersebut sudah mengeluarkan beberapa model EOS M Series, namun keseriusan Canon untuk menggeluti market mirroless baru terlihat saat hadirnya EOS M3.

Cukup banyak yang berpendapat bahwa kamera Canon EOS M generasi awal fitur autofokus-nya sangat lambat berikut fitur yang dimilikinya dapat dibilang sangat basic. Kehadiran kamera Canon generasi kedua terlihat sedikit lebih baik tetapi tidak terlalu menonjol apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya , yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Reveiw Kamera Canon Eos M3

Source Image : Jessica Lee Star/Digital Trends

Desain Dan Body Kamera Canon EOS M3

EOS M3 sangat tepat bagi anda yang mencari kamera DSLR berukuran kecil, ukurannya yang tidak sebesar kamera DSLR lain membuat EOS M3 merupakan kamera yang tepat untuk anda bawa saat berlibur. Untuk body kamera EOS M3 termasuk kedalam kamera DSLR yang nyaman digenggam, Memiliki grip yang dirancang khusus agar anda tetap nyaman saat akan mengambil gambar meskipun kamera EOS M3 berukuran kecil.

EOS M3 Canon menampilkan lebih banyak tombol control pada kameranya, sehingga membuat lebih mudah dalam pengoperasian dan pengaturannya. Seperti kita dapat dengan mudah mengatur Shutter Speed dan ISO karena posisi tombol kontrolnya yang dirancang berdekatan dengan posisi grip kamera. Selain itu untuk tombol merekam video dan playback video sengeja diletakan berdekatan, sehingga pengguna kamera ini menjadi lebih nyaman saat akan mengambil gambar video.

Fitur Dan Spesifikasi Dari Kamera Canon EOS M3

Powershot merupakan fitur yang dirancang khusus untuk kamera jajaran prosumer grades yang juga disematkan pada EOS M3. Dengan adanya fitur Powershot yang memiliki software gratis ( disediakan oleh Canon), anda dapat mengatur program fitur hingga menambah fitur pada kamera anda.

Pada sensornya, kamera ini menggunakan Hybrid CMOS AF III 24.2 Megapixel yang diklaim 6 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk LCD , Canon memberikan layar sentuh berukuran 3 inci ( 1.04 juta dots ) dan memiliki aspek rasio 3:2. Namun perbedaan dengan kamera DSLR EOS pada umumnya adalah EOS M menggunakan EF-M mount lens.

Fitur lainnya pada kamera ini adalah memiliki Wifi  dan self timer yang dapat anda atur ke 2 second self timer hingga 10 detik self timer lengkap dengan remote control. Untuk ISO kamera ini memiliki ISO Sensitivity Manually set ISO 100 – 12800, ISO expansion to “H” (equivalent to ISO 25600).

Baterai, Dimensi Dan Berat Kamera

Namun meskipun kamera EOS M3 memiliki berat yang ringan dan dimensi yang tidak terlalu besar. Kamera ini memiliki dimensi 110.9mm x 68mm x 44.4mm dengan berat sekitar 366 gram. Apabila anda pasang DSLR Lens tambahan kamera ini akan menjadi sedikit berat dan tidak seimbang. DSLR lens berukuran 22mm adalah lens yang cukup tepat untuk kamera EOS M3.

Sedangkan untuk baterai yang digunakan pada kamera EOS M3 adalah baterai 1040 mAh rechargeable lithium-ion.

Review Kamera Canon Eos M3

Source Image : Daven Mathies/Digital Trends

 

Saingan Dari Kamera Canon EOS

Apabila kita mencari saingan dari EOS M3 dari brand kamera lain, dapat dibilang cukup sulit. Salah satu saingan yang terdekat adalah Fujifilm X-A2 , Olympus E-M10 II dan Sony a6000. Terutama untuk Fuji Film X-A2 yang hampir menyerupai EOS M3, namun memiliki built-in EVF dan layar yang dapat diputar 180 derajat. Salah satu kelebihan dari EOS M3 adalah memiliki cukup banyak tombol untuk pengaturan sehingga lebih cocok apabila anda seorang pemula yang ingin belajar DSLR.

Kesimpulan

Kamera EOS M3 merupakan salah satu produk terbaik yang ditawarkan oleh Canon, meskipun produk kamera ini dibayang-bayangi oleh kamera setipe yang lebih advance yaitu EOS M5. Namun M5 memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan M3 (M5 sering disebut dengan “kembaran 80D”).

EOS M3 memang belum sesempurna EOS M5 namun dari hal harga , ukuran, kualitas dan kemudahan dalam pengoperasian, kamera EOS M3 ini layak untuk anda beli apalagi bila anda merupakan seorang pemula di dalam dunia fotografi.

Bagaimana pendapat anda mengenai kamera Canon EOS M3 ini ? apakah layak untuk anda miliki atau lebih memilih kamera canon tipe atau brand lain ? anda bisa share pendapat anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Tags:
Ryo Wibowo

A blogger enthusiast in the morning and rock n roll guitarist at night . Feel free to connect with him on Twitter @ryowbw

    1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 30 = 33