[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Tips & Trick

Instagram, Kini Ada Fitur Bertema Ramadhan

Vito Silalahi 07/05/2019
Share

Instagram bertema Ramadhan, dalam menyambut bulan suci umat islam, kini ada fitur baru spesial ramadan di Stories IG dan GIF loh. Fasilitas tersebut baru pertama kali diluncurkan oleh pihak Instagram, mengingat banyak negara didunia adalah pemeluk agama Islam, termasuk Indonesia.

Filter bertema ramadhan bisa digunakan oleh semua pengguna di seluruh dunia. Hanya saja terdapat limit pemakaian fitur tersebut, rencananya hanya bisa dipakai mulai 5 Mei hingga 5 Juni 2019. Ini artinya sama dengan bulan puasa yang kita jalani selama sebulan penuh.

Lalu bagaimana caranya agar kamu tahu fitur tersebut bisa dipakai? Yuk kita bahas selengkapnya lewat artikel dibawah ini.

Instagram Bertema Ramadhan

Fitur Stories dan GIF Bertema Ramadhan

Begini Caranya

Pihak pengembang tahu, kalau banyak orang Indonesia memakai Instagram dalam mengabadikan momen selama bulan puasa. Untuk yang ingin lebih eksis, fitur tersebut pula diluncurkan untuk semakin memudahkan pengguna ketika mengunggah fotonya lewat stories maupun GIF spesial ramadhan.

Pertama buka kamera Instagram Stories. Klik ikon filter face kemudian pilih filter “Lantern”. Lalu tahan tombol kamera untuk merekam video. Setelah itu kamu bisa mengubah atau menambahkan desain bingkai foto yang berada di tengah layar.

Baca Juga : Cara bikin Instagram stories lewat aplikasi

GIF Bertema Ramadhan

GIF dalam arti ini disini adalah, satu gambar dipenuhi oleh banyak gambar yang di-take berulang dengan gerakan yang dinamis. Layaknya sebuah animasi bergerak, GIF bisa kamu pakai sebagai bahan untuk pasang di profil,unggahan foto, maupun bahan candaan bersama teman. Di internet terdapat banyak tools untuk membuat GIF secara kreatif namun sederhana.

GIF Instagram Ramadhan

Hasil kolaborasi dari beberapa content creator, seperti thepopop,wastanahaikal,bulletos,dindaps, dan byputy. Semakin memeriahkan kita dalam menyambut bulan ramadhan yang dikreasikan dalam sebuah GIF. Tema dan topik yang diangkat pun bervariasi :

  • Sabar
  • Buka!
  • Sahur-Sahur
  • Eid Mubarak
  • Mohon Maaf Lahir & Batin

Baca Juga : Instagram hadirkan fitur belanja di aplikasinya

Lalu bagaimana cara kamu menggunakan GIF spesial ini? Bisa dicoba dengan mengetik “Ramadhan Instagram” dalam pencarian GIF instagram. Setelah itu baru muncul GIF seperti kata khas edisi ramadhan, hingga edisi lebaran seperti “Eid” Mubarak” dan “Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

Hashtags #Ramadhan Melambung tinggiHashtags Ramadhan

Sejak sehari sebelum hari pertama, #ramadhan mulai dikacaukan pengguna instagram maupun twitter. Dimulai dari banyak orang menunggu sidang Isbat yang diadakan oleh Kementrian Agama. Sejak sesudah ketuk palu, mulai menyebar dan banyak orang memakai hastag edisi ramadhan tersebut.

Mengingat loncakan tinggi penggunaan hashtag, pihak Instagram meluncurkan fitur bertemakan ramadhan tersebut. Lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories. Tagar terkait ramadhan dan Lebaran pun mulai menyerbak dikalangan pengguna, dengan yang paling populer didominasi oleh :

  • #Bukber
  • #Bajukoko
  • #Gamissyari
  • #Bajulebaran
  • #Ramadhan

Baca Juga : Tips meningkatkan branding Instagram

Patut dicoba filter instagram ini, mengingat hanya bisa dipakai selama sebulan saja. Sayang banget kan sudah ada fasilitas-nya tetapi tidak kita pakai. Dan ingat di bulan ramadhan ini kita harus mulai mengurangi pemakaian instagram khususnya gadget kita, mulai membaca al-quran dan mulai menjalani ibadah sunah lain. Karena pahala yang kita dapat saat bulan ramadhan bisa berlipat ganda lhoo, dibanding bulan lainnya.

Semoga bermanfaat, bagi yang belum tahu fitur ini selamat mencoba, untuk yang sudah yuk kita berbagi informasi in. Dan Selamat menjalankan ibadah berpuasa bagi kamu yang menjalankan 🙂

 

Sebelum meninggalkan tempat, Kita Mampir dulu yuk ke Ramadhan Sale 🙂

Tags:
Vito Silalahi

Movie And Technology Freaker. ENFP Personalities.

    1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 7 =