[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Gadget Review smartphone

Google Pixel Review: Smartphone Android Terbaik Saat Ini

Content Writer 20/12/2016
Share

google pixel

Ini adalah ponsel pertama Google setelah tidak lagi menggunakan nama Nexus. Seperti yang kita tahu, selama menggunakan brand Nexus Google tidak pernah benar-benar memproduksi sendiri perangkat mereka. Google bekerja sama dengan pabrikan seperti LG, Huawei dan Samsung untuk membuat perangkat Nexus. Hasilnya, memang tidak begitu memuaskan. Nexus tidak bertahan dipersaingan Smartphone, meski dengan harga yang relatif murah.

Tahun ini Google membuat lompatan besar dengan meninggalkan nama Nexus dan lebih mandiri dengan tidak menggunakan merek lain untuk perangkat ini. Meski sejatinya smartphone ini dibuat oleh HTC, tapi didesign penuh oleh Google. Smartphone ini mereka beri nama Google Pixel, dan jika diperhatikan hanya terdapat satu logo brand pada perangkat tersebut yaitu logo Google.

google-pixel-1_v3

Terdapat dua jenis smartphone Pixel: versi ukuran layar 5-inch dan versi yang lebih besar 5.5-Inch yang disebut dengan Pixel XL. Keduanya tidak begitu memiliki perbedaan signifikan kecuali pada ukuran, daya tahan battery, resolusi layar, dan tentu saja harga.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Nexus, memang terdapat perbadaan pada harga. Nexus relative tidak terlalu mahal. Tapi Pixel memang berbeda, Google mendesign smartphone ini untuk bersaing dengan smartphone papan atas saat ini, tak heran jika harganya menyamai iPhone 7 dan Galaxy S7.

Google Pixel tidak waterproof yang mana ini sangat disayangkan. Dengan harga yang relatif sama dengan smartphone papan atas yang kebanyakan tahan terhadap air, Google justru tidak begitu fokus pada hal ini.

Untuk storage, terdapat dua pilihan yaitu 32GB dan 128GB tanpa ada slot untuk tambahan MicroSD. Pixel menggunakan USB-C untuk proses charging yang lebih cepat, juga hanya terdapat satu speaker dibagian bawah yang cukup baik dalam kualitas suara. Dan juga, yang tidak dimiliki iPhone 7, terdapat headphone jack dibagian atas.

google-pixel-charger

Daya tahan battery juga tidak begitu mengecewakan, Pixel dibekali dengan kapasitas battery sebesar 2770 mAh. Sedangkan untuk Pixels XL, kapasitasnya jauh lebih besar yaitu 3450 mAh. Tentu saja, semakin berat kerja smartphone, semakin banyak daya yang dikonsumsi, dan semakin cepat battery berkurang. Ini adalah hal umum dari setiap smartphone, tapi untuk urusan penggunaan battery, beberapa sumber menyebutkan Google Pixels lebih baik dari iPhone 7.

Sedangkan urusan spesifikasi, Pixel sangat luar biasa, sepadan dengan harganya. Pixel memiliki processor Qualcomm Snapdragon 821, 4 GB RAM, dan AMOLED 1080p display dengan kualitas dan ketajaman warna yang luar biasa. Pixel juga memiliki Fingerprint scanner yang diletakan pada bagian belakang. Keseluruhan body terbuat dari paduan antara logam yang solid dan kaca.

Dari segi tampilan, Google Pixel tidak memberikan begitu banyak keindahan dalam bentuk. Pixel terkesan mirip dengan iPhone 7, dengan design minimalis dengan tiga jenis pilihan warna: Silver, hitam, dan biru.

google-pixel-warna

Dalam hal camera, Pixel memiliki 8MP camera depan dan 12.4 megapixels dengan sebuah f2.0 lensa untuk camera belakang. Memiliki dua mode fokus, dan dua tone flash, sayangnya tidak memiliki image stabilization. Google Product VP Brian Rakowski mengklaim “Ini adalah camera terbaik yang ada saat ini”.

Tapi yang paling penting adalah saat ini google memiliki solusi untuk masalah terbesar yang dimiliki kebanyakan Android Camera: kecepatan. Camera App pada pixel bisa dibuka dengan cepat dan mengambil gambar dengan cepat pula. Camera menggunaka HDR+ sebagai mode default yang mana menghasilkan foto dengan kualitas yang “katanya” mengalahkan iPhone 7 dan Galaxy S7.

Performa pada foto juga terbawa pada video. Pixel dapat mengambil gambar dengan resolusi 4K, namun dilengkapi dengan sabilization berbasis software. Video yang dihasilkan sangat smooth dengan kualitas gambar yang mendekati nyata.

Smartphone ini membawa android Nougat versi 7.1, dengan beberapa spesifik fitur dari Google Pixels dan juga menggunakan Pixel Launcher.

google-pixel-video

Ini adalah produk smartphone pertama dari Google, kesan pertama amatlah menjanjikan meski pada beberapa bagian masih membutuhkan peningkatan. Tapi secara keseluruah cukup memuaskan dengan harga yang cukup premium, Pixels memberikan pengalaman premium dalam menggunakan smartphone. Dari setiap sudut dan sisi memberikan kelebihannya masing-masing

Beberapa sumber menyebutkan, Google Pixel lebih baik daripada Galaxy S7. Dari beberapa sisi Galaxy S7 memang lebih baik, tahan air, design yang lebih menarik, dan memiliki slot MicroSD yang mana tidak dimiliki oleh Pixel. Tapi dari sisi performa Google Pixel adalah Smartphone Android terbaik yang ada dipasaran saat ini.

Setelah sekian tahun yang mengecewakan dengan Nexus, google akhirnya berhasil keluar dengan membawa sebuah produk smartphone terbaik yang mampu bersaing dipasar Smartphone yang keras. Pertanyaan yang muncul kemudian, mampukan google bertahan dimasa depan?

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

29 − = 24