[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Gadget News smartphone

Ditemukan Selfmite.b, Virus Berbahaya Yang Akan Menguras Pulsa Anda

Ery Herdian 14/10/2014
Share

Kembali muncul sebuah virus digital baru berjenis Worm yang mengancam berbagai perangkat Mobile terutama perangkat Smartphone. Virus ini menyerang kelemahan yang dimiliki oleh sistem operasi yang digunakan oleh perangkat tersebut. Jike perangkat anda telah terinfeksi virus worm ini maka perangkat anda dapat mengirim sms berisi tautan berbahaya ke nomor kontak yang terdapat di daftar kontak perangkat anda secara otomatis. Virus berjenis worm ini diberi nama Selfmite.b, virus ini diklaim sebagai suksesor virus Selfmite.a yang dulu sempat muncul dalam bentuk file APK Android.

worm

Virus Selfmite.b ini memang memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat dibanding Selfmite.a. Selfmite.b ini bisa mengirim sms ke seluruh kontak secara otomatis dan tidak diketahui oleh penggunanya, sedangkan Selfmite.a hanya bisa mengirimkan sms ke 20 kontak saja.  secara otomatis mengirimkan URL yang telah diperpendek dengan tujuan apabila URL tersebut di klik maka pengguna akan secara otomatis menginstal app store pihak ketiga. Beruntung pihak keamanan dapat secara cepat mengatasi menyebarnya virus ini pada waktu itu.

Sedangkan Selfmite.b ini dinilai bekerja lebih berbahaya karena mengirimkan tautan ke sebuah situs yang dilakukan berulang – ulang hingga terus menguras pulsa pengguna hingga habis. Virus ini pun tidak hanya mencam pengguna perangkat berbasis Android saja, akan tetapi para pengguna berbasis iOS pun bisa saja terjangkit virus ini. Worm Selfmite.b ini tidak akan melihat perangkat berbasis apa itu, sms berisi URL berbahaya tersebut akan dikirimkan secara terus menerus.

Menurut seorang analis dari AdaptiveMobile, Denis Maslennikov virus Selfmite.b ini telah mengirimkan sekitar 150.000 pesan dalam jangka waktu 10 hari dari 100 perangkat berbeda. Jumlah ini 100 kali lebih banyak dibandingkan dengan dampak yang dihasilkan oleh Selfmite.a.

Hingga saat ini Selfmite.b telah ditemukan di beberapa negara yang diantara lainnya adalah Kanada, Tiongkok, Ghana, Kosta Rika, India, Irak, Jamaika, Meksiko, Maroko, Puerto Rico, Rusia, Sudan, Siria, Amerika Serikat, Venezuela dan juga Vietnam. Sebagai tindakan pencegahan yang paling sederhana adalah dengan selalu mengunduh file APK dari sumber yang terpercaya dan resmi seperi App Store dan Google Play Store.

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya dapat anda lihat di Website dan Blog resmi Kliknklik.com, atau anda juga bisa langsung mengunjungi link berikut ini : http://kliknklik.com/

Follow me at Google+

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 + = 40