[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Gadget News smartphone

Cara Mengontrol Izin Aplikasi di Smartphone Xiaomi

Agni Kusumah 14/09/2019
Share

Ketika mengunduh aplikasi, biasanya aplikasi tersebut membutuhkan fitur yang ada di smartphone-mu, mulai dari mengakses kontak, GPS, SMS, Bluetooth, konektivitas Wi-Fi, mikrofon, kamera, dan e-mail. Namun, hal ini harus menjadi perhatian para pengguna ponsel Android, karena ada beberapa aplikasi yang meminta izin terlebih dahulu untuk mengaksesnya dan ada juga yang tidak, secara otomatis aplikasi dapat mengakses data di ponsel.

Sebenarnya, izin yang diberikan ke pengembang aplikasi ini rawan dan menjadi ancaman, apalagi jika aplikasinya tidak jelas dan pengembang aplikasi tersebut “nakal” atau berniat jahat. Tanpa disadari, akses yang diberikan bisa dimanfaatkan untuk pencurian data privasi pemilik ponsel bahkan penyadapan ilegal.

Untuk mengantisipasi hal di atas, jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi dengan MIUI 10, kamu bisa mengetahui fitur apa saja yang digunakan di aplikasi tersebut. Dengan smartphone ini, kamu juga bisa membatasi atau menolak aplikasi tersebut. Bagaimana caranya? Yuk simak cara mengontrol izin aplikasi di smartphone Xiaomi di bawah ini!

  • Buka Setelan atau Settings

Cara Mengontrol Izin Aplikasi

  • Lalu pilih Perizinan atau Permissions

Cara Mengontrol Izin Aplikasi

  • Pada menu Perizinan atau Permissions, pilih kategori perizinan apa yang ingin diubah.

Cara Mengontrol Izin Aplikasi

  • Misalnya, ingin mengubah perizinan kontak, selanjutnya pilih aplikasi apa yang diberikan perizinan dan yang tidak diberikan perizinan untuk akses Contacts atau Kontakmu.

aplikasi xiaomi

Itu adalah cara mengontrol izin aplikasi di smartphone Xiaomi. Sebagai info tambahan, pada menu Xiaomi, terdapat kolom “Untuk Apa Fitur ini ?” kolom ini untuk memberi informasi apa saja yang dilakukan suatu aplikasi dengan fiturnya. Misalnya pada aplikasi WhatApps, kamu bisa melihat fitur yang dibutuhkan seperti SMS, E-mail, Kamera, Video, dll. 

Meskipun di Google Play biasanya terpampang persyaratan dan kondisi yang disepakati sebelum mengunduh suatu aplikasi, terkadang pengguna Android tidak membacanya. Oleh karena itu, fitur ini bisa digunakan untuk meninjau kembali perizinan suatu aplikasi, baik bagi aplikasi yang diunduh lewat Google Play dan aplikasi dari pihak ketiga selain Google Play, yang tentu saja lebih beresiko dalam penyalahgunaan perizinan aplikasi. 

Semoga info ini bermanfaat. Klik di bawah ini untuk mendapatkan update info smartphone dan gadget terbaru dan daftar segera KliknKlik untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − = 72