[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Gadget News Tips & Trick

Cara Mengatasi Handphone Android Mati Total 

Content Writer 22/08/2019
Share

Pernah mengalami handphone android mati total tiba-tiba? Di-charge tetapi layar tetap mati? Padahal tidak jatuh atau terkena air. Trik ini bisa dicoba sendiri di rumahmu.

  1. Cek Handphone

Pertama, cek mesin handphone-nya, apakah masih bisa menyala? Caranya, buka bagian belakang handphone lalu lepaskan baterainya. Pada handphone, cek konektor untuk baterai, apakah ada korosi (seperti bekas terbakar) atau tidak? Jika tidak ada korosi, tempelkan konektor tersebut ke power supply. Jika jarum di power supply bergerak, berarti handphone masih bisa respon, mesin masih dalam kondisi baik. 

Handphone Android Mati Total

Jika tidak memiliki power supply, bisa menggunakan lampu kecil LED 3.7 volt. Caranya, buka bagian belakang, lepaskan baterainya, lalu cas handphone menggunakan charger. Pada konektor tersebut tempelkan dengan lampu kecil LED, apabila lampu menyala berarti output dari handphone ke baterai masih berfungsi dan handphone dalam kondisi baik. 

Bagamaina jika baterai handphone-mu tertanam bersama body-nya? Cukup dengan menekan power bersama volume up atau volume down. Setelah itu cek plug-in untuk charge handphone-mu, bersihkan dengan hati-hati dan coba charge kembali. Terkadang handphone tidak terisi baterai dikarenakan kebiasaan menyimpan handphone di saku atau tempat lain yang tidak bersih sehingga masuk kotoran ke plug-in.

    2. Cek Baterai

Biasanya handphone android mati total tiba-tiba tanpa terjatuh atau terkena air sumber kerusakannya ada di baterai. Bisa dicek ke alat desktop LCD untuk menganalisa baterai. Apabila kondisi masih baik, maka muncul gambar pada alat desktop LCD bahwa baterai terisi. Jika di alat desktop LCD tidak muncul gambar atau kosong maka artinya baterainya mati suri.

Untuk memastikan lebih detail lagi, menggunakan alat multitester digital untuk mengetahui tegangan di baterainya. Jika nilai tegangannya tidak ada berarti baterainya mati suri. 

Handphone Android Mati Total

Biasanya baterai yang berkualitas baik di protektornya terdapat IC control untuk memproteksi terhadap arus pendek, sehingga ketika mendapat kejutan listrik, baterai langsung mati suri. Jika kualitas baterai tidak bagus, tidak ada sistem pengontrol seperti itu. Untuk menghidupkan kembali baterai yang sedang mati suri ini yaitu dengan cara dikejutkan dengan tegangan 12 volt menggunakan power supply. Setelah baterai dikejutkan dengan tegangan 12 volt, baru dipastikan lagi ke alat multitester digital untuk mengetahui tegangannya. Bila kemudian muncul nilai tegangannya, maka baterai mulai bisa hidup meskipun tegangannya kurang dari 3.7 volt. 

Kemudian, kembali cek ke alat desktop LCD, akan muncul gambar di layar meskipun samar. Lalu lakukan pengisian baterai lagi melalui alat desktop LCD yang disambungkan ke power supply. Jika gambar semakin jelas di alat desktop LCD, ini menandakan baterai mulai hidup dan bisa terisi. Bisa juga pengisian langsung dengan charger, maka di layar mulai muncul tanda baterai mengisi dan handphone bisa nyala kembali.

Handphone Android Mati Total

Handphone android jarang mati karena rusak di mesin kecuali terjatuh dan terkena air. Biasanya, memang bermasalah di baterai. Semakin bagus tipe handphone-nya biasanya semakin baik kualitas baterainya. Baterai yang memiliki protektor memang mudah mati suri bila terkena arus pendek dan kemudian handphone android mati total. Ini untuk mencegah baterai panas terbakar atau meledak ketika terkena arus pendek.

Semoga tips ini bermanfaat ya ! Selamat mencoba !

Klik di sini untuk mendapatkan update info smartphone dan gadget terbaru dan daftar segera KliknKlik untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − 39 =