LOADING

Type to search

Tips & Trick smartphone

Cara Download Video Youtube Di Android : Bahasan Terlengkap

Ryo Wibowo 13/05/2016
Share

Cara download video youtube di android merupakan salah satu tips yang paling banyak dicari oleh pengguna smartphone. Berbanding lurus dengan semakin tingginya pengguna smartphone di indonesia , terutama untuk smartphone yang berbasis sistem operasi android.

Hal tersebut menjadi pemicu semakin seringnya interaksi para pengguna smartphone dengan layanan konten video, seperti streaming atau bahkan melakukan download video Youtube di android.

Selain itu didukung dengan semakin cepatnya koneksi internet membuat aktivitas streaming dan download video menjadi semakin mudah dan membuat banyak orang yang mencari cara tercepat bagaimana melakukan download video youtube lewat smartphone miliknya.

Saat pertama kali saya melakukan download video dari Youtube sebenarnya menimbulkan pertanyaan yang mengundang penasaran, seperti apakah aktivitas tersebut legal? dan bagaimana cara termudah untuk download video via smartphone milik saya ?

Mengenai masalah legalitas , mengingat terdapat term of service dari Youtube “You shall not download any Content unless you see a ‘download’ or similar link displayed by YouTube on the Service for that Content”. Namun selama kita melakukan download video dari youtube yang ditujukan untuk keperluan personal ( bukan komersial) saya rasa hal tersebut sah-sah saja.

Lalu bagaimana cara termudah untuk download video youtube via smartphone android ? berikut merupakan beberapa cara agar anda dapat melakukan hal tersebut.

Cara Download Video Youtube Di Android

Berbicara mengenai cara download youtube di android , terdapat cukup banyak aplikasi yang dapat membantu anda melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur save online video yang ada di aplikasi Youtube android bawaan dari Google.

 

cara download video youtube di android

 

Screenshoot diatas merupakan screenshoot dari aplikasi youtube di smartphone android yang saya ambil saat membuka video review produk kliknklik.

Dapat anda lihat pada bagian bawah judul sebelah kanan , terdapat ikon tombol tanda panah ke bawah. Dengan klik tombol tersebut anda dapat mendownload video youtube dan melihat secara offline tanpa harus tersambung ke internet, karena video yang anda download secara langsung tersimpan di storage smartphone anda.

Namun tidak semua video di Youtube yang memiliki tombol download seperti itu. Kebanyakan untuk video-video yang memiliki copyright/hak cipta, oleh uploader videonya tidak diperkenankan untuk di download (anda akan menemukan ikon download tersebut tidak dapat di klik ).

 

Download Video Youtube Menggunakan Tubemate

Alternatif lain cara download video youtube di android adalah dengan menggunakan aplikasi tubemate dari tubemate.net. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut dengan klik situs tubemate.net

Secara default smartphone android akan memberikan notifikasi apabila anda mengunduh aplikasi android yang bukan berasal dari google play store, namun hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah selama anda mendapatkan source aplikasi tersebut dari sumber yang terpercaya atau langsung dari situs resmi pembuat aplikasinya.

 

aplikasi untuk download youtube

 

Setelah anda membuka tubemate.net di smartphone,  anda bisa memilih salah satu link yang bisa anda gunakan untuk mendownload tubemate ke smartphone anda. Pada pilihan tersebut saya mencoba menggunakan androidfreeware.net.

 

tubemate download

 

Note: disarankan untuk selalu download aplikasi tubemate hanya lewat situs resminya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone anda.

Setelah klik tombol instal aplikasi akan muncul notifikasi ” This file can harm your device” anda dapat melanjutkan dengan klik tombol “OK”. Setelah klik tombol “OK” aplikasi tubemate akan terunduh dan dapat anda klik untuk melanjutkan proses instalasi aplikasi.

 

instal tubemate untuk download

Setelah melakukan klik tombol “next” — > “instal” –> “open” , maka anda dapat langsung membuka aplikasi tubemate di smartphone android anda.  Setelah tubemate dibuka, anda dapat langsung mencari video youtube yang akan anda download. Proses download dapat dilakukan dengan klik tombol tanda panah hijau yang berada di area atas tubemate.

 

tubemate 1

 

Setelah anda klik tombol download ( yang berwarna hijau), maka akan muncul pilihan resolusi file yang bisa anda download. Kemudian anda dapat klik tombol panah hijau yang terletak di area bawah untuk melanjutkan proses download video dari youtube dan voilaa… anda dapat menonton video kesayangan anda hasil download dari youtube menggunakan tubemate.

 

tubemate 2

Untuk pilihan resolusi , anda bebas untuk memilih mana yang anda sukai. Semakin besar resolusi maka gambar dari video anda akan semakin bagus , namun berdampak kepada ukuran file yang akan semakin membesar.

Perlu anda ketahui Tubemate selain dapat anda gunakan untuk download video dari youtube, juga terdapat beberapa fitur menarik seperti list dibawah ini :

  • Clear cache video : hal ini berguna untuk membuat smartphone anda lebih ringan , setelah melakukan browsing pencarian dan streaming video karena akan menghapus cache yang tersimpan pada smartphone anda.
  • Desktop version : bagi anda yang merasa kurang nyaman dengan tampilan youtube versi mobile, tubemate menyediakan opsi untuk melihat tampilan youtube dalam versi desktop.
  • Video/audio player : Selain berfungsi sebagai aplikasi yang dapat mendownload video di youtube, aplikasi ini juga berfungsi sebagai video maupun audio player.

 

Dibawah ini merupakan video untuk cara install Tubemate di smartphone android  :

Video Youtube Credited : Maurson Tehnology

Aplikasi Download Video Di Android

Sebenarnya selain Tubemate cukup banyak juga aplikasi alternatif yang dapat membantu anda untuk download video di youtube via smartphone android. Berikut merupakan beberapa list aplikasi yang pernah saya gunakan :

 

Wontube

Merupakan aplikasi yang sebenarnya bisa disebut ” Video Google Search ” , hal tersebut diklaim di website developernya. Dengan aplikasi ini anda bisa mencari ribuan video yang bukan hanya dari Youtube saja, tapi juga platform lainnya seperti vimeo dan daily motion.

wontube

Sumber gambar : Alternative.to

Wontube sendiri sebenarnya merupakan in-app browser, yang dapat membantu anda terutama saat koneksi internet dalam kondisi lambat. Navigasinya cukup user friendly , juga terdapat pilihan untuk menentukan resolusi dan ukuran video yang akan anda download.

 

Tubebox

Sama halnya dengan tubemate dan wontube, Tubebox merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk download video. Namun istimewanya aplikasi ini selain dapat digunakan untuk mendownload video juga bisa digunakan untuk converting video.

tubebox

Sumber gambar : Cnet

Misalnya setelah anda download suatu video , dan ternyata videonya tidak dapat dibuka di smartphone. Maka anda dapat mengkonversikan video tersebut menggunakan Tubebox agar format videonya sesuai dengan format video yang bisa anda buka di smartphone anda.

 

Easytubes

Merupakan aplikasi youtube video downloader yang menawarkan fitur yang cukup keren. Begitu pertamakali membuka aplikasi tersebut anda akan diberikan 2 opsi pencarian video, menggunakan beberapa kategori default yang sudah disediakan atau menggunakan box search.

easytube

Sumber gambar : softonic

Selain itu Easytubes juga memberikan pilihan format video saat anda melakukan pencarian , sedangkan pada opsi download anda akan menemukan opsi download dalam format mp3.

Aplikasi Terbaik Download Video Di Android

Memang banyak cara download video youtube di android, namun saya sendiri merekomendasikan Tubemate apabila dilihat dari kemudahan penggunaan dan fitur-fiturnya yang saya rasa cukup lengkap untuk sebuah aplikasi gratis. Namun hal tersebut tentunya kembali kepada anda sebagai user, mana yang lebih nyaman dari sisi user interface maupun dari sisi lainnya. Semoga berguna ….

smartphone tangguh

Tags:
Ryo Wibowo

A blogger enthusiast in the morning and rock n roll guitarist at night . Feel free to connect with him on Twitter @ryowbw

  • 1

You Might also Like

2 Comments

  1. sahabat pelajar 19/05/2016

    makasih infonya

    Reply
  2. tubemate 05/05/2017

    terima kasih untuk berbagi

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − = 38