[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News laptop

CPU AMD 7th Generasi Terbaru Lebih Cepat Dari Core i7

Ery Herdian 01/06/2016
Share

Prosesor AMD memang selalu menjadi alternatif murah meriah untuk prosesor intel, namun baru-baru ini AMD meluncurkan prosesor laptop generasi terbaru yang semakin menutupi kesenjangan kinerja yang selama ini sering terlihat di sektor laptop.

Pada pameran Computex 2016 yang diselenggarakan di Taipei China (01/06/16) AMD mengumumkan prosesor laptop terbarunya generasi ke 7 yang diklaim lebih cepat 56% dari generasi sebelumnya. Dan jika dibandingkan dengan prosesor laptop Intel tercepat saat ini Core i7, AMD lebih cepat 53% di sektor grafis dan 51% di sektor performa komputasi. Pada dasarnya, prosesor ini merupakan prosesor yang sudah ditunggu-tunggu para pecinta AMD selama ini.

Picture1

Seperti biasa yang menjadi masalah utama upgrade prosesor AMD, AMD tetap berfokus untuk menggarap prosesor dengan efisiensi daya yang lebih baik. Perusahaan mengklaim chip FX terbaru mereka saat ini mengkonsumsi daya 12% lebih sedikit daripada generasi sebelumnya dan prosesor A9 terbaru menggunakan 41% daya lebih sedikit saat memutar video offline 1080p.

AMD juga mengatakan proses manufakturing baru mereka menghasilkan chipset yang mampu mencapai titik tercepat. Sebagai contoh chip high-end FX 9830P menawarkan 3GHz clock speed dengan maksimal hingga 3,7GHz clock speed. Sementara itu untuk prosesor low-end E2-9010 tercatat berlari pada 2GHz dengan maksimal 2,2GHz. Chip A9 terbaru juga mengalami peningkatan yang mampu berlari 1,5GHz diatas Core i3-6100U.

AMD berharap bisa menghadirkan performa lebih terutama pada sektor grafis, pada rentang harga yang sama atau bahkan lebih murah daripada kompetitornya untuk jajaran prosesor mid-range atau low-end. Sebagai contoh chip AMD A12 yang umumnya sebanding dengan Core i5-6200U menawarkan performa gaming 31% lebih cepat yang telah diuji oleh 3DMark 11.

Picture2

AMD 7th APU terbagi menjadi dua arsitektur dengan kode nama berbeda. Untuk sektor tercepat yang dijual dengan nama FX, A12 dan A10 menggunakan arsitektur “Bristol Ridge”. Sementara arsitektur yang lebih lambat untuk produk A9, A6 dan E2 mengunakan nama “Stony Ridge”. Kedua arsitektur ini sudah mendukung memori DDR4, namun Bristol Ridge sudah mampu menangani memori dengan kecepatan 2400 MHz dibanding saudaranya Stony Ridge yang mentok untuk memori dengan kecepatan 2133 MHz.

Untuk semua APU yang menggunakan nama A-series mendukung pemrosesan gambar 4K ultra HD baik untuk video dengan format encode H.264 yang selama ini populer maupun untuk format terbaru dan lebih baik H.265 yang belum banyak dipakai di video. Chip ini juga support untuk encode yang dipakai Google VP9 hingga resolusi 1080p.

Picture3
Chip FX dan A12 menggunakan GPU tercepat saat ini Radeon R7. Chip A10 dan A9 menggunakan GPU yang lebih lambat Radeon R5, Chip A6 menggunakan Radeon R4 dan E2 menggunakan Radeon R2.

Prosesor AMD 7th Generasi terbaru terdengar menjanjikan, namun AMD belum bisa membeberkan detail mengenai harga dari chip-chip ini. Kemungkinan cpu ini akan mulai dipasarkan setidaknya tidak sampai tahun depan dengan menggandeng partner-partner industri mereka seperti Dell, HP, ASUS dan Lenovo.

Jika anda tertarik untuk menggunakan laptop dengan prosesor AMD, kunjungi website Kliknklik.com kategori Laptop. Di sana terdapat banyak pilihan laptop dengan prosesor AMD.

Tags:

You Might also Like

2 Comments

  1. Narto S 22/04/2019

    Aduh dompet gw ga sanggup, berharap ada yg give away ini wkwkwk

    Reply
    1. Vito Silalahi 23/04/2019

      Semoga kita realistis dengan yang mau kita beli jangan kita memaksakan beli tetapi budget kita tidak realistis ya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − = 35