[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Techno Addict smartphone

Aplikasi Smartphone Android Sembunyikan Data Pengguna?

Content Writer 29/11/2018
Share

Aplikasi Android populer yang populer di google playstore terindikasi mendapati data pengguna untuk kepentingan yang tidak sehat. Beberapa diantaranya merupakan Aplikasi Smartphone yaitu terdapat 8 aplikasi.

Tujuh aplikasi diantaranya dinaungi oleh “Cheetah Mobile”, yakni perusahaan China yang tahun lalu merupakan perusahaan publik di bursa New York Stock Exchange.

Aplikasi Smartphone

8 Aplikasi Terindikasi Mencuri Data User

         sumber : eratekno

Aplikasi yang sempat populer dan banyak diunduh oleh banyak pengguna, masing-masing aplikasi itu adalah Clean Master (Downloaded 1M), Security Master (540 Juta), CM Launcher 3D (225 Juta), Battery Doctor (200 Juta), Cheetah Keyboard (105 Juta), CM Locker (105 Juta), dan CM File Manager (65 Juta).

Kecurangan ini dilakukan perusahaan-perusahaan berskala besar, buka peretas random yang beroperasi dari basement. Demi persenan Cheetah Mobile dan Kika Tech mengeksploitasi (apps permission).Berawal dari sini aplikasi bisa melacak apa saja yang selanjutnya diunduh pengguna.

Cheetah Mobile dan Kika Tech mengelabui sistem dan mengklaim merekalah yang menyebabkan aplikasi tertentu telah diunduh oleh pengguna. Kecurangan ini mereka lakukan untuk mendapat persenan (install bounty).

Pengembang Aplikasi Lain Dirugikan

Pengembang aplikasi kerap memberikan install bounty kepada para mitra yang membantu penetrasi pengguna baru. Besarannya 50 sen dollar AS (Rp 7.200) hingga 3 dollar AS (Rp 43.000) per satu unduhan.

Pengembang aplikasi lain dirugikan dengan cara licik seperti itu, karena membayar install bounty ke pihak yang tak seharusnya menerima. Google sebagai mitra dirugikan karena tidak mendapat install bounty. Kerugikan pengguna lebih kepada pengalaman aplikasi.

Pengguna akan terjebak dengan baterai smartphone dan data internet cepat habis karena ada transaksi terjadi dalam sistem tanpa sepengetahuan pengguna.Aplikasi bikinan Cheetah Mobile dan Kika tech meminta permission lain seperti merekam pengetikan teks dan memantau aktivitas unduh aplikasi.

Saat ini, dua aplikasi Cheetah Mobile telah di-nonaktifkan dari Google Play Store, yaitu Battery Doctor dan CM Locker. Sisanya masih dalam proses penyelidikan oleh Google selaku pemegang otoritas tertinggi.

Berhati-Hati

Klikers perlu waspada nih dengan adanya peredaran aplikasi berbahaya ini jangan sampai terlanjur mengunduh dan install di smartphone kalian. Butuh yang aman klikers? kunjungi aja deretan smartphone yang gak akan bikin klikers waspada di kliknklik.com/fbo-2018

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

53 + = 58