[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

News Review

Aplikasi Pemilu, Sudah Adakah Pilihan Untuk 17 April 2019?

Content Writer 10/04/2019
Share

Pemilihan Umum tahun ini tinggal menghitung hari tepatnya 17 April kita akan menentukan masa depan Indonesia lewat pemimpin kita. Aplikasi Pemilu buatan KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai upaya KPU mengedukasi pemilih pemula.

Terutama generasi milenial yang tahun ini baru menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali. Kampanye dan publikasi yang tepat sasaran lewat media digital sudah menjadi keharusan bukan hanya tugas KPU,Partai politik melainkan para stakeholder dan orang terdekat yang sudah berpengalaman memilih.

Untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang berkualitas dan berintegritas KPU RI meluncurkan aplikasi. Lewat aplikasi ini diharapkan pemilih maupun pemilih pemula bisa dengan cepat teredukasi bagaimana tata cara memilih saat hari H nanti.

Aplikasi Pemilu

Fitur Serba Cek Aplikasi KPU Pemilu RI 2019

Melalui aplikasi tersebut KPU menyediakan fitur dengan nama Cek data Pemilih. Berdasarkan domisili RT/RW,Kecamatan,Kabupaten hingga Kota. Sudah lengkap jika kamu memasukan NIK(Nomor induk keluarga) dan Nama depan dengan baik dan benar.

Aplikasi Pemilu KPU RI

Sebagai langkah awal kamu harus mengunduh aplikasi pemilu KPU terlebih dahulu di google playstore Aplikasi KPU RI. Setelah kamu mengunduh aplikasi tersebut, muncul atarmuka dengan daftar sebagai berikut :

  • Cek Pemilih
  • Cek Calon

Untuk hasil dan berita seputar pemilu yang bisa kalian cek kebenaran berita tersebut di aplikasi pemilu antara lain :

  • Cek Hoax
  • Cek Hasil

Sesuai dengan kampanye dan publikasi KPU yang menekankan bahwa jadilah pemilih cerdas. Yang dapat memilah dan memilih berita seputar informasi tentang kebenaran informasi/berita tersebut benar atau tidak?

Baca Juga : Internet of Things dan penerapannya pada kehidupan 

Meme Fakta Pemilu

Salah satu yang menjadi keunggulan dan informasi ini tepat sasaran kepada pemilih muda alias millenial. Meme Fakta Pemilu diperlihatkan dalam aplikasi tersebut. Tentunya bukan sekedar meme yang ada di fitur aplikasi. Tetapi ada pesan kepada pemilih bahwa memilih berdasarkan riset dan inforasi terhadap calon yang akan kita pilih nantinya.

Tanpa perlu takut dan tercedari demokrasi kita. KPU konsisten menyuarakan #PemiluAntiHoax melalui campaign yang yang disertai gambar interaktif dalam meme pemilu tersebut. Salah satu cara agar bisa mendekatkan kepada pemilih yang belum terlalu hafal betul bagaimana informasi berita bohong tersebut dan bisa langsung cek keaslian berita.

Baca Juga : 4 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Mandarin

Cek Hasil Valid Atau Tidak?

Fitur yang mungkin belum banyak orang tahu. Cek Hasil pemilu, fitur yang menurut hemat kami bisa digunakan ketika pemilu sudah selesai. Karena mustahil kita bisa cek hasil pemilu melalui data, sedangkan pemilu saja belum mulai. Oleh karena itu fitur ini ada untuk langsung real time cek hasil pemilu yang sudah berjalan.

Cek Hasil Pemilu

#SukseskanPemilu2019 suara yang terus didengungkan oleh KPU agar pemilu 2019 ini berjalan dengna damai. Walaupun terdapat perbedaan pilihan, sebagai bangsa Indonesia yang memegang teguh pancasila persatuan dan kesatuan adalah harga mati.

Dengan adanya aplikasi pemilu tersebut tentunya akan sangat membantu para pemilih. Bukan hanya menyasar pemilih pemula saja/millenial tetapi juga orang yang tinggal di pelosok yang baru mengenal internet. Tanpa harus capek cari googling di internet, cukup kalian instal di hp android, kalian sudah beres.

Baca Juga : Aplikasi smartphone penunjang Belajar Anak

Sosialiasi KPU Yang Tepat Sasaran

Melalui aplikasi ini publik dan peilih akan mengetahui Daftar Pemilih Tetap(DPT). Selain berisi informasi tentang KPU, aplikasi tersebut juga berisi tentang informasi Pemilu 2019. Untuk memastikan aplikasi KPU mudah diakses oleh masyrakat. Untuk itu KPU memutuskan untuk merilis aplikasi yang hanya ada platform android. Belum diketahui apakah iOS aplikasinya ada atau tidak?

Cek Daftar Pemilu

Alur yang dijelaskan dalam infografis diatas sudah jelas bahwa kita sudah yakin nama kita terdaftar di DPT. Tentunya cara ini tidak akan berguna jika kalian tidak mempunyai hp android dan tidak ada akses koneksi internet. Tenang saja kalian bisa cek di website KPU dengan nama lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Kalau juga ternyata belum terdaftar segera kirim data diri. Lengkap dengan Kartu KTP dan kartu keluarga kamu ke email layananpemilih@kpu.go.id Kalau tidak sekarang kapan lagi kita sebagai generasi penerus bangsa haruslah pintar dan pandai dalam menentukan masa depan Indonesia kedepannya.

Tags:

You Might also Like

2 Comments

  1. Muhammad ajiman 12/04/2019

    Bagaiamana cara nya agar saya bisa mengetahui apakah nama saya terdaftar sebagai DPT di pemilu thn ini?

    Reply
    1. Vito Silalahi 12/04/2019

      Di Menu aplikasi pemilu yang ada di handphone android nah Pertama ada fitur Cek DPT nah kamu Masukkan saja NIK yang ada di KTP-mu dan juga nama lengkap kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 55 = 57