[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Tips & Trick

6 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Dan PC

Ryo Wibowo 03/05/2018
Share

6 Cara Gampang Melihat Spesifikasi Laptop Dan PC – Pastinya untuk anda yang tidak terlalu paham dengan teknologi laptop atau komputer , melihat spesifikasi laptop / komputer merupakan hal yang sulit. Sebenarnya hal tersebut sangat mudah sekali dilakukan, namun anehnya pengecekan tersebut jarang sekali dilakukan oleh orang yang akan membeli laptop padahal merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan untuk menghindari kekecewaan setelah laptop tersebut anda bawa ke rumah.

Memeriksa spesifikasi dari laptop atau komputer sebelum membeli memang bukan merupakan hal wajib namun sangat dianjurkan untuk melakukannya. Berikut merupakan beberapa cara mudah untuk melakukan hal tersebut :

1.Menggunakan Setting App Pengaturan Aplikasi

Jika Anda ingin mendapatkan gambaran umum konfigurasi sistem laptop Anda, aplikasi Pengaturan dapat menyediakan berbagai informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak Anda.. Untuk melihat spesifikasi dasar dengan melakukan hal di bawah ini :

  • Buka Settings.
  • Klik  System.
  • Kemudian klik About.

Pad halaman ini anda akan menemukan informasi mengenai sistem operasi windows berapa yang terinstall di laptop anda. nSelain itu anda pun dapat memperoleh informasi mengenai prosesor yang digunakan, kapastas ram hingga besaran hard drive.

Quick Tip: Infomasi yang serupa dapat juta anda temukan melalui Control Panel > System.

2.Menggunakan Informasi Sistem

Informasi Sistem bukan alat baru di Windows , tapi masih salah satu cara termudah dan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk melihat spesifikasi sistem lengkap dari laptop atau PC Anda. Untuk membuka Informasi Sistem, lakukan hal berikut:

  • Buka Start menu.
  • Ketik msinfo32 atau System Information
  • Tekan tombol Enter.

Hardware apa pun yang ada di komputer Anda, kemungkinan besar Anda akan dapat menemukannya di Informasi Sistem. Saat Anda membuka informasi sistem, Anda akan melihat Ringkasan Sistem, yang mencakup informasi seperti model sistem, jenis sistem, prosesor, informasi BIOS dan tanggal pembaruan firmware terakhir hingga ukuran memori yang dipasang.

Namun sayangnya Informasi kartu grafis tidak tersedia di Ringkasan Sistem, tetapi jika itu adalah sesuatu yang ingin Anda ketahui, Anda dapat dengan cepat melihat informasi ini dengan melakukan expand pada components kemudian klik ” view” .

TIPS TAMBAHAN : Cara Mendapatkan Informasi Spek Secara Lengkap

Salah satu fitur menarik tentang dari “System Information” yang ada di laptop/PC anda adalah kemampuan untuk membuat laporan lengkap mengenai spesifikasi sistem Anda. Ini sangat berguna jika Anda mengalami kegagalan perangkat keras ( hardware failure) dan laptop/PC tidak mau boot; jika Anda telah menjalankan laporan lengkap dan menyimpannya di OneDrive, itu akan tetap dapat diakses sehingga Anda tahu apa yang ada di dalam komputer Anda, bahkan jika komputer itu sendiri tidak dapat memberi tahu Anda lagi.

Untuk melakukan generate laporan sistem spesifikasi laptop/PC anda, lakukan hal berikut :

  • Buka System Information.
  • Kemudian pilih informasi spesifikasi apa saja yang anda butuhkan. Sebagai contoh, apabila anda memilih System Summary, maka anda akan diberikan informasi secara detail mengenai summary laptop/PC anda. Tapi apabila anda hanya membutuhkan info mengenai kartu grafis saja, maka anda bisa memilih Display.
  • Klik File.
  • Kemudian klik Export.
  • Browse lokasi dimana anda akan menyimpan file tersebut.
  • berikan nama pada laporan dan klik Save.

3.Menggunakan Command Prompt

Anda juga dapat menggunakan systeminfo.exe yang merupakan perintah CMD yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak informasi tentang spesifikasi laptop/PC anda. Bahkan akan memberi tahu Anda informasi kapan OS (sistem operasi) dipasang di laptop/PC anda.

Untuk melihat informasi sistem Anda menggunakan utilitas ini, lakukan hal berikut:

  1. Buka Start kemudian ketikan Command Prompt di kotak pencarian.
  2. Klik kanan kemudian Run as administrator.
  3. Ketikan perintah dibawah ini kemudian klik Enter:systeminfo

Setelah Anda menjalankan perintah, Anda akan mendapatkan konfigurasi terperinci tentang perangkat keras , spesifikasi dan sistem operasi, termasuk Windows, informasi pembaruan, versi BIOS, memori, detail network adaptor, dan informasi lainnya.

4.Menggunakan Software CPU-Z

Selain menggunakan fitur bawaan dari windows, anda juga dapat menggunakan software-software yang disediakan oleh pihak ke tiga seperti CPU-Z. Software ini memberikan tampilan informasi spek cukup lengkap dengan proses instalasi yang cukup mudah. langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Sebelumnya anda bisa mengunduh software CPU-Z di beberapa situs seperti CPUID.com kemudian dilanjutkan dengan menginstalnya.
  • Setelah instalasi sukses dilakukan, anda bisa membuka software tersebut dan melihat secara detail spek dari laptop/PC anda.
  • Seperti informasi lengkap mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed laptop/PC anda pada kolom CPU.
  • Apabila anda ingin melihat informasi mengenai mainboard , anda dapat membuka kolom main board yang tersedia pada CPU-Z.
  • Pada kolom type memory, anda dapat melihat tipe dari memory yang terpasang di laptop/PC anda. sedangkan pada kolom tab SPD, anda dapat melihat informasi lengkap mengenai RAM.

5. Menggunakan Software Speccy

Selain menggunakan CPU-Z anda juga dapat menggunakan Software Speccy. Caranya tidak berbeda dengan software pada umumnya. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Unduh terlebih dulu software Speccy dari web berikut  Speecy  , kemudian instal pada laptop/PC yang akan anda periksa spesifikasinya.
  • Setelah instalasi sukses, buka softwarenya dan anda sudah dapat melihat secara rinci informasi mengenai spesifikasi CPU laptop/PC anda.
  • Selain itu anda bisa melihat tab summary, dimana akan menampilkan secara terperinci spesifikasi dari laptop anda mulai dari ram hingga sistem operasi.

6. Menggunakan Software DXdiag.

Cara ini merupakan pilihan terbaik  yang dapat digunakan untuk cek spesifikasi laptop/PC anda. Nama fiturnya adalah DXdiag. berikut merupakan langkah detailnya :

  • Buka RUN atau anda dapat melakukan hal tersebut dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard anda.
  • Kemudian, ketikkan kata dxdiag pada box yang muncul kemudian klik OK
  • Tunggu beberapa detik maka akan muncul pop up box yang menampilkan informasi lengkap spesifikasi .
  • Pada tab system anda akan melihat data lengkap mulai dari prosesor, OS hingga ram
  • Sedangkan pada tab display, akan ditampilkan info terperinci mengenai kartu grafis dan segala sesuatu yang berhubungan dengan layar anda.
  • Pada tab sound dan tab input versi system, anda dapat melihat info lengkap mengenai driver hingga input device.

Do you know guys …. di store kita banyak banget produk laptop yang spesifikasinya asik punya. Tentunya dijual dengan harga terjangkau dan varian terlengkap lhoo. Selain toko online kita juga ada toko non online dengan cabang yang tersebar di lebih dari 5 kota besar di Indonesia. Ada pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang bisa kalian pilih mulai dari transfer bank, kartu kredit, Indomaret, JNE, COD, hingga pick up in store. Buruan kunjungi kliknklik.com.

Tags:
Ryo Wibowo

A blogger enthusiast in the morning and rock n roll guitarist at night . Feel free to connect with him on Twitter @ryowbw

    1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − 73 =