[sg_popup id="7"]
LOADING

Type to search

Tips & Trick

5 Aplikasi Android untuk Edit RAW Photo

Ery Herdian 09/11/2015
Share

0_large

Saat ini penggunaan format gambar RAW sudah tidak dominan lagi bagi kamera professional seperti DSLR atau kamera digital lainnya. Ini karena fitur untuk mengambil gambar mentah semakin banyak dipakai di smartphone dan akan semakin banyak lagi untuk memanjakan para pegiat fotografi yang menggunakan handset mereka sebagai alat fotografi utama mereka.

Apa yang membuat RAW image begitu mengagumkan? Karena mengandung informasi murni dari sebuah gambar, informasi visual yang belum terproses alias masih mentah maka format file ini lebih nyaman dan ideal untuk proses pengeditan. Dalam banyak kasus, mengedit gambar RAW mampu menghasilkan gambar yang lebih baik dibanding menerapkan modifikasi yang sama pada JPEG.

Untuk mengedit gambar RAW, anda memerlukan software yang tepat. Meskipun terkadang smartphone yang mendukung pengambilan gambar RAW juga disisipkan software editor bawaan yang terkadang kurang begitu memuaskan bagi para pegiat fotografi. Jika anda membutuhkan software atau aplikasi pihak ketiga untuk mengedit gambar hasil jepretanmu, berikut adalah 5 aplikasi Android untuk editing RAW image yang kami dapatkan dari phonearena.

1. Adobe Photoshop Express

Tidak diragukan lagi, Photoshop adalah aplikasi paling terkenal diantara software editing gambar, semua orang sudah tau apa itu photoshop dan apa gunanya. Di satu sisi, versi mobile photoshop tidak sekuat rekannya yang ada di desktop – Anda tidak mendapatkan layer atau brush pada versi mobile. Meskipun begitu software ini masih merupakan alat yang berguna untuk memodifikasi gambar dalam berbagai cara. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit kontras, exposure, highlights, shadow, suhu, ketajaman, warna, dan vibrance. Frame dan Filter tersedia secara alami. Terdapat juga berbagai filter dan tool yang berguna untuk menghapus cacat pada gambar. Sebagai pilihan, anda mungkin tertarik untuk membeli tool tambahan seperti penghilang noise dan penghilang kabut untuk meningkatkan kejelasan gambar.

ps5 ps4 ps3 ps2 ps1
2. Adobe Photoshop Lightroom

Lighroom sama seperti Photoshop Express. Aplikasi ini dapat mengatur berbagai parameter gambar seperti kontras, exposure, highlights, shadow, temperatur dan ketajaman. Aplikasi ini juga bisa mengurai noise dan meningkatkan kejelasan. Perbedaannya, aplikasi ini lebih menampilkan gambar dalam bentuk katalog, yang diuat dengan menganggap pengguna akan berkerja dengan banyak gambar. Selain itu aplikasi ini juga berguna untuk melakukan editing serentak dengan mengaplikasikan preset gambar satu ke gambar lainnya anda bisa mengedit banyak gambar sekaligus.

lg4 lg7 lg6 lg5 lg3 lg2 lg

3. Snapseed

Aplikasi yang disubsidi oleh Google ini juga sangat bagus untuk meningkatkan tampilan gambar. Aplikasi ini memuat fitur-fitur untuk mengatur kecerahan, saturasi dan kontras, aplikasi ini juga mampu memperjelas kerincian gambar, meng-crop gambar, merotasi gambar dan juga untuk meluruskan, memungkinkan anda untuk menghapus kabut, debu atau hal-hal cacat lainnya. Aplikasi ini juga memberikan anda kontrol untuk menandai area atau bagian dari gambar yang ingin anda ubah atau beri efek – sebuah fitur yang hilang di kedua aplikasi sebelumnya. Alasan-asalan di atas membuat Snapseed patut untuk dicoba, selain itu anda juga mampu berekperimen dengan filter-filter serta frame yang tersedia di dalamnya. Cara ini membuat anda dengan cepat mendapatkan gambar dengan berbagai tema dan suasanya hanya dengan beberapa tap.

sn7 sn6 sn5 sn4 sn3 sn2 sn1
4. Photo Mate R2

Aplikasi ini mungkin tidak mempunyai antarmuka yang sebaik aplikasi-aplikasi di atas, namun aplikasi ini tetap sebagai sebuah pilihan dimana dia datang dengan berbagai pengaturan standar namun kuat, dan tentunnya dengan harga yang tidak begitu mahal. Aplikasi ini mempu menangani full size dekoding gambar RAW yang diambil baik melalui kamera Android atau kamera digital lainnya. Selanjutnya anda akan mendapatkan kontrol atas parameter seperti ketajaman, kejernihan, vibrance, highlights, shadow, dan suhu warna. Algoritma mengurang noise juga hadir dengan kemampuan standar. Selain itu anda juga akan mendapatkan kemampuan editing layer dan brush untuk meningkatkan area tertentu dari gambar.

r16 r15 r14 r13 r12 r11 r10 r9 r8 r7 r6 r5 r4 r2
5. RawVision

Masih belum mendapatkan aplikasi editor gambar yang cocok? RawVision mungkin bisa menjadi pilihan. Sekali lagi ini bukanlah aplikasi yang memiliki interface yang bagus, namun aplikasi ini tetaplah mempunyai alat yang berguna untuk membantu anda mengatur dan mengedit gambar mentah. Aplikasi ini menyediakan banyak alat-alat editing gambar dasar dan lanjutan, serta pilihan untuk menambahkan teks dan gambar. Modifikasi gambar dapat dilakukan pada beberapa gambar pada saat yang sama dalam batch fashion.

raw8 raw7raw2 raw6 raw5 raw4   raw1raw3

Jika anda tertarik untuk membeli smartphone Android dengan kemampuan mengambil gambar mentah atau RAW image, anda bisa mengunjungi web store KliknKlik pada laman berikut ini KliknKlik.com untuk mendapatkan informasi smartphone apa yang cocok dengan kebutuhan dan budget anda. KliknKlik menyediakan bermacam-macam smartphone dengan kemampuan dan fitur terbaru, tidak terkecuali pengambilan gambar berformat RAW.

Tags:

You Might also Like