Mengenal Jenis – Jenis Projector

Sebelum membeli sebuah perangkat Projector ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu berbagai Jenis Projector yang ada di pasaran saat ini. Saat ini ada 4 Jenis Projector yang banyak dijumpai di pasaran yaitu CRT, LCD, DLP dan LCoS. Untuk informasi singkat dari setiap jenis Projector tersebut adalah sebagai berikut :
 



Cathode Ray Tube (CRT)

Projector ini berbentuk besar dengan terdiri dari 3 buah lensa yang masing – masing mewakili tiga warna dasar yaitu merah, hijau dan biru atau Red, Green, Blue (RGB). Ketiga lensa tersebut kemudian disatukan dengan lensa pembesar cahaya untuk memproyeksikan gambar berwarna ke sebuah layar besar pada ruangan yang gelap. Gambar yang dihasilkan dengan Projector ini termasuk kedalam kualitas beresolusi tinggi.


Liquid Crystal Display (LCD)

Projector ini merupakan Projector yang paling banyak digunakan di kalangan masyarakat umum. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif terjangkau dan sifatnya yang lebih portabel sehingga mudah dibawa bepergian kemana- mana. Projector LCD menghasilkan gambar yang terang karena menggunakan LED Backlight. Projector ini menghasilkan gambar yang baik dan akurasi warna yang baik. Namun jika gambar diproyeksikan kepada bidang yang terlalu besar gambar dan warna akan sedikit memudar.


Digital Light Processing (DLP)

Projector Jenis ini menggunakan teknologi digital untuk memproses dan menghasilkan gambar yang diproyeksikannya. Input gambar akan dikonversi menjadi data digital yang kemudian disimpan kedalam harddisk dan kemudian kembali diproyeksikan ke layar. Projector ini memiliki tingkat akurasi warna yang baik namun memerlukan power yang lebih serta tingkat kontras dan kecerahan yang tinggi. Biasanya Projector ini diminati untuk keperluan Home Theater.


Liquid Crystal on Silicon (LCoS)

Projector ini merupakan hasil perpaduan dari teknologi Projector LCD dan DLP. Projector ini memiliki kulitas gambar yang paling baik dibandingkan dengan jenis Projector lainnya. akan tetapi dikarenakan teknologi ini masih tergolong baru jadi harga yang ditawarkan pun masih tergolong mahal.