Tips Menghemat Tinta Printer


Tinta pada sebuah Printer merupakan komponen terpenting, karena jika sebuah perangkat Printer tidak memiliki Tinta maka Printer tersebut tidak akan bisa mengerjakan apa- apa. Jadi diperlukan sedikit strategi dalam menggunakan Printer agar Tinta yang terdapat pada Printer tersebut dapat digunakan dengan hemat atau agar tidak cepat habis. Terlebih harga Tinta saat ini tergolong cukup mahal. Jadi dengan cara ini pun anda bisa lebih menghemat pengeluaran anda.
 

1. Pilihlah Printer yang memiliki Fitur Auto Duplex atau yang dapat mencetak dua halaman sekaligus dalam satu lembar.

2. Rawatlah selalu Catridge atau Toner pada perangkat Printer anda. Jika umurnya sudah tua atau sudah terlalu lama atau sering digunakan sebaiknya segera diganti dengan yang baru untuk menghindari terjadinya penggumpalan.

3. Sebelum anda membeli atau mengisi Tinta, periksa terlebih dahulu apakah Tinta sudah benar – benar habis atau belum. Jangan sampai anda mengisi Catridge yang masih terisi Tinta lebih dari setengahnya.

4. Dalam proses mencetak pun perlu diperhatikan, file mana yang sebaiknya terlebih dahulu di cetak dan mana yang lebih baik terakhir di cetak.

5. Selektif lah dalam memilih file mana yang sebaiknya di cetak dan mana yang tidak perlu di cetak, karena sebenarnya hal ini lah kunci dari hemat atau tidaknya Tinta pada perangkat Printer anda. Jangan terlalu sering mencetak file atau dokumen yang sekiranya tidak diperlukan atau tidak penting.