5 Cara Efektif Merawat Printer

Sama seperti perangkat lainnya perangkat Printer pun harus dirawat dengan baik dan benar agar awet dan tahan lama. Merawat Printer ini tidak menghabiskan banyak waktu namun harus secara rutin, karena merawat jauh lebih baik dibandingkan dengan memperbaiki.



   1. Menggunakan Printer Secara Berkala

Printer yang terlalu lama tidak digunakan akan mengakibatkan kebuntuan pada Nozzle yang dikarenakan tinta tidak mengalir dan kering. Maka sangat disarankan untuk melakukan penggunaan Printer secara teratur. Hal ini dapat mencegah penyumbatan tinta kering pada selang dan diameter Nozzel. jika terjadi penyumbatan ini pun cukup membahayakan terhadap Head Catridge, jika Head Catridge sampai rusak harganya cukup mahal yaitu hampir setara dengan harga printer itu sendiri. minimal lakukan pemakaian Printer setiap seminggu sekali.


   2. Pengisian Tinta

Segeralah refill atau isi tinta Printer anda bila telah habis, jangan dibiarkan terlalu lama karena hal ini dapat juga merusak Head Catridge Printer yang anda gunakan.


   3. Matikan Printer Dengan Cara Yang Benar

Matikan perangkat Printer dengan cara yang benar. Tekan tombol Power saat mematikan makan Printer akan secara otomatis melakukan pembersihan pada permukaan Head sebelum kembali ketempat semula. Sehingga Head Catridge akan selalu dalam kondisi bersih. Hilangkan kebiasaan mematikan Printer dengan langsung mencabut kabel powernya dari stopkontak.


   4. Hindari Penggunaan Kertas Berdebu Dan Kotor

Untuk menjaga Roll Kertas dalam kondisi baik, sebaiknya hindari penggunaan kertas yang telah berdebu dan kotor. Karena jika anda menggunakan kerta berdebu dan kotor ketika pencetakan maka Roll Penarik ini pun akan menjadi kotor jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan aus pada Roll hingga mati total atau Roll Penarik tidak akan bisa menarik kertas yang akan dicetak.


    5. Selalu Menjaga Kebersihan

Setelah selesai digunakan ada baiknya membersihkan Printer kemudian kembali menutupnya dengan Cover Plastik agar tidak ada debu yang menempel pada Printer. Jangan biarkan Printer terbuka begitu saja, karena Printer cukup sensitive dengan debu.