Mengenal Berbagai Tipe Scanner

Perangkat Scanner dibagi kedalam beberapa Tipe berdasarkan Manfaat dan Cara Penggunaannya



Flat Bed


Scanner tipe Flat Bed adalah salah satu tipe Scanner yang paling sering dijumpai dikarenakan harganya yang relative murah dan paling cocok untuk digunakan dalam pemakain pribadi. Tipe Flat Bed dapat dilihat dari bentuknya yaitu berbentuk persegi panjang dengan sebuah papan penutup dan juga lapisan kaca tempat untuk meletakkan gambar.


Automatic Document Feeder

Tipe Scanner ini memiliki kelebihan yaitu lebih mudah untuk digunakan.anda dapat meletakkan dokumen baik berupa gambar atau teks yang akan dibaca kemudian mesin Scanner ini akan secara otomatis mengambil dokumen tersebut untuk kemudian dilakukan proses scanning. Scanner tipe ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding tipe Flat Bed. Scanner tipe ini sangat direkomendasikan bagi lembaga atau kantor yang memiliki banyak dokumen yang harus di Scan.


Handheld


Scanner tipe ini membutuhkan keterampilan yang lebih pada saat menggunakannya. Pengguna akan menggunakannya dengan menggerakan Scanner ini diatas dokumen yang akan di Scan. Karena proses Scanning dengan menggunakan Scanner tipe ini cukup sensitif maka gambar yang dihasilkan pun biasa saja. Hal ini bisa dikarenakan pergerakan yang terlalu cepat atau faktor lainnya. Scanner ini sama seperti yang sering anda jumpai di berbagai Pusat Perbelanjaan dan Mini Market di sekitaran rumah anda.


Drum


Scanner tipe ini menggunakan Photomultiplier Tubes (PMT) dalam proses Scanning dokumennya. Tipe Scanner ini menghasilkan gambar yang lebih baik dibandingkan dengan Scanner tipe lainnya. Namun karena harganya yang relatif mahal sehingga Scanner tipe ini jarang digunakan. Biasanya Scanner ini digunakan oleh perusahaan – perusahaan percetakan yang membutuhkan kualitas dokumen yang baik, serta biasanya juga digunakan oleh Museum dan juga para Seniman.