Cara Memperkuat Daya Tahan Baterai Pada Perangkat Pc Tablet
Komponen Baterai pada perangkat Tablet cukuplah penting, Baterai disini merupakan nyawa dari perangkat yang anda gunakan. Konsumsi daya Baterai pada perangkat Tablet memang cukup boros baik itu pada perangkat Tablet berbasis Android, iOS, Windows atau pun OS lainnya. namun hal ini bisa disiasati dengan sedikit mengatur settingan pada Tablet anda.
 



Matikan Fitur Wireless Radio

Fitur WiFi, Bluetooth atau Hotspot memang cukup menguras daya Baterai, meski tidak digunakan fitur ini akan terus menguras daya Baterai perangkat anda hingga habis. Untuk menghemat daya Baterai anda bisa mematikan ketiga fitur wireless ini.


Matikan Layanan Lokasi (Location Services)

Fitur GPS dan layanan lokasi seperti Google Maps pun cukup memakan banyak daya pada Baterai perangkat anda. Ada baiknya anda hanya menghidupkan fitur ini ketika memang benar- benar membutuhkannya saja.

     Cara mematikan Location Services :

Buka setting kemudian pilih Location & Security. Uncheck pada box Google Location Services dan Standalone GPS Services. Pastikan juga Untuk Uncheck setiap layanan GPS lainnya yang tersedia.


Matikan Background Data

Beberapa aplikasi dan layanan yang terhubung langsung dengan layanan Internet seperti Email, Android Market atau Playstore secara terus menerus akan mengumpulkan data meski tidak sedang anda gunakan. Proses ini pun cukup membebani Baterai anda.

     Cara Menonaktifkan Background Data :

Buka Setting dan pilih Battery & Data management. Kemudian tekan Tab Data Delivery lalu Uncheck Background Data.


Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Layar merupakan salah satu komponen penyedot daya Baterai terbesar, terlebih jika Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan yang cukup tinggi. Ada baiknya untuk menurunkan tingkat kecerahan Layar. selain dapat mengurangi konsumsi daya Baterai yang besar hal ini juga cukup baik utuk kesehatan mata anda.

     Cara Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar :

Buka Setting kemudian pilih Display. Pilih Brightness lalu hilangkan tanda centang pada box Automatic Brightness. Selanjutnya geser slide Brightness sesuai kebutuhan anda, disarankan hingga level 30%.


Nonaktifkan Automatic Updates Untuk Widget

Beberapa live Widget yang terdapat pada Home Screen perangkat anda seperti Informasi Cuaca, Feed Berita dan Widget lainnya melakukan pengambilan data secara berkala dan terus menerus. Jika sebentar mungkin tidak terlalu memakan banyak daya Baterai namun jika dalam jangka waktu yang cukup lama tentunya hal ini juga memakan daya Baterai yang tidak sedikit.

     Cara Menonaktifkan Automatic Updates Widgets :

Buka Widget lalu tekan tombol setting pada perangkat anda. Kemudian atur Frekuensi Update Widget, anda bisa memilih jangka waktu yang cukup lama atau anda juga bisa memilih none atau manual Updates jika tersedia.