Jenis – Jenis Printer


Printer Dot Matrik
 

Printer dengan jenis Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan metode pencetakan dengan memanfaatkan pita. Cetakan yang dihalkannya terlihat seperti titik – titik yang saling menghubungkan satu dengan yang lain. Pada awalnya perangkat printer Dot Matrik menggunakan 9 Pin, kemudian dengan semakin berkembangnya waktu kini menjadi 24 pin. Sehingga pada setiap pencetakannya menggunakan kombinasi 24 pin yang kini membuat hasil yang lebih halus dari sebelumnya.

Printer Ink Jet
 

Jenis Printer Ink Jet melakukan pencetakan dengan metode menggunakan tinta cair. Hasil cetakan yang dihasilkan printer jenis Ink Jet lebih halus dan lebih bagus jika dibandingkan dengan printer Dot Matrik. Selain itu printer Ink Jet pun sudah bisa mencetak data dengan pilihan warna lain selain putih dan hitam saja.

Printer Ink Jet menggunakan teknologi Dor on Demand, atu dengan cara menyemprotkan titik – titik kecil tinta pada kertas melalui Nozzle atau lubang pipi yang berukuran sangat kecil. Teknologi lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan Printer seperti Canon dan HP yaitu dengan menggunakan panas. Panas tersebut dapat membuat gelembung – gelembung tinta sehingga semakin panas maka akan semakin menekan tinta ke nozzle yang sudah ditentukan sebelumnya.

Printer Ink Jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan tekni infus atau dengan cara menambahkan tabung khusus pada bagia luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk langsung dihungkan kepada bagian pencetakan di dalam mesin printer.


Printer Laser Jet
 

Printer Laser Jet merupakan printer dengan metode pencetakan tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat Infra merah. Memiliki hasil cetakan yang lebih baik dan bersih dibanding yang lainnya, kecepatan pencetakan pada printer Laser jet pun cukup tinggi dan hasil cetakannya juga lebih cepat kering seperti pada hasil pencetakan pada mesin Photo Copy