Top 10 Tips Kamera Digital

Dalam melakukan sebuah kegiatan Fotografi banyak sekali hal – hal yang harus diperhatikan. Hal – hal ini dapat membuat gambar hasil jepretan anda semakin berkualitas, tentunya itu pun dapat memberikan suatu rasa kepuasan tersendiri. Tidak melihat itu pemula tau professional, asalkan memperhatikan beberapa aspek ini anda tentunya bisa mendapatkan hasil paling maksimal.


10 Tips Kamera Digital Dan Fotografi



Background
– perhatikan latar belakang ketika anda akan mengambil gambar dari sebuah objek. Latar yang baik tentunya akan semakin mempercantik hasil dari jepretan anda, meski sebenarnya objek yang anda bidik biasa saja. Dan sebaliknya jika latar yang anda pilih kurang bagus justru bisa merusak objek yang indah.


Atur Secara Manual
– hindari penggunaan white balance secara otomatis pada perangkat Kamera. Lebih baik menggunakan pengaturan secara manual sesuai dengan kebutuhan anda. Dan selalu ambil gambar berwarna jangan mengambil gambar dengan format hitam – putih, jika anda ingin melakukan format tersebut anda bisa melakukannya pada perangkat Komputer dengan m
enggunakan aplikasi Editing.


Perhatikan Tempat
– ketika mengambil gambar di tempat yang relatif gelap. Sebaiknya and amelihat dan memperhatikan sekitar, perhatikan bagian – bagian yang terang agar tidak terjadi Overexposure pada hasil jepretan anda. Jika pencahayaan cenderung mengecoh dan area yang anda tempati cukup sempit, sebaiknya lakukan spot metering.


Pilihlah Waktu Yang Tepat
– pada jam- jam tertentu kadang pencahayaan alami bisa sangat menawan, seperti pada pagi dan petang ketika matahari terbit dan matahari terbenam.


Gunakan Reflektor
– untuk mendapatkan hasil yang lebih natural anda bisa menggunakan reflektor. Dengan reflektor anda bisa memunculkan detail – detail pada objek, dan sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan flash.


Hindari Getaran
– getaran pada saat memotret memang sering dialami oleh para fotografer baik pemula maupun professional. Hal ini dapat menyebabkan gambar yang dihasilkan Blur atau tidak jelas. Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa mempelajari bagaimana cara yang benar memegang perangkat Kamera, atau anda juga bisa memanfaatkan aksesoris tambahan seperti Tripod atau Monopod.


Pilihlah ISO
– pemilihan ISO ini akan berpengaruh kepada sensitivitas Kamera anda terhadap kondisi sekitar seperti cahaya. Misalnya jika anda sedang melakukan pemotretan di kondisi pencahayaan yang kurang anda bisa mengatur ISO dengan angka yang tinggi seperti 400 hingga 3200. Namun jika berada pada kondisi pencahayaan yang cukup sebaiknya mengatur ISO pada angka yang normal yaitu 100 kebawah atau anda juga bisa mengatur ISO pada posisi otomatis.


Hindari Penggunaan Flash Indoor
– hindari penggunaan fitur Flash pada pemotretan indoor atau didalam ruangan. Jika anda menggunakan Flash hasilnya bukan akan menjadi cerah namun gambar yang akan anda dapatkan akan terlihat tidak natural. Sebaiknya anda mengatur ISO dan Shutter Speed dengan kombinasi yang cukup baik agar gambar yang dihasilkan dapat maksimal. Kombinasi seperti ini bisa anda dapatkan di Internet atau bertanya kepada teman yang telah memiliki pengalaman di bidang fotografi.


Gunakan Polarizing Filter
– anda bisa menggunakan polarizer untuk lensa Kamera anda agar gambar yang dihasilkan nantinya akan lebih terlihat natural dan clear. Polarizer juga dapat memaksimalkan warna pada hasil jepretan anda, selain itu aksesoris ini pun dapat melindungi lensa Kamera anda. Anda bisa membeli aksesori inisecara terpisah.


Pengalaman
– hal terakhir yang cukup berpengaruh pada aktivitas fotografi adalah pengalaman. Pengalaman bisa saja anda dapatkan secara langsung atau pun anda bisa dapatkan dari teman – teman anda. Saling berbagi cerita pun dapat menambah pengalaman mengenai aktivitas fotografi. Jangan pernah takut untuk mencoba dan bertanya agar anda semakin mengerti berbagai kondisi yang akan anda alami ketika melakukan sebuah pemotretan.