Cara Mengupgrade Komputer Atau Laptop

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kemampuan sebuah perangkat Komputer dan Laptop pun tentunya akan semakin meningkat. Untuk mengikuti perkembangan tersebut anda dapat melakukan proses Upgrade perangkat Komputer atau Laptop anda. Dalam mengupgrade sebuah perangkat Komputer atau Laptop anda harus mengetahui beberapa hal sebelum melakukan proses ini.


Hal – Hal Yang Harus Diketahui Dalam Mengupgrade Komputer Atau Laptop



Ketahui Spesifikasi Komputer Atau Laptop Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan Upgrade sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu secara detail mengenai spesifikasi perangkat Komputer atau Laptop anda. Mencari informasi tentang perangkat anda, informasi ini bisa anda lihat di manual book atau anda bisa mencari informasi melalui internet.


Ketahui Batasan Upgrade

Setelah mengetahui spesifikasi perangkat secara detail, anda bisa mengetahui batasan melakukan upgrade. Pastika komponen – komponen yang akan anda beli support dengan komponen motherboard Komputer atau Laptop tersebut. Pastikan juga komponen – komponen yang anda beli akan saling menyeimbangi. Misalnya anda memiliki komputer dengan RAM 1 GB kemudian anda membeli prosesor dengan kecepatan yang tidak sepadan dan memasang Harddisk dengan kapasitas 1 TB, hal ini justru akan membuat perangkat anda lambat atau bahkan tidak dapat berjalan.


Back Up Semua Data

Sebelum melakukan Upgrade pastikan anda telah meng-back up semua data yang terdapat pada perangkat anda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan.


Ketahui Harga Komponen

Lakukan survey sebelum membeli komponen perangkat Komputer atau Laptop, mulai dari menanyakan ke beberapa toko hingga mencari beberapa rekomendasi harga melalui internet. Pilih komponen dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang sepadan. Cari juga rekomendasi komponen dari brand mana yang lebih sering digunakan oleh para pengguna lain.


Mencari Informasi

Pastikan anda telah mengetahui tata cara melakukan upgrade Komputer atau Laptop dengan benar. Informasi ini bisa anda dapatkan dengan mencarinya dari internet dan anda juga bisa bertanya kepada beberapa teman yang telah berpengalaman.