Panduan Memilih Lensa Kamera

Lensa adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah perangkat Kamera. Memilih Lensa Kamera dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan anda adalah hal yang paling tepat. Ada beberapa hal yang bisa anda lihat dalam memilih sebuah Lensa bagi perangkat Kamera.
 

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Lensa Kamera



Focal Length
– Focal Length adalah jarak antara Lensa dengan bidang sensor pada sebuah Kamera. Focal length dinyatakan dalam sebuah satuan millimeter. Lensa dengan Focal Length pendek biasanya cocok untuk digunakan ketika bepergian jauh karena relatif mudah ketika dibawa.


Prime Lens – Prime Lens atau Lensa tetap adalah Lensa Kamera dengan Focal Length yang tidak dap diubah terkecuali dengan bantuan Lensa bantuan. Umumnya Prime Lens memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Zoom Lens atau Lensa Variabel. Semakin baik kualitas Prime Lens semakin baik pula hasil gambar yang anda potret.


Aperture – Aparture adalah lubang pada Lensa dimana tempat cahaya masuk. Umumnya semakin tinggi Aperture pada sebuah Lensa Kamera harganya pun akan semakin tinggi karena kemampuannya menangkap cahaya akan lebih besar dan lebih baik ketika memotret.


Image Stabilizer – Image Stabilizer berfungsi untuk meredam getaran – getaran yang terjadi saat memotret agar mengurangi kemungkinan blur pada gambar yang dihasilkan. Meski sebenarnya kemampuan anda pada saat memotret pun mempengaruhi hal ini namun jika anda tergolong pemula sebaiknya menggunakan Lensa dengan fitur ini agar dapat memudahkan anda dalam mempelajari sistem fotografi professional.


Lens Mount – Lens Mount atau bantalan lensa bisa dikatakan sebagai penghubung fisik antara Kamera dengan Lensa. Anda harus pintar – pintar memilih Lens Mount yang sesuai dengan Lensa dan Kamera anda. Beberapa brand biasanya tidak begitu cocok ketika diberi Lens Mount yang bukan berasal dari brand yang sama.