Mengenal Berbagai Jenis Kamera

Saat ini telah banyak jenis Kamera yang beredar di pasaran, muali dari Kamera yang digunakan hanya untuk aktivitas sehari – hari hingga Kamera yang digunakan oleh para professional fotographer. Pada umunya saat ini ada 4 jenis Kamera yang ada di pasaran. Keempat kamera tersebut adalah Kamera Digital Ponsel, Kamera Digital Saku, Kamera Digital Prosumer dan Kamera Digital SLR.
 

Kamera Digital Ponsel



Jenis Kamera Digital dengan ukuran yang kecil. Kamera Digital ini biasanya ditanamkan pada sebuah perangkat Ponsel oleh para vendor pembesutnya. Fungsinya pun hanya untuk pengambilan gambar biasa, kualitasnya belum bisa sampai untuk aktivitas fotografi professional. Namun kin seiring berkembangnya teknologi Kamera Digital jenis ini pun memiliki kemampuan yang menjanjikan dan dapat diandalkan, serta dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan canggih.


Kamera Digital Saku



Kamera Digital jenis ini adalah Kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan secara digital. Kamera Digital Saku atau Pocket ini biasanya memiliki ukurang yang kecil serta ringan sehingga mudah untuk di bawa kemaa – mana. Fitur yang dimilikinya pun masih terbatas dan semuanya bekerja secara otomatis, sehingga Kamera ini sangat cocok bagi anda para pemula dan untuk kepentingan fotografi biasa. Kamera ini terkenal karena kepraktisannya dan mobilitasnya yang tinggi.


Kamera Digital Prosumer



Kamera ini adalah Kamera yang ditujukan untuk kegiatan fotografi cukup serius, memiliki bodi yang mirip dengan Kamera Digital SLR (DSLR) dan berlensa panjang namun tidak dapat dilepas seperti Kamera DSLR. Seiring berkembangnya teknologi kini Kamera Digital Prosumer menjadi Kamera yang cukup praktis dan bisa diandalkan pada kegiatan fotografi sehari – hari muali dari memotret makro, landscape, hingga foto tele pada alam terbuka.


Kamera Digital SLR (DSLR)



Kamera Digital SLR (DSLR adalah Kamera Digital Single Lens Reflex, Kamera yang menggunakan system cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju viewfinder. Biasanya Kamera jenis ini digunakan oleh para professional karena sistem kerjanya yang memang sedikit rumit. Namun kualitas gambar yang dihasilkannya sangat bisa diandalkan. Lensa pada Kamera Digital jenis ini pun dapat dilepas dan diganti dengan Lensa lain yang kompatibel dengan Kamera itu sendiri.