Panduan Membeli Kamera DSLR

Seiring perkembangan teknologi kini trend fotografi semakin meluas, bagi para professional fotografi perangkat Kamera DSLR adalah perangkat yang paling cocok untuk digunakan. Namun tidak jarang juga para pemula mulai menggunakan Kamera ini. Dalam membeli sebuah perangkat Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) memrlukan berbagai pertimbangan.
 

Memilih Kamera DSLR


Sensor – memperhatikan ukuran Sensor adalah hal yang terpenting dalam memilih Kamera DSLR. Meski saat ini banyak sekali ukuran yang terdapat pada sebuah perangkat kamera DSLR, namun pada umumnya terdapat tiga kategori yaitu FullFrame, APS-C dan Four-Thirds. Kamera DSLR dengan ukuran sensor FullFrame akan menghasilkan gambar sma seperti yang dilihat pada viewfinder, tidak aka nada potongan gambar atau yang lebih dikenal dengan istilah “Crop Image”. Sensor APS-C adalah kebalikan dari sensor FullFrame, gambar yang dihasilkan akan mengalami pemotongan atau crop. Namun Kamre DSLR dengan sensor ASP-C biasanya lebih murah dan memiliki bobot lebih ringan. Sedangkan sensor Four-Thirds memiliki ukuran sensor yang lebih kecil dari ASP-C, memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan tanpa banyak mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan perangkat Kamera DSLR tipe ini sedang menjadi trend saat ini.


Resolusi – jika anda memiliki tujuan untuk mencetak gambar- gambar yang anda tangkap, sebaiknya memilih Kamera DSLR dengan resolusi Megapixel yang tinggi sehingga hasilnya pun bisa maksimal sesuai dengan yang anda inginkan. Perbandingn ukuran resolusi dan ukuran foto yang akan dicetak misalnya Kamera DSLR dengan resolusi 4 MP bisa menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik untuk dicetak dalam ukuran 10R atau seperti ukuran sampul majalah.


ISO – fitur selanjutnya yang harus diperhatikan. ISO sendiri berhubungan dengan tingkat sensitifitas sensor Kamera pada cahaya. Semakin besar nilai pada settingan ISO di sebuah perangkat Kamera DSLR maka semakin sensitive dan besar cahaya yang dapat didapatkan.


Speed – Kamera DSLR umumnya memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan Kamera Saku. Factor kecepatan ini sangat diperlukan apabila anda sering memotret objek bergerak seperti mobil yang sedang melaju atau menonton acara konser music atau pagelaran.


Image Stabilization – hal lain yang cupuk penting untuk diperhatikan pada sebuah perangkat Kamera DSLR adalah antishake systems. Setiap gambar yang diambil pada tingkat pencahayaan rendah atau berada pada jarak yang cukup jauh akan memiliki kemungkinan menjadi blur atau buram. Hal ini terjadi karena pergerakan tangan atau Kamera secara tidak disengaja. Disinial fungsi Image Stabilization bekerja, untuk meredam getaran – getaran yang dialami saat pengambilan gambar.


Ukuran dan Model – ukuran dari Kamera DSLR sendiri memang relatif lebih besar, namun tidak semua Kamera DSLR memiliki bobot yang berat. Salah satu contohnya adalah Kamera DSLR bertipe Four-Thirds yang memiliki bobot ringan serta bentuk yang lebih kecil sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Ukuran serta model cukup penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kenyamanan anda saat melakukan proses pemotretan.


Kebutuhan dan Budget – memilih Kamera DSLR sesuai kebutuhan dan Budget yang anda sediakan adalah hal yang direkomendasikan. Jangan memaksakan membeli Kamera DSLR canggih dengan berbagai fitur namun sebenarnya anda tidak akan menggunakan semua fitur tersebut. Memulai dari Kamera DSLR sederhana dengan harga yang lebih murah adalah permulaan yang baik.