Panduan Membeli Digital Camcorder

Perangkat Digital Camcorder adalah perangkat yang dapat anda gunakan untuk menangkap setiap moment yang anda alami. Saat ini telah banyak sekali perangkat Digital Camcorder yang tersebar di pasaran. Selain factor harga anda juga harus memperhatikan hal – hal lain sebelum membeli sebuah perangkat Digital Camcorder.


Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Digital Camcorder



Lensa - Lensa Kamera berfungsi untuk menangkap gambar, karena itu Lensa merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harganya pun relatif mahal. Ada dua macam Lensa pada perangkat Digital Camcorder yaitu yang pertama adalah Lensa zoom permanen yang saat ini kebanyakan dimiliki oleh Camcorder DigitalVideo (DV). Sedangkan yang kedua adalah Lensa berkualitas tinggi yang lebih banyak digunakan untuk fotografi atau perangkat video professional.


Stabilisator Image - Fitur ini sangat penting baik bagi para pemula ataupun professional yang sering mengambil gambar dalam posisi bergerak. Fitur Optical Stabilization ini dapat meredam setiap pergerakan atau efek getaran dari setiap objek bergerak sehingga dapat terekam lebih stabil. Hal ini perlu dipertimbangkan keberadaannya dalam sebuah perangkat Digital Camcorder.


CCD (Charge Coupled Devices) – merupakan jenis Chip komputer yang berfungsi menangkap objek yang kemudian dikonversi ke dalam sinyal elektrik. Kemampuan CCD sendiri diukur dari ukuran Chip CCD berdasarkan elemen pixel. Semakin besar pixel maka semakin bagus kualitas gambar yang nantinya akan dihasilkan. Selain penerapan single–CCD kini ada juga perangkat Digital Camcorder yang dilengkapi dengan 3-CCD. Tentunya 3-CCD memiliki kemampuan lebih baik disbanding single-CCD, karena lebih responsif terhadap pencahayaan rendah.


Rekaman Audio – proses rekaman audio dari setiap perangkat Digital Camcorder minimal mengadopsi PCM Stereo dengan kemampuan sampling rate 32 KHz/12 bit untuk empat kanal atau 48 KHz/16 bit untuk dua kanal.


Fitur – kualitas sebuah Digital Camcorder juga ditentukan dari fitur yang dimilikinya, semakin lengkap fitur yang dimilikinya tentu akan semakin bagus.


Desain – selain fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh sebuah perangkat Digital Camcorder, desain juga tentu perlu anda perhatikan, memilih perangkat Digital Camcorder dengan desain yang nyaman saat di pegang atau digunakan serta memiliki bobot yang tidak terlalu membebani tangan anda.