Panduan Membeli Kamera Digital

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini ternyata berimbas juga terhadap perkembangan dunia perangkat Kamera Digital. Perangkat Kamera Digital kini hadir dengan berbagai teknologi canggih terbaru. Saat ini banyak sekali Tipe dan Jenis Kamera Digital yang tersedia di pasar dunia. Namun dibalik teknologi – teknologi terbaru tersebut spesifikasi utama adalah hal terpenting yang menjadi acuan dalam membeli sebuah Kamera Digital.

Sebelum memilih tipe kamera Digital sebaiknya pahami terlebih dahulu bagaimana menentukan criteria kualitas kamera yang cocok dengan anda.


Memahami Kriteria Kamera Digital



Kualitas Gambar
– kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah perangkat Kamera Digital ditentukan dari besar kecilnya Image Sensor dan generasi Prosesor Image yang terdapat pada Kamera Digital tersebut.


Kinerja
– kinerja pada sebuah Kamera Digital adalah hal yang cukup penting dalam memilih perangkat Kamera Digital. Kinerja disini akan menentukan seberapa cepat kamera dapat memproses sebuah istruksi, seperti seberapa cepatkah Kamera dihidupkan hingga siap mengambil gambar, seberapa cepatkah Kamera tersebut dapat mengambil gambar secara berturut – turut hingga seberapa cepat dan akurat sistem Autofokus yang terdapat  pada Kamera tersebut. Semakin cepat maka semakin bagus.


Ekosistem
– ekosistem disini mencakup seberapa lengkap kah koleksi lensa, aksesoris, komunitas pengguna dan layanan jual dari Kamera Digital tersebut. Kamera Digital dengan ekosistem yang bagus juga dapat mempermudah anda ketika hendak mencari lensa atau aksesoris tambahan bagi Kamera Digital tersebut, atau ketika anda membutuhkan pelayanan saat Kamera Digital tersebut rusak atau mengalami masalah.


Ergonomi dan Interface
– seberapa nyamankah Kamera tersebut data dipegang dan digunakan. Apakah terlalu ringan atau terlalu berat? Terlalu besar atau terlalu kecil ?. bagaimana dengan tata letak tombol – tombol apakah mudah dijangkau atau cukup sulit untuk dijangkau oleh jari-jari anda?. Biasanya pengguna hanya melihat bagaimana Spesifikasi dan Harga dari Kamera Digital tersebut tanpa memperhatikan poin yang satu ini. Hal ini mungkin lebih subjektif karena setiap pengguna pasti merasakan hal yang berbeda meski sama- sama menggunakan Kamera Digital dengan Tipe dan Jenis yang sama. Itulah mengapa sangat disarankan untuk mencoba memegang dan melihat kondisi Kamera Digital sebelum anda membelinya.


Harga
– harga perangkat kamera Digital ditentukan oleh seberapa sempurnakah perangkat tersebut. Semakin baik kualitas dan performa Kamera Digital tersebut maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Memilih Kamera Digital dengan harga yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda hal yang paling disarankan.