Pengertian PC Tablet

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, begitu juga dengan PC tablet yang semakin menghadirkan tekonologi dan fitur-fitur mengagumkan yang tentunya berbeda dengan PC tablet pada era sebelumnya. Seperti kemunculan Apple Ipad yang memberikan inovasi baru dalam penggunaan PC tablet seperti layar sentuh yang minimalisir penggunaan stylus dan keyboard.

Sama halnya seperti smartphone, PC tablet dapat terhubung ke internet dengan menggunakan WI-fi juga dengan menggunakan jaringan 3G maupun 4G ( tergantung dari fitur PC tablet anda). 





Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan PC tablet.

Pertama kali yang terpikirkan saat anda akan membeli PC tablet selain faktor harga tentunya adalah kegunaannya dengan kata lain "apa yang dapat anda lakukan dengan PC tablet tersebut?" . Hal tersebut bergantung kepada sistem operasi yang digunakan, dalam hal ini terdapat 3 sistem operasi yang digunakan oleh PC tablet yaitu : Android, Ios dan Windows.

Tablet dengan sistem operasi android dan Ios memiliki kesamaan yang mirip dengan fungsi dari smartphone yang menggunakan sistem operasi yang sama. Dirancang untuk aktivitas layar sentuh dan cukup nyaman apabila digunakan dalam aktivitas broswing, mengecek email, membaca e-book hingga aktivitas komputasi ringan seperti membalas email.

Namun dengan PC tablet ada beberapa batasan yang akan membuat anda kurang nyaman dalam melakukan aktivitas komputasi berat seperti melakukan edit dokumen, video atau gambar foto. Dimana aktivitas komputasi berat tersebut akan lebih nyaman apabila menggunakan laptop atau desktop.

Tablet dengan sistem operasi Windows hadir dalam 2 versi : Windows 8 dan Windows RT. Kedua sistem operasi dari Windows tersebut juga dirancang untuk mengoptimalkan aktivitas dengan tablet anda seperti user interface yang cukup ramah. Salah satu kelebihan dari tablet yang memiliki sistem operasi windows, terutama windows 8 adalah kemampuannya yang optimal dalam melakukan produktivitas. Bahkan beberapa PC tablet dengan sistem operasi windows 8 hampir mampu menyamai kemampuan dari laptop dan desktop.

Windows 8 dapat mengoperasikan program yang sama dengan windows 7, vista dan XP, yang berbeda hanyalah tampilannya ( dalam hal ini windows 8 menggunakan layar sentuh). 

Tipe PC Tablet Terbaik

Setelah anda membaca ulasan di atas maka anda akan mengetahui aktivitas apa saja yang dapat anda lakukan dengan menggunakan PC tablet.  Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul tentunya adalah tipe PC tablet manakah yang terbaik ?

Untuk tipe PC tablet dibagi menjadi 3 kategori yaitu : Slates, Convertibles dan Hybrid.

Tablet dengan tipe slates merupakan tipe tablet tanpa ada mouse maupun keyboards, umunya memiliki bobot yang ringan dengan ukuran layar antara 7 sampai dengan 11 inci. Tablet dengan tipe slates sangat cocok untuk digunakan bermain games, menonton video maupun membaca ebook.

Tablet dengan tipe convertibles merupakan laptop yang berubah wujud menjadi tablet (umumnya tablet ini memiliki keyboard yang dapat dilipat atau digeser (slide) ). Ukuran umum dari tablet bertipe convertibles ini berkisar antara 10 inci sampai dengan 13 inci dan memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan tablet bertipe slates.

Sedangkan untuk tablet bertipe hybrid umumnya memiliki keyboard yang dapat dilepas (docking). Keyboard dock ini memiliki touchpad sebagaimana laptop pada umumnya dengan kisaran ukuran layar 11 inci, namun ada beberapa model yang memiliki ukuran layar sampai dengan 14 inci.

Kami harap panduan ini dapat memberikan anda bantuan untuk memilih pc tablet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila terdapat hal yang kurang jelas anda dapat menanyakannya ke sales support kami.