Panduan Membeli Printer

Anda berencana membeli printer? Bingung dengan berbagai model, spesifikasi dan fitur?  Berikut penjelasan singkat untuk membantu anda menentukan printer yang ideal untuk kebutuhan anda.


Teknologi Yang Digunakan:


Inkjet Printer – dapat mencetak dengan resolusi tinggi, warna cerah dan tajam. Umumnya printer inkjet berukuran kecil sampai sedang sehingga mudah dibawa. Kecepatan printer umumnya antara 5 sampai 20 halaman per menit. Harga tinta (toner) cukup murah namun kapasitas tidak banyak, sekitar 50-100 halaman.


Laser Printer –
dapat mencetak dengan kecepatan tinggi dan kapasitas besar. Kecepatan printer antara 5-50 halaman per menit. Harga tinta tidak murah namun kapasitas sekitar 700 sampai 2000 lembar sehingga biaya cetak per lembar menjadi murah.


Dot Matrix Printer –
banyak digunakan pada kantor karena kemampuan mencetak pada kertas rangkap (NCR). Harga tidak murah namun tahan lama dan biaya cetak per halaman sangat murah. Hanya dapat mencetak hitam putih.


Perbedaan Jenis Printer:


Printer Home / Rumah - harga unitnya murah, namun fitur dan kecepatan terbatas


Printer Business -
harga unitnya mahal namun beragam fitur dan jauh lebih cepat. Pada umumnya menggunakan teknologi laser


Printer Small Business -
perpaduan antara home dan business printer


Printer Multifungsi –
selain printing, dapat digunakan untuk hal lain seperti scanner, fax, fotocopy


Printer Foto –
dapat mencetak pada berbagai ukuran dan tipe kertas seperti foto, postcard, foto ID, atau sticker. Model terbaru seperti Canon Selphy dilengkapi LCD untuk melihat preview sebelum mencetak. Banyak juga yang dapat langsung mencetak dari smartphone atau tablet Android / Apple terbaru.


Printer Portabel –
ukuran kecil sehingga mudah dibawa. Sangat berguna bagi anda dengan mobilitas tinggi atau pekerja lapangan. Umumnya dapat mencetak langsung dari smartphone anda. Contoh produk tipe ini adalah printer HP Envy 100


Fitur-fitur Printer Lainnya:


Resolusi – diukur menggunakan dpi (dot per inch) artinya jumlah titik yang diprint dalam ukuran 1 inci secara vertikal dan horizontal. Untuk dokumen, printer dengan 600 dpi cukup berkualitas sedangkan untuk gambar direkomendasikan resolusi 1200 dpi.


Kecepatan Printing / Copy –
diukur menggunakan ppm (print per minute) atau cpm (copy per minute) artinya halaman yang dapat di print /copy dalam waktu 1 menit. Perlu dipertimbangkan jika anda sering menggunakan print/ copy dalam jumlah banyak.


Konektivitas –
umumnya printer terkoneksi ke komputer menggunakan kabel USB. Namun jika banyak user maka lebih praktis jika printer mempunya fungsi Networking menggunakan Ethernet atau wifi. Beberapa tipe bahkan dapat terkoneksi ke smartphone atau mempunyai slot untuk SD card atau flash drive.


Prosesor dan memori -
mempengaruhi kecepatan printing, terutama jika anda mencetak gambar atau file dengan ukuran besar.


Kapasitas Kertas –
perhatikan ukuran kertas yang dapat digunakan. Ada yang dapat print kertas A3 atau yang dapat digunakan dengan kertas foto, stiker, amplop dll


Auto Duplex –
fitur yang memungkinkan anda mencetak pada 2 sisi kertas secara otomatis


Auto Document Feeder (ADF) –
printer dengan fitur ini mampu scan / copy dokumen dalam jumlah banyak dengan otomatis.


Memilih Printer Yang Terbaik Untuk Anda

Berdasar informasi di atas, mulai lah dengan memilih teknologi printer yang sesuai kebutuhan dan budget anda. Jika anda banyak print / copy dokumen, maka pertimbangkan teknologi laser printer karena lebih hemat dalam jangka panjang. Kemudian tentukan jenis printer sesuai jumlah, kebutuhan, dan volume printing user beserta fitur ekstra lainnya yang diperlukan.

Untuk printer rumah atau kantor kecil dengan pemakaian sedikit, beli lah printer inkjet multifungsi sehingga anda dapat scan / copy / fax jika diperlukan. Jika kebutuhan anda spesifik, gunakan budget anda untuk mendapat fitur tersebut dan abaikan fitur lain yang tidak diperlukan. Misal anda sering print dokumen dalam jumlah banyak, pilihlah laser printer yang cepat dan beli lah mesin scanner / fax terpisah.