Sekilas mengenai prosesor komputer

Prosesor adalah salah satu komponen utama pada komputer anda. Prosesor menentukan seberapa cepat pekerjaan bisa dilakukan dan berapa banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan sekaligus. Maka anda perlu mengetahui sekilas mengenai beberapa fitur dan merk prosesor yang ada.

Jumlah Core yang diperlukan

Core adalah seperti otak pada prosesor tersebut. Semakin banyak core, semakin banyak pekerjaan yang dapat dilakukan pada waktu bersamaan. Umumnya prosesor dengan dual core cukup layak untuk berbagai pekerjaan seperti browsing, email, chatting, game ringan. Jika anda hardcore gamer atau grafik editor, maka minimum cari lah quad core prosesor.

Harap ingat bahwa banyak kecepatan tidak selalu bergantung pada jumlah core. Ada program yang hanya menggunakan single core, sehingga tidak berpengaruh banyak walau komputer anda mempunyai quad core. Dan juga jangan bingung dan tertukar dengan penamaan prosesor pada produk Intel. Contoh Intel Core i3 adalah prosesor dengan dual core, bukan 3 core.

Kecepatan prosesor

Kecepatan prosesor diukur dalam Gigahertz (Ghz). Semakin cepat sebuah prosesor, semakin cepat pekerjaan yang dapat diselesaikan oleh setiap core prosesor tersebut. Umumnya, pertimbangkanlah jumlah core pada prosesor, kemudian kecepatan prosesor.

Prosessor dengan kecepatan 2.0 Ghz sudah cukup baik untuk berbagai pekerjaan. Untuk game atau software yang lebih canggih, anda  perlu prosesor 3 Ghz atau lebih.

Cache pada prosesor

Untuk kemudahan, Cache adalah bagian dari prosesor yang berfungsi mirip seperti RAM. Semakin besar Cache maka semakin cepat kineja prosesor. Prosesor murah umumnya menggunakan 1-3 MB cache, dan cukup untuk pekerjaan sehari-hari. Bagi hardcore gamer atau grafik editor, maka carilah 6MB cache atau lebih yang sesuai budget anda. Anda juga akan melihat beberapa tipe cache: L1, L2, L3 namun umumnya lebh baik fokus pada MB cache tersebut.

VGA: Integrated vs Dedicated Graphic

Prosesor mempunyai integrated graphic yang berfungsi mengolah video dan grafik. Integrated graphic cukup memadai untuk berbagai pekerjaan sehari-hari dan game atau program grafis ringan.

Dedicated graphic artinya ada memori khusus untuk mengolah grafis untuk game atau program grafis terbaru. Pada komputer umumnya disebut graphic card, dengan merk AMD atau Nvidia. Setiap merk mempunyai berbagai model dengan variasi teknologi, memori dan harga.

Jika anda membeli laptop atau non rakitan desktop dengan prosesor AMD, harap perhatikan apakah kartu grafiknya dedicated atau integrated.  



Merk prosesor: AMD vs Intel

Dua perusahaan pembuat prosesor yang paling populer adalah AMD dan Intel. Masing-masing mempunyai variasi spesifikasi dengan harga berbeda.

Tipe seri AMD dari murah ke mahal:                E1, E2, A4, A6, A8, A10

Tipe seri Intel dari murah ke mahal:                  Celeron, Pentium, Core i3, Core i5, Core i7, Xeon

Umumnya tipe seri prosesor, menentukan banyak core, besar cache dan teknologi lainnya. Setiap seri mempunyai beberapa prosesor dengan perbedaan kecepatan.