Cara mempercepat kinerja komputer anda

Semakin lama umur komputer anda, semakin lambat kinerja yang dirasakan bahkan komputer dengah spesifikasi tercanggih. Namun tidak berarti anda harus mengganti komputer anda. Berikut beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan kinerja komputer anda

Tambah memory RAM

RAM adalah komponen komputer yang termudah untuk anda upgrade. Biaya yang diperlukan pun tidak terlalu cukup murah. Anda dapat cek RAM pada komputer anda dengan mudah. Pada Windows 7 atau 8, cari / ketik System Information lalu klik dan lihat Installed Physical Memory. Pada Apple anda bisa cek di Apple Menu – About This Mac. Alternatif lain adalah dengan cek online pada website merk komputer anda. Pastikan anda memilih tipe dan kode barang yang sesuai.

Kemudian, pada website manufaktur atau di user manual harap cek berapa maksimum RAM yang dapat anda tambah. Beberapa model laptop seperti ultrabook bahkan tidak dapat ditambah sama sekali.

Lalu cek tipe RAM yang sesuai dengan komputer anda. Ada banyak tipe RAM dengan perbedaan kecepatan dan berbagai ukuran. Walau ukuran sama, perbedaan kecepatan dan teknologi dapat membuat komputer anda error.

Terakhir, perhatikan berapa slot RAM yang ada pada komputer anda. Misal laptop anda punya 1 slot yang diisi 2GB RAM, maka untuk upgrade ke 4GB anda harus beli RAM 4GB. Jika laptop anda punya 2 slot, maka anda dapat membeli RAM 2GB untuk dipasang di slot berikutnya.

Jika anda tidak begitu paham maka sebaiknya bawa ke pusat servis atau toko terdekat. Terutama jika komputer anda masih dalam masa garansi karena kesalahan akibat upgrade dapat membuat garansi hilang.

Menggunakan Solid State Drive (SSD)

SSD adalah tipe hard drive terbaru. Walau tidak murah, kelebihan dibanding normal hard drive adalah tahan getaran dan jauh lebih cepat. Kecepatan ini akan terasa pada saat anda menyalakan komputer, membuka atau transfer file berukuran besar. Opsi upgrade ini agak mahal namun masih lebih murah dibanding harus membeli komputer baru. 

Install antivirus

Salah satu penyebab utama komputer lebih lamban adalah virus atau malware. Program tersebut berjalan tanpa anda ketahui, sehingga memperlambat program lainnya. Gunakan lah antivirus atau internet security seperti Kaspersky atau Norton. Kami sarankan gunakan lah layanan berbayar dibanding yang gratis, karena pada saat online komputer anda akan selalu di update dengan perlindungan dari virus terbaru.

Uninstall program software yang tidak diperlukan

Sebaiknya uninstall program atau software yang jarang anda gunakan. Walau tidak digunakan, banyak program yang kadang bekerja sendiri tanpa anda sadari, misal untuk cek versi terbaru dari program tersebut. Jangan lupa hapus Shortcut program yang jarang digunakan dari desktop anda.

Gunakan Disc Cleanup pada Windows


Disc cleanup pada OS Windows berguna untuk menghapus berbagai files sementara yang sudah tidak digunakan. Walau bukan virus, banyak file secara otomatis di download dari berbagai website atau program untuk kemudahan browsing anda. Umumnya semakin sedikit program atau file pada komputer anda, semakin baik kinerja komputer anda.

Kami harap cara simple di atas dapat mempercepat kinerja komputer anda. Jika ada pertanyaan lebih detil, silahkan kontak sales kami untuk konsultasi lebih lanjut.