Panduan Membeli Smartphone

Smartphone bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Dengan kemajuan teknologi, spesifikasi smartphone terbaru dapat digunakan untuk berbagai hiburan dan pekerjaan layaknya tablet atau laptop. Kualitas gambar dan video pada smartphone sudah cukup bagi kebanyakan orang untuk melupakan kamera atau dvd.

Lalu smarphone mana yang sesuai dengan kebutuhan anda ? Fitur apakah yang membedakan berbagai tipe dan merk smartphone ? Seberapa penting spesifikasi prosesor, RAM, kamera atau OS yang anda perlukan ?
 

Pilihan Operating System (OS)


 Salah satu yang paling pentingdalam smartphone adalah menentukan OS yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Apple iOS- Ekslusif hanya untuk produk Apple seperti iPad, iPhone, iPod. Versi iOS dibedakan sesuai penomoran iOS 6, iOS 7 dan seterusnya. IPhone dengan iOSnya bisa dibilang adalah yang membuat smartphone layar sentuh menjadi populer. Walau kustomisasi OS terbatas, iOS adalah OS yang paling mudah digunakan bagi berbagai kalangan.  Produk Apple, walau tidak murah, mempunyai kualitas premium dan layanan garansi sangat baik.

Lihat Pilihan Apple iPhone

Google Android –adalah open source sehingga pilihan produk beragam dari berbagai vendor. Smarphone OS Android terpopuler adalah seri Samsung Galaxy, HTC One, Nexus, Sony Xperia dan LG Optimus. Vendor lokal seperti AdvanVandroid atau Smartfren Andromax juga menawarkan berbagaivariasi.

Versi OS Android dibedakan berdasar kode nama seperti Android Kitkat (4.4), Jellybean (4.2), Ice Cream Sandwich (4.0). Dibanding iOS, Android umumnya lebih mudah di kustomisasi dan lebih eknomis.

Lihat Pilihan Android Smartphone


Microsoft Windows –
smartphone dengan OS yang mirip dengan komputer atau laptop anda. Program Windows untuk laptop berbeda dan tidak dapat digunakan di smartphone anda. Cocok bagi anda yang banyak menggunakan produk dan layanan cloud Microsoft. Namun selain Nokia Lumia, belum banyak vendor yang menggunakan OS ini.

Lihat Pilihan Windows Smartphone


Blackberry OS –
eksklusif untuk produk Blackberry. Versi terbaru adalah OS BB 10. Smartphone ini terkenal dengan keamanan dan kehandalannya sebagai alat komunikasi. Blackberry adalah pelopor penggunaan email dengan ciri khas keyboard terbaik pada smartphone
Lihat Pilihan BlackBerry Smartphone 

 
Pilihan Ukuran dan Fitur Layar


 Kesuksesan Samsung Galaxy Note menciptakan sub kategori smartphone dengan layar 5 sampai 6 inci (phablet). Phablet cocok jika anda ingin gambar atau tulisan yang lebih besar dan tidak aktif menggunakan tablet atau laptop. Phablet juga mempunyai kapasitas baterai lebih besar sehingga umumnya lebih tahan dibanding smartphone umumnya.

Selain ukuran, pertimbangkan pula resolusi dan ketajaman layar. Fitur penting bagi pengguna smartphone yang mengutamakan fungsi hiburan seperti game, film dan foto. Bahkan untuk browsing atau membaca, fitur layar penting untuk kenyamanan penglihatan anda.

Terakhir, daya tahan layar sangat penting bagi anda dengan mobilitas tinggi. Layar dengan Corning Gorilla Glass terbukti lebih kuat menghadapi benturan dan getaran atau bahkan goresan kunci.
 

Fitur dan Spesifikasi lainnya 


 Beberapa fitur smartphone yang perlu anda pertimbangkan juga:


Prosessor dan RAM –
layaknya komputer, kinerja smartphone umumnya semakin baik apabila prosessor semakin cepat dan kapasitas RAM semakin besar. Kami sarankan minimal prosesor dual core dengan RAM minimal 1GB untuk penggunaan sehari-hari.  Untuk multitasking atau apps / game terbaru, belilah smartphone dengan prosesor quad core dan RAM minimal 2GB


Kamera –
smartphone dengan kamera 5 Megapixel, Flash dan Auto Focus cukup baik untuk pengguna umum. Perhatikan juga fitur pada aplikasi foto software. Contoh beberapa model Nokia Lumia atau LG G Series dilengkapi optical image stabilization. Jangan terjebak membeli  smartphone dengan Megapixel tinggi atau dengan segudang fitur yang tidak anda perlukan.


Memori dan Ekspansi –
dengan berbagai kegunaan smarphone, file yang kita simpan pun semakin beragam dan besar seperti film, game atau foto. Walau kapasitas 16GB cukup besar, kami sarankan minimum 32GB karena apps dan file semakin canggih dan semakin besar seiring berjalannya waktu. Terutama untuk iPhone, karena kapasitas tidak dapat ditambah microSD seperti smartphone Blackberry atau Android.


Baterai –
semakin tahan lama maka semakin praktis penggunaan smartphone anda. Faktor seperti penggunaan dan signal jaringan juga menentukan daya tahan baterai. Untuk phablet sebaiknya minimum 3000 mAh sedangkan smartphone minimum 2000 mAh.